Kode MMI Tidak Valid
Telekomunikasi

5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid (All Operator) di Android

AndroidGaul.id – Saat ini smartphone sudah menjadi sahabat setia para penggunanya, dikatakan smartphone karena mampu melakukan apa saja seperti chatting, main game, telpon, sms dan mencari hiburan video lewat youtube sekarang hanya tinggal swipe saja di layar hp. Namun meski begitu, bukan berarti smartphone terhindar dari yang namanya masalah.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Seperti masalah kode mmi tidak valid (mmi code) yang sering terjadi saat kita mau cek pulsa untuk kartu Axis, Telkomsel, Tri, Indosat, XL dan bahkan di Smartfren juga sering terjadi.

Apa itu Kode MMI?

Kode MMI adalah kode tertentu yang kita masukkan pada dial pad (USSD). Kode ini biasanya mengikuti dari layanan yang sudah disediakan oleh provider seperti umumnya jika ingin mengecek pulsa adalah *123#, maka itulah yang disebut kode MMI.

Bukan hanya cek pulsa saja, bahkan kode untuk cek kuota, cek rbt, dan cek layanan lainnya juga kadang muncul kode mmi tidak valid yang membuat kiat jengkel karena tidak bisa melihat informasi yang kita inginkan.

Saya sendiri kadang mengalaminya untuk cek nomor sendiri, cek kuota internet, cek paket yang aktif dan lainnya. Namun yang sering terjadi adalah karena kita salah dalam melakukan dial up kode, akibatnya sistem tidak dapat memberikan jawaban atas permintaan kita.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Tidak jarang orang yang mengalami masalah ini, bahkan dibeberapa kasus sering terjadi pada saat jaringan yang sibuk ataupun handphone dalam keadaan panas.

Maka dari itu, berikut beberapa penyebab kode mmi tidak valid yang sering terjadi:

  • Jaringan sibuk
  • Ponsel tidak pernah dimatikan
  • Sistem bermasalah
  • Kode dial yang salah

Namun kadang juga disebabkan oleh operator seluler yang sedang mengalami gangguan sehingga tidak dapat mengakses informasi untuk beberapa saat. Tapi tenang saja, karena kita punya solusinya yang dapat kalian baca berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Gunakan Mode AirPlane

Cara ini dapat membuat jaringan pada hp untuk di refresh sementara atau di restart. Dengan begitu jaringan akan kembali seperti semula hingga normal.

Untuk mengaktifkan mode airplane cukup mudah, anda tinggal menarik menu dari atas di layar android anda lalu pilih icon pesawat hingga aktif.

Mode airplane

Jika sudah muncul icon pesawat, silahkan tekan kembali icon pesawat tadi maka otomatis hp akan mencari jaringan dan tunggu hingga jaringan muncul kembali.

Kini silahkan coba untuk memanggil kode yang tidak bisa tadi.

Restart Hp Android

Saat mengalami masalah sambungan atau kode mmi tidak valid di Hp Xiaomi, saya selalu melakukan reboot / restart ponsel agar performanya kembali ke seperti semula.

Mengapa harus restart hp? Karena jika di restart otomatis jaringan juga akan di restart, karena kebanyakan masalah pada kode mmi tidak valid itu disebabkan oleh jaringan opsel yang error.

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, apalagi pada perangkat yang lama tidak dimatikan sama sekali dan pastinya beberapa sistem telah berfungsi tanpa istirahat sama sekali.

Bayangkan saja jika itu adalah manusia yang tidak pernah tidur, bukankah akan sakit kepala dan semacamnya? Sama seperti smartphone, mereka butuh istirahat, dan restart atau matikan ponsel adalah istirahat baginya.

Celar Cache Data Telepon

Menghapus cache data pada aplikasi telepon dapat membuatnya menjadi lebih baik, sehingga tidak akan error layanan lagi. Untuk melakukan hal ini anda perlu masuk ke setelan, berikut langkahnya.

Masuk ke Setelan > Aplikasi > Layanan Telepon > Pilih Hapus Data

Hapus cache layanan telepon

Lalu pilih Oke

Ganti Mode Jaringan 2G/3G/4G

Frekuensi jaringan yang digunakan juga bisa menjadi penyebab kode mmi tidak valid di Android. Solusinya adalah silahkan anda ganti ke mode jaringan yang berbeda, jika saat ini menggunakan 2G / edge, silahkan coba ganti ke 3G.

Untuk mengubahnya anda bisa masuk ke Setelan > Jaringan & nirkabel > Jaringan seluler > Pilih jenis jaringan 2G/3G/4G.

Lalu cobalah kembali untuk memanggil kode USSD.

Gunakan Tanda Plus (+) atau Koma (,) pada Kode

Mungkin sebagian dari kalian bingung, bagaimana cara menambahkan koma atau plus kedalam kode tersebut?

Misalkan kita ingin memanggil kode mmi *123# untuk melakukan cek pulsa, nah jika error mmi tidak valid kalian bisa rubah menjadi *123,#. Sedangkan untuk menambahkan koma, silahkan tekan tombol * selama 2-3 detik.

Sedangkan untuk tanda plus sendiri berbeda peletakannya dengan tanda koma, kalian bisa ketik *+123#. Untuk memasukkan tanda + ini kalian bisa tekan tombol 0 selama beberapa saat.

Biasanya pada langkah pertama saja sudah cukup untuk mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid. Karena kadang beberapa saat operator seluler mengalami down pada layanan jaringannya, sehingga hal ini berdampak pada komunikasi yang dilakukan pengguna.

Mengalami kode mmi tidak valid merupakan hal wajar sering terjadi, namun yang lebih penting pastikan nomor anda tetap dalam masa aktif agar terus bisa berkomunikasi dan menggunakan layanan yang sudah tersedia.

Selain masalah tersebut, pengguna juga kadang suka mengalami masalah http url not found pada beberapa operator seluler yang digunakan. Hal ini biasanya karena paket internet yang digunakan atau juga bisa karena provider mengalami gangguan.

Demikianlah tutorial kali yang bisa kami bagikan kepada anda semua, semoga cara diatas dapat dipahami dengan baik. Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan lewat kontak atau kolom komentar jika tersedia. Terimakasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *