Cara Melanjutkan Download di IDM yang Gagal Agar Berhasil

AndroidGaul.id – Setiap browser memang memiliki download managernya masing-masing, tapi banyak yang lebih nyaman memakai IDM atau Internet Download Manager karena ia mempunyai beberapa kelebihan dibanding download manager yang lain.

Seperti, proses unduh 5 kali lebih cepat dibanding download manager lain, Anda bisa menyetel waktu unduhan, mengurangi risiko komputer terkena virus dari berkas yang diunduh, dukung ke semua browser dan yang paling penting adalah Anda bisa menjeda unduhan Anda lalu melanjutkannya di lain waktu. Baik itu Anda jeda karena koneksi buruk atau karena hal lainnya.

Kelebihan itu menghindarkan pengguna dari yang namanya unduhan gagal. Dengan memanfaatkan fitur resume download, Anda bisa melanjutkan unduhan di lain waktu dengan presentase unduhan yang sama.

Tapi fitur ini kadang memiliki masalah. Seperti link unduhan sudah kadaluarsa sehingga menyuruh Anda mengulangi unduhan tersebut dari 0%.

Padahal jika Anda tahu caranya, melanjutkan unduhan walaupun link sudah expired pun tetap bisa. Jadi bisa lebih hemat kuota dan waktu.

Cara melanjutkan download di IDM bisa Anda lakukan dengan mengubah URL unduhan tersebut. Caranya sangat simple, dan berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

  1. Buka Internet Download Manager, cari unduhan yang tidak bisa dilanjut lalu klik 2 kali pada unduhan Anda yang tidak bisa dilanjut tersebut
  2. Setelah itu muncul kotak dialog yang menampilkan informasi mengenai unduhan Anda itu. Pada opsi ‘Perujuk’ salin link yang tertera di sana. Kemudian buka browser Anda
  3. Masukkan salinan link itu pada kotak URL browser yang Anda pakai. Dan proses pengunduhan pun segera berjalan
  4. Tapi karena di sini kita akan melanjutkan unduhan yang URL nya sudah kadaluarsa, maka stop unduhan baru itu. Salin link di unduhan baru Anda tersebut
  5. Langkah berikutnya, Anda kembali pada aplikasi Internet Download Manager, klik 2 kali pada unduhan Anda yang tidak bisa dilanjutkan
  6. Tampilannya nanti sama seperti tadi, berbagai detail informasi ada di sana. Klik saja kotak link yang ada di opsi ‘Alamat’. Tempel salinan link yang Anda ambil dari link unduhan baru tadi
  7. Klik OK dan unduhan yang tak bisa dilanjutkan itu pun bisa kembali dilanjutkan
  8. Unduhan akan dimulai pada presentase sama dimana unduhan itu terjeda. Anda pun bisa lebih berhemat, dan tak perlu menunggu lebih lama layaknya menunggu proses unduhan baru.
    Di sini Anda bisa menundanya lagi jika mau.

Catatan:

Ada beberapa catatan mengenai tutorial ini.

  • Pertama, pastikan URL yang ada di ‘Perujuk’ sama dengan URL unduhan Anda pertama kali download.
  • Kedua, jika setelah memasukkan salinan link unduhan baru di kotak ‘Alamat’ pada unduhan yang terjeda tidak bisa, atau unduhan tidak bisa dilanjutkan, itu berarti Anda benar-benar tidak bisa melanjutkan unduhan.
    Sebaiknya mulailah unduhan Anda dari awal lagi.

Baca juga:

Memang rugi sekali jika melanjutkan unduhan yang seperempat lagi berhasil. Apalagi kalau ukuran file tersebut sangat besar.

Kuota bisa terbuang sia-sia begitu juga dengan waktu. Meskipun Internet Download Manager mempunyai kecepatan unduhan yang luar biasa cepat, tapi itu juga tetap menjadi lambat tergantung dengan jaringan atau koneksi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa melanjutkan lagi unduhan yang terjeda pada link yang expired. Semoga bermanfaat dan berhasil di komputer kalian.

Tinggalkan komentar