Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

6 Cara Menghapus Virus Trojan dan Malware di Android Otomatis

1 min read

AndroidGaul.id – Meskipun smartphone Android adalah OS turunan dari Linux, namun bukan berarti sistem tersebut kebal akan semua virus. Apalagi virus jenis jahat seperti trojan dan malware yang begitu populer di kalangan pengguna mobile dan bagi mereka yang suka berlama-lama di internet.

Cara Menghapus Virus Trojan dan Malware di Android Secara Otomatis

Berbagai macam cara dilakukan oleh penyebar virus untuk menanamkan penyakit di pengguna Android, salah satunya adalah dengan iklan pop up yang banyak mengandung malware dan juga tidak jarang dilakukan dengan cara menyisipkan script pada aplikasi hasil unduhan diluar play store.

Maka dari itu kita perlu cara menghapus virus otomatis di Android agar sewaktu-waktu terinfeksi, maka sistem akan menghapusnya secara otomatis sehingga kesehatan smartphone tetap terjaga.

Ciri-Ciri Hp Android Kena Virus

  • Sering restart sendiri
  • Muncul iklan pop up
  • Kuota jadi cepat habis
  • Baterai boros
  • Hp lemot

Dan masih banyak lagi seperti force close aplikasi, sistem sering error, launcher error dan hp sering panas.

5 Cara Menghapus Virus Secara Otomatis di Android

1. Menggunakan Anti Virus

Paling gampang dan dapat dilakukan secara otomatis adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi antivirus yang bisa kita gunakan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar dengan sistem pengamanan yang berbeda-beda.

Cara kerja aplikasi antivirus adalah dengan cara mendeteksi file apa saja yang mencurigakan dan file tersebut akan di eksekusi langsung dihapus atau ditaruh ke Quarantine dimana didalamnya akan terdapat daftar virus yang mencurigakan.

2. Menghapus Aplikasi

Coba anda ingat-ingat lagi, setelah apa hp anda mulai terkena virus? Setelah menginstal aplikasi biasanya. Paling banyak kasus adalah aplikasi yang berasal dari luar play store dimana mereka tidak melalui proses scan terlebih dahulu untuk di pasang di hp kita. Mana kita tau aplikasi tersebut ada virusnya atau tidak bukan? Maka dari itu silahkan anda cepat hapus aplikasi yang aneh-aneh.

3. Mencari Virus

Bagi yang suka mengoprek hp mungkin sudah tidak asing untuk mengotak-atik sistem di android dan pastinya dapat membedakan mana virus dan mana yang bukan. Aplikasi yang digunakan biasanya menggunakan File Explorer yang support mode root dimana mereka bisa masuk secara bebas ke file sistem root.

4. Scan Memori Card

Terkadang juga virus masuk dari memori eksternal (SD Card) yang kita gunakan, biasanya ini terjadi pada memori bekas hp lain yang dipindahkan datanya ke hp kita. Secara otomatis virus trojan dan malware akan ikut didalamnya.

Untuk menghapusnya anda memerlukan bantuan perangkat PC / Laptop. Anda bisa pinjam punya teman atau suruhkan orang yang punya laptop untuk scan memori anda tadi menggunakan antivirus khusus laptop seperti smadav, avast, avg dan semacamnya.

5. Factory Reset / Reset Ulang

Jika anda sudah melakukan beberapa langkah diatas namun hp tak kunjung sembuh, cara otomatis hapus virus yang ampuh adalah dengan factory reset. Pada tahap ini semua data yang tidak penting pada memori internal anda akan dihapus secara permanen hingga bersih.

Jika perlu, anda juga hapus data pada SD Card agar semuanya bersih. Namun sebelumnya pastikan anda sudah melakukan backup data terlebih dahulu.

6. Bawa Ke Tukang Service Hp

Jika anda lebih memilih keluar uang ketimbang melakukan cara nomor 5, maka silahkan bawa hp anda yang terkan virus ke tukang service terbaik. Sebab disana tersedia alat yang lebih lengkap dimana mereka sudah berpengalaman dalam hal menghapus virus pada hp secara otomatis.

Jika anda masih ragu, silahkan bawa ke service center resmi dari ponsel anda misalnya Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo dan Xiaomi.

Begitulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus otomatis di Android. Jika baru terkena virus, kami sarankan cukup dengan menggunakan antivirus saja untuk mengatasinya.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id