Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

6 Cara Mengecek Power Bank Xiaomi Asli Atau Palsu Paling Jitu

2 min read

AndroidGaul.id – Xiaomi memang merupakan salah satu brand yang cukup terkenal dan sudah memiliki banyak peminat. Brand asal China ini ternyata tidak hanya mengeluarkan produk smartphone saja. Berbagai aksesoris handphone seperti power bank juga ada.

Namun, seringkali banyak peniru yang membuat power bank tiruan. Jangan khawatir karena ada beberapa cara mengecek power bank xiaomi asli atau palsu yang mudah dilakukan.

Tak heran brand dengan berbagai macam tipe smartphone dengan spesifikasinya yang sangat canggih sangat menarik banyak perhatian masyarakat.

Power bank xiaomi juga sering menjadi incaran pecinta produk xiaomi. Tetapi, ada beberapa produk tiruan yang mengatasnamakan brand xiaomi.

6 Cara Cek Power Bank Xiaomi Asli / Palsu

Begini cara mengecek power bank xiaomi asli atau palsu yang mudah dilakukan.

1. Memastikan Logo Xiaomi Yang Benar

Salah satu cara mengecek power bank xiaomi asli atau palsu yaitu dengan mengetahui logo Xiaomi yang bertuliskan huruf Mi. Pada power bank xiaomi yang asli atau original terdapat logo yang bertuliskan Mi yang terlihat dengan jelas.

Memastikan Logo Xiaomi Yang Benar

Sedangkan pada power bank xiaomi yang palsu, huruf Mi terlihat namun tidak terlalu jelas. Terlihat sekali bukan yang mana power bank asli dan palsu?

Ada satu hal lagi yang perlu diketahui. Logo xiaomi yang asli juga terdapat di dekat port USB. Logo ini memang tersembunyi sehingga dapat dketahui jika power bank tersebut original dari Xiaomi.

Namun, untuk power bank xiaomi palsu tidak terdapat logo Mi disana.

2. Periksa Kode Pada Box

Ini juga merupakan salah satu cara mengecek power bank xiaomi asli atau palsu yang sangat mudah dilakukan. Power bank xiaomi asli yang belum digunakan biasanya terbungkus dalam box yang terdapat hologram.

Periksa Kode Pada Box

Untuk mendapatkan kode box dapat dilakukan dengan menggosok hologram. Cek kode tersebut pada website resmi xiaomi dan pilih menu verify.

3. Pastikan Power Bank Memiliki Garansi

Produk-produk Xiaomi biasanya disertai dengan garansi. Begitu pula dengan power bank Xiaomi. Power bank Xiaomi memiliki garansi yang dapat digunakan oleh pegguna.

Pastikan Power Bank Memiliki Garansi

Biasanya untuk garansi distributor selama 3 bulan hingga setahun dan sedangkan untuk garansi resmi biasa selama 6 bulan hingga 1 atau 3 tahun. Tetapi power bank Xiaomi palsu tidak akan memberikan garansi.

4. Lihat Permukaan (Doff) Power Bank

Lihat Permukaan (Doff) Power Bank

Cara lain juga dapat dilakukan dengan melihat permukaan power bank xiaomi. Permukaan pada power bank asli xiaomi biasanya terlihat matte. Tetapi, pada power bank palsu permukaannya akan terlihat lebih glossy atau mengkilap.

5. Periksa Led Indikator

Periksa Led Indikator

Power bank xiaomi dilengkapi dengan fitur led indikator. Led ini akan menunjukkan jumlah kapasitas batrai yang masih dapat digunakan. Saat mengcharger power bank xiaomi asli, indikator led ini tidak akan menyala. Namun, pada power bank xiaomi palsu, saat mencharger lampu led akan menyala.

6. Lihat Label Power Bank

Pada power bank xiaomi biasanya akan diberi label. Label ini biasanya menuliskan jumlah kapasitas dari power bank yang dapat digunakan. Jika produk asli dari Xiaomi pastinya akan menunjukkan secara jelas mengenai informasi yang seharusnya dipaparkan pada label.

Lihat Label Power Bank

Namun, pada power bank palsu Xiaomi biasanya tidak tertulis secara jelas mengenai informasi yang seharusnya dijelaskan pada label.

Label power bank Xiaomi biasanya berada di permukaan bawah. Jadi, untuk mengecek label xiaomi yang asli cukup lihat ke sisi bawah power bank.

Menggunakan produk asli atau original memang seharusnya dilakukan oleh para pengguna elektronik khususnya smartphone. Penggunaan produk original smartphone akan mengurangi peluang kerusakan yang mungkin dapat terjadi dikarenakan menggunakan produk palsu.

Baca juga :

Maka dari itu, berhati-hati lah dalam memilih produk untuk smartphone. Jika ingin membeli produk original atau asli segera kunjungi toko resmi terdekat.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id