Begini Cara Mengatasi Layanan Aktivasi SIM Xiaomi

0
39
Layanan Aktivasi SIM Xiaomi

Layanan aktivasi SIM Xiaomi seringkali memunculkan notifikasi yang mengganggu bagi para penggunanya. Biasanya akan muncul notifikasi berupa “Can’t Activate Your SIM Card”. Pesan pop-up ini sendiri tidak jarang muncul sehingga terkadang bisa menutup notifikasi penting lain.

Notifikasi tersebut merupakan sebuah penanda jika sistem Xiaomi tidak bisa mengaktivasi SIM card yang terpasang pada smartphone Anda. Aktivasi SIM card ini sendiri sebenarnya sangat penting dilakukan, apalagi pada saat Anda kehilangan HP.

Mengapa Notifikasi Aktivasi SIM Sering Muncul?

Notifikasi aktivasi SIM yang sering muncul diakibatkan oleh beberapa faktor. Sesuai dengan tulisan pada notifikasi tersebut, Anda belum berhasil meregistrasikan nomor yang Anda gunakan ke MIUI Xiaomi. Fungsi dari melakukan pendaftaran atau registrasi kartu SIM antara lain:

  • Bisa bergabung dengan komunitas untuk berdiskusi mengenai HP Xiaomi.
  • Mendapatkan fitur Mi Cloud sebagai penyimpanan file online sebesar 5GB.
  • Kirim pesan gratis antar sesama pengguna Xiaomi melalui fitur MI Messages.
  • Menggunakan Find My Device ketika ponsel hilang.

Fitur-fitur penting ini hanya bisa Anda nikmati apabila telah melakukan registrasi nomor ponsel Anda melalui situs resmi Xiaomi.

Baca juga: Tema MIUI 12 Tembus Aplikasi

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Notifikasi Layanan Aktivasi SIM Xiaomi

Dilansir dari situs resmi Mi.com, ada 3 macam cara yang bisa Anda lakukan agar notifikasi tersebut tidak muncul lagi di tampilan ponsel Xiaomi Anda. Berikut adalah cara-caranya.

1. Isi Ulang Pulsa Ponsel Xiaomi Anda

Cara pertama adalah dengan mengisi pulsa pada ponsel yang Anda gunakan. Fungsi mengisi pulsa di sini adalah agar sistem Xiaomi secara otomatis akan mengirimkan SMS verifikasi. Tarif yang dikenakan sendiri sesuai dengan kebijakan SMS ke luar negeri operator yang Anda gunakan.

Sederhananya, Xiaomi akan melakukan verifikasi secara otomatis dan Anda tidak perlu melakukan secara manual. Hal ini sering terjadi pada pengguna prabayar sehingga ketika pulsa Anda kosong, Xiaomi tidak bisa mengaktivasi SIM card secara otomatis.

Besaran pulsa yang diperlukan sendiri juga terhitung tidak banyak, biayanya berkisar antara Rp500 hingga Rp1.000. Sehingga apabila Anda berniat menggunakan cara yang pertama, bisa membeli pulsa secukupnya saja.

2. Mematikan MI Messaging

Kedua adalah dengan menonaktifkan fitur MI Messaging. Langkah ini akan sekaligus mematikan pemberitahuan aktivasi SIM yang sering muncul pada ponsel Anda. Resikonya Anda tidak akan mendapatkan notifikasi apabila SIM card belum teraktivasi.

Langkah-langkah mematikan fitur Mi Messaging adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada Pengaturan atau Settings.
  2. Pilih menu System Apps (Aplikasi Sistem).
  3. Tap pada menu Perpesanan (Messaging).
  4. Ketuk menu Mi Messaging, geser slider pada toggle ke sebelah kiri untuk menonaktifkan fitur.

3. Mendaftarkan Nomor Ponsel Melalui Situs Resmi Mi.com

Langkah ketiga ini adalah cara yang paling direkomendasikan. Selain karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, Anda juga bisa menikmati banyak fitur apabila mengaktifkan SIM card. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan kunjungi situs Mi.Com.
  2. Klik menu Daftar yang berada pada pojok kanan atas.
  3. Pilih opsi Daftar dengan Nomor Telepon.
  4. Masukkan nomor telepon yang digunakan pada ponsel Xiaomi Anda.
  5. Xiaomi akan mengirimkan sebuah kode melalui SMS.
  6. Masukkan kode dan klik Berikutnya.

Dengan begitu, Anda tidak akan dikenakan biaya SMS internasional karena pihak Xiaomi yang akan mengirimkan SMS tersebut berupa kode verifikasi kepada Anda.

Baca juga: Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi TAM atau Palsu via IMEI

Solusi utama untuk notifikasi layanan aktivasi SIM Xiaomi yang sering muncul adalah dengan mengisi pulsa serta meregistrasi nomor ponsel Anda melalui situs Mi.com.