Pernahkah ketika ingin menggunakan aplikasi Grab namun tiba-tiba akun tidak bisa dibuka? Itu tandanya akun telah dibekukan atau di-suspend.
Akan tetapi jangan panik terlebih dahulu. Ada cara membuka akun grab yg dibekukan dan bisa dipraktekkan dengan mudah. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.
Alasan Akun Grab Dibekukan
Baik akun pengemudi maupun penumpang, semua dapat dibekukan oleh pihak Grab. Pembekuan atau pemblokiran ini tentunya menimbulkan kerugian. Penumpang dapat kehilangan saldo GrabPay dan pengemudi tidak dapat melaksanakan pekerjaannya.
Faktor penyebab akun dibekukan bagi pengemudi yaitu:
- Sering menolak order yang masuk. Pengemudi hendaknya menerima pesanan jika memungkinkan. Jika tidak, jangan menolak pesanan terlalu sering.
- Sering mengubah nama akun. Pihak Grab menghindari pengemudi dengan niat tidak baik sehingga memutuskan kebijakan tersebut.
- Terdapat penumpang yang memberi bintang satu dan melaporkan akun. Maka dari itu, pengemudi harus memberi pelayanan yang sesuai untuk penumpang. Begitu juga untuk penumpang agar lebih bijaksana dalam memberi penilaian.
Sedangkan, beberapa penyebab akun penumpang diblokir yaitu:
- Menghidupkan VPN ketika menggunakan Grab. Jangan lupa mematikannya jika mengakses Grab, sebab sistem akan mendeteksi akun dibuka dari perangkat lain.
- Memiliki saldo OVO atau GrabPay terlalu banyak. Hal ini dikarenakan karena keduanya bukan rekening yang biasa digunakan untuk menyimpan sejumlah besar uang.
Cara Mengaktifkan Akun Grab
Jikalau telah mengetahui alasannya, saatnya mempraktikkan cara membuka akun grab yg dibekukan. Berikut ini penjelasannya:
1. Mengajukan Formulir Banding Pengemudi
Cara pertama adalah mengajukan formulir yang disediakan oleh pihak Grab untuk pengemudi. Formulir dapat diisi untuk pengajuan banding jika pengemudi merasa tidak melakukan kesalahan apapun. Meski begitu harus ada bukti berupa foto, video, atau rekaman suara.
Pengisian formulir banding bisa dilakukan secara online, dengan syarat hanya dapat dilakukan sekali per pelanggaran. Langkah-langkah yang bisa dilakukan yakni:
- Buka browser dan cari website resmi Grab yang berisi formulir banding online.
- Klik website dan baca ketentuannya terlebih dahulu.
- Isi nama, nomor HP, alamat email, nomor KTP/NIK, serta plat kendaraan.
- Ketikkan alasan pengajuan banding 35-1500 karakter.
- Lampirkan bukti pendukung maksimal tiga file.
- Klik tombol “Kirim”.
2. Dengan Formulir Banding Penumpang
Grab juga menyediakan formulir banding untuk penumpang yang akunnya terkena suspend. Pengajuannya dapat dilakukan secara online.
Tetapi berbeda dari formulir banding pengemudi, penumpang memiliki dua macam formulir. Langkah mengisi formulir pertama adalah:
- Cari formulir banding penumpang di website Grab.
- Buka laman yang berjudul Formulir Permohonan Penumpang Grab.
- Isi nama, negara, nomor HP, dan alasan akun dibekukan.
- Klik “Submit”.
Untuk formulir kedua diajukan apabila formulir pertama belum mendapat respon setelah lima hari kerja. Pengisian formulir ini bisa dilakukan dengan:
- Cari formulir di website Grab Help Center.
- Buka laman “Akun saya terblokir (Suspended)”.
- Klik “Tips mengisi formulir” atau link artikel informasi yang disediakan bila perlu.
- Isi data yang diperlukan dan unggah screenshot bukti akun terblokir.
- Klik “Kirim”.
3. Menghubungi Customer Service
Jika pengemudi terbukti melakukan kesalahan, cara ini bisa dilakukan. Menghubungi CS atau Customer Service Grab merupakan cara lain yang lebih mudah.
Untuk masalah akun penumpang juga bisa menghubungi CS. Langkah-langkah menghubunginya yaitu:
- Buka aplikasi Telepon di HP.
- Ketik nomor 021 – 8064 8777 dan lakukan panggilan.
- Jelaskan kepada CS alasan akun dibekukan dan ikuti saran yang disampaikan CS nantinya.
Begitulah cara membuka akun grab yg dibekukan beserta alasannya. Akun Grab memang sangat penting untuk melakukan berbagai hal secara online. Maka dari itu, hindari pelanggaran-pelanggaran yang dapat membuat akun terblokir.