5 Cara Mengatasi Imei Null Android Chipset Mediatek & Snapdragon

AndroidGaul.id – Imei null seringkali terjadi ketika melakukan rooting pada ponsel dan mengganti mode jaringan dari EVDO ke GSM terutama pada ponsel Smartfren. Nomor IMEI yang hilang ini dapat menyebabkan sinyal tidak muncul dan membuat ponsel tidak bisa bekerja dengan baik.

Imei yang tidak valid akan berakibat pada hp android kamu tidak bisa digunakan, mengingat kode imei merupakan identitas dari perangkat yang memiliki single sim maupun dual sim.

Imei yang hilang banyak dialami oleh semua pengguna smartphone baik itu imei Oppo hilang, Vivo, Xiaomi, Samsung dan merek lainnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, hilang setelah flash, karena root dan juga beberapa hal lainnya.

Namun bukan berarti imei yang hilang tidak bisa kita kembalikan lagi seperti semula, tentu semua ada cara dan solusinya. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut.

Akan tetapi karena tipe ponsel yang beredar di indonesia memiliki chipset yang berbeda-beda, dan umumnya yang digunakan adalah mediatek dan snapdragon.

Tentu untuk mengatasinya juga berbeda-beda, dalam tutorial kali ini kami akan menyampaikan beberapa trik mengatasi imei hilang baik pada ponsel dengan chipset MTK dan SD.

Pastikan sebelum kalian melakukan cara ini kalian sudah tau chipset apa yang digunakan oleh hp yang dimiliki, kalian bisa mengeceknya di Google ataupun membaca pada box pembelian.

Baik pada smartphone dengan chipset Mediatek Helio ataupun Snapdragon juga bisa terjadi imei hilang. Untuk itu, berikut adalah 5 cara mengatasi imei null pada semua jenis ponsel Android.

Cara Mengembalikan Imei yang Hilang

1. Mengatasi Imei Null Pada Hp Berchipset Mediatek

cara mengembalikan imei yang hilang

Dari sebagian banyak ponsel, ponsel dengan processor Mediatek sepertinya sering mengalami IMEI null. Mengatasi imei null untuk hp dengan processor mediatek ini susah-susah gampang.

Kita bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama MTK Droid Tools, Salah satu aplikasi yang memang dibuat oleh orang luar negeri untuk mengatasi imei hilang pada perangkat dengan chipset Mediatek.

  • Pertama, unduh aplikasi bernama MTK Droid Tools yang ada di internet.
  • Setelah mengunduh, tentunya buka aplikasi tersebut lalu sambungkan ponsel dengan kabel USB.
  • Langkah berikutnya adalah klik Root untuk mendapatkan akses root ke ponsel. Jika sudah muncul notifikasi, klik Yes.
  • Selanjutnya masuk ke IMEI/NVRAM. Isikan IMEI sesuai dengan kolom yang sudah disediakan.
  • Jika ponsel hanya memiliki satu SIM, maka isikan pada kolom IMEI 1 saja. Setelah itu klik Replace IMEI dan klik Yes.
  • Jika muncul jendela, klik saja OK.

Perlu kalian ketahui, pastikan saat melakukan langkah-langkah diatas tidak salah dan juga harus dilakukan dengan teliti agar trik berhasil dan imei kalian berhasil kembali.

2. Menggunakan Aplikasi MTK Engineering

cara mengembalikan imei yang tidak valid

Menggunakan aplikasi MTK Droid Tools tentunya membutuhkan laptop atau komputer untuk terhubung dengan aplikasi tersebut.

Bagi yang tidak punya laptop maupun komputer juga tetap bisa mengatasi imei null dengan cara menggunakan aplikasi MTK Engineering.

Aplikasi MTK Engineering tersebut sudah tersedia pada setiap perangkat Android, sehingga Anda tidak perlu mengunduh lagi.

  1. Untuk mengakses menu tersebut, tekan *#*#3646633#*#* pada menu Telepon.
  2. Jika sudah masuk ke menu tersebut, pilih Connectivity
  3. Kemudian pilih CDS Information dan selanjutnya pilih Radio Information.
  4. Pilih SIM 1 kemudian akan muncul menu AT+. Masukkan IMEI dengan perintah AT+EMGR=1,7,”nomor imei”. Setelah itu pilih Send AT Command.

