Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

5 Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Terhenti 100% Berhasil

1 min read

AndroidGaul.id – Masalah layanan google play terhenti atau unfortunately, Google Play services has stopped yang terus menerus muncul di layar hp Android memang sangat mengesalkan, hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor mulai dari cache hingga update aplikasi yang tidak cocok dengan sistem android yang kita miliki.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Terhenti 100% Berhasil

Masalah tersebut sering di alami oleh pengguna smartphone Android, terutama pengguna lawas atau hp jadul Oppo, Samsung dan Xiaomi. Bahkan ada yang sampai parah tidak bisa membuka menu lainnya dan peringatan tersebut muncul terus menerus tak berhenti.

Layanan Google Play adalah salah satu aplikasi penting untuk membantu pengguna dalam mengelola aplikasi di Play Store baik dalam mengunduh dan juga melakukan update.

Solusi Mengatasi Layanan Google Play Terhenti Terus Menerus

1. Hapus Cache Layanan Google Play

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layanan google play berhenti adalah dengan menghapus cache pada aplikasi tersebut.

Ini merupakan cara paling mudah dan sederhana, namun banyak orang menggunakan cara ini dan berhasil. Berikut langkah-langkahnya,

Masuk ke Setelan > Aplikasi > Cari Layanan Google Play > Pilih Hapus cache

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti Terus Menerus

Setelah melakukan hapus cache, silahkan lakukan reboot pada ponsel dan lihat apakah notifkasi mengganggu tersebut sudah hilang?

2. Update Google Play Service

Setiap update yang dikeluarkan oleh Google tentu membawa perubahan atau perbaikan pada aplikasi agar lebih baik.

Begitupun juga dengan layanan google play, jika muncul pesan “unfortunately, Google Play services has stopped” bisa jadi karena anda sudah lama tidak mengupdate aplikasi tersebut.

Silahkan perbarui layanan google play anda dengan benar, pastikan sudah versi terbaru saat ini.

3. Menggunakan Lucky Patcher (Root)

Bagi pengguna ponsel yang sudah di root, kalian bisa mengatasi layanan google play terhenti menggunakan aplikasi yang bernama lucky patcher.

  1. Unduh aplikasi lucky patcher apk di Google
  2. Install dan jankan aplikasi
  3. Cari layanan google play dan ketuk satu kali, lalu pilih hapus

Setelah itu aplikasi layanan google play akan dihapus, namun akan kembali muncul ke versi lama seperti sedia kala.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga (Market Apps)

Jika anda sangat membutuhkan aplikasi play store untuk mengunduh aplikasi namun play store tidak bisa dibuka karena error, silahkan gunakan aplikasi market pihak ketiga seperti 9apps, aptoide dan masih banyak lagi.

Tenang saja, karena aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki koleksi aplikasi dan game yang tidak kalah lengkap dengan play store. Bahkan ada beberapa aplikasi premium yang bisa di unduh gratis tanpa harus membayarnya.

5. Reset Ponsel

Reset ponsel adalah alternatif terakhir yang bisa dilakukan jika semua cara diatas sudah dilakukan namun tidak ada yang membuahkan hasil.

Dengan cara reset, semua data akan dikembalikan seperti awal saat kalian membeli hp. Proses kembali pengaturan pabrik akan menhilangkan data yang ada pada memori telepon.

Jadi sebelum melakukannya, ada baiknya untuk melakukan pencadangan file-file penting agar tidak hilang.

Proses reset juga akan memakan waktu yang lama sekitar 5 hingga 10 menit (tergantung banyak file yang ada di smartphone) jadi pastikan kondisi baterai full atau setidaknya lebih dari 50%.

Baca juga :

Itu dia beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi layanan google play terhenti terus menerus. Cara ini kami rekomendasikan berdasarkan pengalaman dan beberapa referensi dari internet. Jadi semoga berhasil, dan selamat mencoba.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id