6 Cara Agar Hp Xiaomi Tidak Bisa Dilacak atau Disadap, Lakukan Ini!

AndroidGaul.id – Yakin hp Xiaomi kalian sudah aman dari pengintai atau penyadap? Bisa saja sekarang sedang di intai seseorang, atau kamu jadi orang yang sedang diawasi gerak-geriknya karena alasan tertentu.

Bagi sebagian orang, privasi merupakan hal yang harus dijaga dengan baik. Itulah mengapa orang sering ingin lokasi mereka tidak dibagikan kepada siapa saja.

Terutama pada ponsel xiaomi, memang kita harus lebih berjaga-jaga terhadap ponsel buatan asal cina tersebut. Karena seperti yang kita tau bahwa Xiaomi merupakan hp sejuta umat yang banyak digunakan saat ini.

Sistem yang digunakanpun adalah Android, dimana sudah sama-sama kita tau bahwa sistem operasi tersebut bersifat “open source” dan siapa saja dapat memodifikasinya.

Tentu hal ini memiliki dua sisi, pertama kita bisa dengan mudah mengembangkan baik aplikasi dan fitur yang ada didalamnya.

Namun jika itu dikuasai oleh orang jahat, bisa jadi smartphone Android menjadi senjata mematikan bagi kita sendiri dengan disisipi dengan kode jahat didalamnya.

Apalagi sekarang memang sudah banyak sekali website untuk melacak nomor hp yang bertebaran di internet, selain bisa mengetahui posisi juga mampu memberikan informasi detail tentang nomor kita.

Untuk itu, berikut ini adalah 5 cara agar hp xiaomi tidak bisa dilacak oleh siapapun :

Cara Membuat Agar Hp Xiaomi Tidak Bisa Dilacak

1. Menonaktifkan Akses Lokasi

Salah satu cara agar hp xiaomi tidak bisa dilacak adalah dengan cara menonaktifkan akses lokasi.

Menonaktifkan Akses Lokasi

Akses lokasi merupakan fitur bawaan yang ada pada setiap hp android termasuk juga xiaomi yang berfungsi untuk membagikan lokasi melalui aplikasi tertentu.

Salah satunya adalah melalui aplikasi Google Maps dan Google Chrome.

  • Untuk menonaktifkannya, buka pada menu pengaturan.
  • Setelah masuk ke menu Setelan, kemudian cari Mesin telusur pada pencarian pengaturan.
  • Pilih Google.
  • Setelah itu nonaktifkan pada bagian Akses Lokasi. Jika muncul notifikasi lagi, pilih Ya.

Dengan menonaktifkan pilihan tersebut, maka ponsel xiaomi tidak akan memberikan akses lokasi pada aplikasi seperti Google Chrome sehingga tidak bisa dilacak oleh siapapun.

2. Menghidupkan Mode Pesawat

Menghidupkan mode pesawat bisa menjadi salah satu cara agar hp xiaomi tidak bisa dilacak oleh siapapun. Dengan menonaktifkan mode pesawat, data seluler beserta wi-fi akan nonaktif untuk sementara.

Menghidupkan Mode Pesawat

Data seluler juga dapat mendeteksi lokasi di mana ponsel tersebut berada. Untuk menonaktifkannya, gulir pada statusbar kemudian tekan pada mode pesawat.

Selain menggulir pada statusbar, para pengguna xiaomi juga bisa menonaktifkannya melalui pengaturan kemudian cari mode pesawat. Setelah itu, pilih pada hasil pencarian kemudian hidupkan mode pesawat.

Kemungkinan lokasi ponsel terlacak dengan menghidupkan mode pesawat nampaknya tidak seratus persen berpengaruh karena GPS ponsel beberapa ada yang masih aktif.

3. Menonaktifkan GPS

Untuk cara yang ketiga agar ponsel xiaomi tidak bisa dilacak adalah dengan menonaktifkan Lokasi atau GPS.

Menonaktifkan GPS

GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu layanan yang ada pada hp android karena teknologi tersebut menjadi sebuah sistem navigasi yang berbasis satelit.

Untuk menonaktifkan GPS sama seperti menghidupkan mode pesawat.

  • Cara yang pertama adalah dengan gulir ke bawah dari status bar kemudian tahan pada bagian Lokasi atau GPS.
  • Setelah itu, nonaktifkan lokasi setelah menu lokasi terbuka.
  • Untuk cara yang kedua adalah dengan mencari pada pengaturan dengan cara tulis GPS atau Lokasi pada pencarian.
  • Kemudian nonaktifkan setelah pengguna menekan pada hasil pencarian.

4. Jangan Instal Aplikasi Sembarangan

Trik selanjutnya agar hp Xiaomi kamu terhindar dari yang namanya penguntip, jangan sekali-kali menginstal aplikasi sembarangan apalagi dari luar play store yang berbentuk apk.

Karena bisa saja aplikasi tersebut telah disisipi virus ataupun kode agar bisa mengakses penuh kedalam ponsel Xiaomi kamu. Biasanya aplikasi semacam ini akan meminta ijin aplikasi yang sangat banyak, jadi jangan biarkan itu terjadi.

5. Mencopot Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Tidak semua aplikasi yang dipasang di Android memiliki keamanan yang baik. Tentunya ada beberapa aplikasi Android yang terlihat mencurigakan.

Tindakan mencurigakan dari aplikasi tersebut tentunya bisa dilihat dari penggunaan data dari aplikasi tersebut yang memakan banyak data.

Untuk mencopot aplikasi yang tidak penting maupun yang tidak digunakan adalah dengan masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi terinstall.

Berikutnya masuk ke aplikasi yang sekiranya tidak pernah atau jarang digunakan.

Setelah itu pilih Uninstall atau Copot Pemasangan dan aplikasi yang mencurigakan tersebut berhasil dicopot dari ponsel xiaomi yang saat ini digunakan.

6. Menonaktifkan Ponsel

Cara yang paling terbaik dari beberapa cara di atas adalah dengan menonaktifkan ponsel. Ponsel yang tidak aktif tentunya tidak akan mungkin dilacak oleh siapapun.

Menonaktifkan Ponsel

Kebanyakan ponsel Xiaomi keluaran terbaru menggunakan baterai tanam yang mana baterai tersebut tidak dapat dilepas atau diganti. Maka dari itu, ponsel xiaomi sebaiknya dinonaktifkan dengan cara tekan Power lalu Matikan.

Beberapa pengguna Xiaomi tidak suka jika privasinya diperlihatkan di publik, terutama untuk lokasinya. Dari situ, pengguna xiaomi membutuhkan cara agar hp xiaomi tidak bisa dilacak.

Baca juga :

Beberapa cara di atas ada yang bekerja seratus persen dan ada juga yang tidak. Mengingat, teknologi semakin maju dan juga kehebatan ponsel di zaman sekarang yang membuat ponsel tetap bisa dilacak.

Tinggalkan komentar