3. Menggunakan Aplikasi Chamelephon

Jika kedua cara di atas tidak bekerja untuk ponsel dengan prosesor Mediatek, para pengguna ponsel bisa menggunakan aplikasi Chamelephon tanpa resiko yang akan membuat hp kamu mati misalnya.

Chamelephon bisa digunakan untuk mengganti imei yang null dengan mudah. Aplikasi ini tersedia di Play Store, maka dari itu cara mengatasi imei null dengan Chamelephon adalah dengan mengunduh aplikasinya.

imei hilang setelah flash

Setelah itu, buka aplikasi Chamelephon dan masukkan IMEI yang sudah dicatat. Nomor IMEI biasanya tersedia di bagian baterai ponsel atau di kardus ponsel.

Pastikan untuk memasukkan IMEI dengan benar, karena jika tidak maka sinyal tidak muncul. Setelah selesai mengisikan, klik pada Apply New IMEIs dan IMEI berhasil diganti melalui aplikasi Chamelephon.

Sangat mudah dilakukan, bahkan aktivitas ini dapat dilakukan dengan hp tanpa root. Tidak merepotkan bukan?

4. Menggunakan Aplikasi Phone ID Changer

Bagi pengguna ponsel dengan processor Snapdragon, ada cara khusus yang bisa dicoba dengan tujuan mengganti IMEI. Cara menggantinya adalah dengan menggunakan Phone ID Changer.

Aplikasi ini harus dijalankan menggunakan modul Xposed, sebuah modul untuk hp android dimana beberapa aplikasi root khususnya memang membutuhkan tools tersebut.

imei tidak valid oppo

Untuk mengunduh aplikasi tersebut, pastikan ponsel sudah terinstall aplikasi lain bernama Xposed Installer. Jika belum punya, cari aplikasi tersebut di situs resminya dengan cara masuk ke Google.

Jika sudah mengunduh semua aplikasinya, install Xposed Installer terlebih dahulu kemudian lanjut install Phone ID Changer. Setelah menginstall semuanya, restart ponsel kemudian masuk ke Xposed Installer lalu masuk ke menu Modules dan centang pada Phone ID Changer.

Restart lagi kemudian masuk ke Phone ID Changer. Isikan IMEI sesuai dengan aslinya lalu Apply dan restart ponsel.

Atau kalian ingin aplikasi yang bisa tanpa root? Langsung gunakan saja Device ID Changer.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur cukup lengkap dalam hal mengembalikan imei ponsel yang hilang.

5. Menggunakan Aplikasi Terminal Emulator

Apakah kamu sudah tau bahwa ada aplikasi command khusus untuk android layaknya CMD di OS Windows? Ya, namanya adalah terminal emulator, dan dia dapat kamu unduh secara gratis di play store.

Didalam terminal emulator ini kita dapat melakukan apa saja seperti memindah file, memutar musik tanpa aplikasi pemutar, dan juga hal lainnya.

Apalagi kalau kalian sudah melakukan root pada perangkat, maka akses yang menuju sistem didalam android bahkan kalian bisa menembusnya dan bebas untuk melakukan perintah apa saja.

Apalagi kalau hanya untuk mengembalikan imei yang hilang atau null, semua sangat mudah. Kalian tinggal terapkan beberapa langkah dibawah ini untuk melakukannya.

Untuk mengganti atau mengembalikan IMEI dengan aplikasi terminal emulator, caranya adalah unduh aplikasi tersebut terlebih dahulu dan silakan kamu jalankan.

  • Ketik “su” tanpa tanda petik pada kolom jika sudah masuk ke aplikasi.
  • Setelah mengetikkan su, kemudian ketik echo ‘AT+EMGR=1,7,”nomor imei” /dev/pttycmd1.
  • Pastikan kalian memasukkan kode imei dengan benar, selanjutnya silakan ketik reboot untuk memulai ulang ponsel.

Catatan: Cara ini hanya berhasil apabila hp kalian sudah di root, kalau belum, silakan gunakan metode lain diatas atau kamu dapat melakuakan root terlebih dahulu menggunakan beberapa aplikasi root android gratis.

Imei yang null pada ponsel dapat membuat sinyal tidak bisa muncul. Selain itu, ketika menjalankan aplikasi tertentu akan mengalami error karena tidak ada IMEI. Untuk itu, para pengguna ponsel bisa menggunakan cara mengatasi imei null di atas.

2 pemikiran pada “5 Cara Mengatasi Imei Null Android Chipset Mediatek & Snapdragon”

Tinggalkan komentar