Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan Oleh Pengguna Lain

0
8
Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan

Bagaimana cara agar hotspot tidak bisa digunakan oleh orang lain dan koneksinya kita batasi untuk perangkat kita saja? Tentunya hal itu bisa dilakukan dengan mudah bahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga sekalipun.

Hotspot merupakan layanan internet yang dapat diakses di tempat tertentu. Bagi yang ingin membatasi penggunaannya, maka bisa menggunakan cara agar hotspot tidak bisa digunakan. Dengan menggunakan cara di bawah ini, hotspot hanya digunakan untuk orang tertentu saja.

Pembatasan hotspot ini juga memberikan dampak baik bagi Anda yang menyediakannya ketika menggunakan paket data. Di sisi lain juga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama soal keamanan atau privasi.

Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan di Android

1. Membatasi Perangkat

Sebagian besar perangkat Android memungkinkan untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung ketika hotspot diaktifkan. Dengan demikian, jika jumlahnya sudah memenuhi batas maksimal, maka orang lain tidak dapat mengakses hotspot tersebut. Berikut caranya:

  1. Aktifkan terlebih dahulu jaringan masing-masing dan pastikan memiliki paket data yang cukup untuk berbagi.
  2. Masuk ke menu Setelan, kemudian masuk ke menu Koneksi.
  3. Pada halaman Koneksi, pilih Hotspot Portable.
  4. Di halaman Hotspot Portable, silahkan atur terlebih dahulu konfigurasinya di menu Konfigurasi atau Setelan Hotspot.
  5. Di sini Anda bisa mengatur SSID (nama jaringan) dan password yang harus dimasukkan ketika akan mengakses hotspot tersebut.
  6. Jika sudah melakukan konfigurasi, tekan tombol Simpan untuk menyimpan pengaturannya.
  7. Kembali ke halaman Hotspot Portable, lalu aktifkan Hotspot Wi-Fi Portable.
  8. Lanjutkan ke Perangkat Terhubung, kemudian pilih Batasi Perangkat Terhubung.
  9. Jika Anda diminta untuk memilih, silahkan pilih angka untuk batasan tersebut. Contohnya di sini adalah 2.
  10. Simpan pengaturan tersebut dan kini hotspot Anda hanya bisa diakses oleh dua device yang berbeda saja.

2. Blokir Device Tertentu

Cara lain yang bisa Anda terapkan selanjutnya adalah dengan melakukan pemblokiran pada perangkat yang sudah terhubung sebelumnya. Tujuannya adalah agar pengguna tersebut tidak bisa mengakses lagi, pengecualian jika Anda membuka blokir tersebut. Caranya adalah:

  1. Lakukan langkah yang sama seperti poin pertama hingga Anda berada di pengaturan Perangkat Terhubung.
  2. Umumnya di bawah Perangkat Terhubung akan ditampilkan device mana saja yang terkoneksi dengan jaringan internet Anda.
  3. Di sini Anda bisa memilih salah satu perangkat, kemudian pilih opsi Hapus/Block.
  4. Jika muncul pop up konfirmasi, tekan tombol Ok atau Ya.

3. Gunakan Password yang Kuat

Agar hotspot tidak dengan mudah bisa diakses, sebaiknya Anda mengatur password keamanan yang kuat. Pembuatan password kali ini disarankan cukup panjang, sekitar 8-10 huruf. Susunan huruf juga harus beragam, yaitu dengan mengkombinasikan angka, huruf, simbol dan sebagainya.

Tujuan pembuatan password acak ini adalah agar orang-orang tidak mudah membobol password yang biasa, yaitu hanya susunan kata atau angka. Jangan lupa juga untuk mengubah keamanan hotspot menjadi WPA2.

4. Sembunyikan Hotspot

Pada beberapa ponsel Android terdapat opsi tambahan untuk menyembunyikan hotspot agar tidak ditemukan atau digunakan oleh orang sembarangan. Dengan mengaktifkan ini, Anda hanya mengizinkan orang tertentu saja. Berikut pengaturannya:

  1. Masuk ke Pengaturan Hotspot Wi-Fi Portable, kemudian aktifkan hotspot terlebih dahulu.
  2. Setelah diaktifkan, masuk ke pengaturan lebih lanjut dan cari opsi Dapat Ditemukan.
  3. Jika sebelumnya diaktifkan, maka Anda bisa menonaktifkannya dengan menggeser opsinya ke kiri atau mematikannya.

5. Mengaktifkan Mode Allowed Device

Gunakan cara ini untuk melakukan filter perangkat mana saja yang diizinkan menggunakan hotspot Anda. Caranya cukup mudah, yaitu masuk ke menu Pengaturan dan cari menu Mode Allowed Device atau Sambung ke Perangkat yang Diizinkan, lalu isikan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Berfungsi

Dengan menerapkan cara agar hotspot tidak bisa digunakan di atas, sekarang Anda bisa membatasi penggunaannya. Di sisi lain juga bisa menghemat penggunaan paket data untuk keperluan yang penting dan mendadak.