Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

10 Emulator Android Ringan Untuk PC RAM 1GB dan 512 MB Juga Bisa

3 min read

AndroidGaul.id – Emulator Android ringan untuk pc terbaik selalu menjadi pilihan yang paling utama bagi para pengembang aplikasi (Developers). Jelas mereka memilih yang terbaik karena pasti performanya sangat bagus dan sesuai dengan spek komputer mereka.

Oh iya, bagi anda yang belum tau apa itu Android emulator, adalah sebuah simulator Android yang biasanya berebentuk file EXE jika pada OS Windows dan berbentuk ZIP pada MAC OS.

Merupakan software yang bisa menginstall file APK atau yang biasa kita sebut aplikasi Android contohnya seperti coc, bbm, serta juga game offline dan online semacam getrich. Tidak hanya itu saja sobat, namun ada beberapa emulator Android yang sudah terinstal Play Store.

Melihat perkembangan yang cukup baik pada bidang emulator Android for PC banyak sejumlah pengembang software menciptakan aplikasi terbaik mereka guna memenuhi kebutuhan konsumen akan keinginan menjalankan aplikasi Android di laptop.

Namun untuk menjalankannya anda perlu mengecek kembali spesifikasi komputer anda, sebab dari beberapa review yang sudah saya ketahui minimal spek PC untuk menjalankan emulator Android adalah RAM 4GB dengan VGA yang memumpuni.

Apakah bisa dengan RAM 1GB? Jawabannya adalah tidak bisa, dan jikalaupun saja bisa akan mengalami lag yang sangat berat sehingga kadang akan membuat stuck dalam prosesnya.

10 Emulator Android Terbaik Untuk Laptop dan PC

Ada begitu banyak software android emulator untuk PC yang terbaik, bahkan jika dihitung mungkin ada puluhan baik itu yang sudah diketahui maupun yang belum kita ketahui diluar sana.

Namun disini kita hanya akan memilih yang cukup terbaik dan sudah populer dikalangan khususnya developer aplikasi indonesia sendiri.

Namun untuk menjalankan diantara mereka kalian sudah harus memiliki minimal RAM 2GB atau lebih direkomendasikan yang 4GB agar tidak terasa lemot saat menjalankan aplikasi android via emulator.

1. BlueStacks

Adalah emulator Android yang sudah tidak asing di telinga anda pastinya, ya memang pada saat baru pertama kali kenal dengan dunia Android saya sudah menemukan aplikasi ini di beberapa blog serta banyak yang membahas tutorial menginstallnya.

Memang performanya sangatlah luar biasa dan juga cukup ringan untuk PC yang saya gunakan. Selain itu penggunaannya pun sangatlah mudah untuk pemula sekalipun. Salah satu kelebihannya dia bisa di pasang secara offline installer.

tampilan-BlueStacks-app-player

2. Xamarin Android Player

Saya baru beberapa hari yang lalu mengenal emulator Android yang satu ini dan belum tau banyak apalagi sampai mencobanya, menginstallnya saja belum.

Namun menurut yang sudah saya baca pada webnya Xamarin Android Player ini memiliki integrasi dengan visual studio dan juga bisa di install pada OS Windows dan MAC OS.

Menjalankan Android pada mesin virtual x86 menggunakan akselerasi perangkat keras virtualisasi dan OpenGL, Xamarin Android Player merupakan signifikan yang lebih cepat daripada stok Android Emulator.

Ada dua pilihan utnuk os jendela yakni veris 32 bit dan 64 bit, Namun sayang sekali belum tersedia untuk Linux.

sekilas Xamarin Android Player

3. Andy Android Emulator

Ada satu lagi ni aplikasi Android emulator yang tidak kalah menarik dari yang lain, Andy Android Emulator adalah salah satu emulator Android yang juga sudah terinsall android kitkat.

Namun anda perlu memiliki minimal RAm 3GB untuk menjalankannya di PC anda.

Selain itu dia juga hanya berjalan pada windows 7 dan windows 8. Yang paling menjengkelkan lagi adalah proses downloadnya yang masih menggunakn online installer, namun hal itu tidak masalah bagi anda yang memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat.

Andy-Android-Emulator

4. GenyMotion

Salah satu software emulator Android yang juga cukup baik untuk kita gunakan dan merupakan alternatif Android emulator selain BlueStacks.

Jika boleh membandingkan, saya lebih suka genymotion dari pada BS karena cukup responsif dan juga lancar di pc saya. Itulah alasan mengapa saya masih menggunakannya hingga sekarang.

GenyMotion

5. Droid4X

Tidak ingin kalah dari yang lain Droid4X juga menawarkan performa yang powerfull. Selain sudah terinstall Google Play Store dia juga memiliki satu fitur unggulan yakni drag & drop untuk install aplikasi Android (APK).

Bisa menggunakan keyboard pada emulator juga masih banyak fitur lainnya yang menarik.

Droid4X

6. Android x86

Nah kalau yang ini mungkin sudah tidak bisa kita sebut emulator lagi karena dia sudah dalam bentuk OS yang mana kita bisa menginstalnya di PC kita atau juga bisa dibuat dan dijalankan secara portable via flashdisk karena bentuk filenya yang dalam bentuk ISO.

Karena Android sendiri merupakan turunan kernel dari linux maka untuk Android x86 ini sangatlah smooth saat kita install di PC.

Android-x86

7. YouWave for Android

Saya pribadi pernah mencoba aplikasi ini dan menurut saya performanya cukup bagus. Namun sayang sekali aplikasi ini tidak tersedia secara gratis.

Anda perlu merogoh kantong anda untuk bisa mendapatkan semua fiturnya. Namun tenang saja, anda masih bisa mencobanya namun hanya dalam jangka waktu trial (percobaan) sebelum membelinya.

YouWave for Android

8. Android Emulator from Android SDK

Developers mana sih yang tidak kenal dengan Android emulator yang satu ini, ya Android Emulator from Android SDK adalah prgoram untuk membuat aplikasi dengan cara menulis kode yang biasa kita sebut bahasa pemrograman contohnya seprti java.

Dalam software ini juga terdapat emulator Android untuk men-testing aplikasi yang kita buat sehingga kita akan tau dimana letak errornya dan apa saja yang perlu diperbaiki.

Android Emulator from Android SDK

9. Windroye

Adalah aplikasi simulator android yang berasal dari cina, untuk apps yang satu ini saya tidak tau banyak namun yang pastinya ada tak sedikit orang yang menggunakannya dalam hal menjalankan aplikasi Android baik itu permainan.

Windroye

10. NOX Player

NOX Player disebut-sebut sebagai emulator android terbaik untuk memainkan game-game kekinian seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Ragnarok, dan kompatibel dengan game-game terbaru saat ini.

NOX Player

Anda bisa mengatur setting sistem untuk menyesuaikan dengan spek PC atau laptop yang anda gunakan. Bahkan untuk laptop dengan RAM 1GB juga sudah bisa menjalankan program ini.

Manakah diantara software-software diatas yang paling ringan? semuanya ringan asal spek PC anda memumpuni. Karena rata-rata memang untuk pc yang dimiliki oleh developer haruslah memiliki spek yang lumayan tinggi agar bisa menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa ada kendala (multitasking).

Rekomendasi Emulator Android Terbaik?

Dari sekian banyak emulator Android untuk PC, tetap saja semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika saya boleh merekomendasikan, saya sendiri menggunakan Nox Player.

Selain ringan, Nox Player juga memiliki fitur yang menurut saya lengkap untuk menunjang aktivitas keseharian seperti bermain game sambil recording, membuka lebih dari satu aplikasi dalam saat bersamaan dan masih banyak lagi.

Nah semoga artikel mengenai emulator Android untuk pc terbaik ini bisa bermanfaat khususnya bagi pengguna laptop dengan ram kecil dan terbatas.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *