5 Cara Mengirim Aplikasi APK Lewat Bluetooth di Android

AndroidGaul.id – Bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth? Trik ini biasanya dibutuhkan saat penerima tidak memiliki aplikasi shareit ataupun yang sejenisnya seperti sharecloud.

Apalagi si penerima tidak memiliki paket internet untuk mengunduh aplikasi tersebut. Maka tidak ada cara lain selain dengan mengirimkan aplikasi lewat bluetooth kepada sang penerima ini.

Dibandingkan dengan mendownload ulang sebuah aplikasi akan lebih mudah jika anda meminta file APK via Bluetooth dengan cepat kepada teman atau rekanan anda. Selain memudahkan cara ini adalah cara yang hemat waktu dan kuota internet pastinya.

Jika selama ini kita mengenal aplikasi bernama Share it dengan model pengiriman aplikasi via wi-fi pengirim dengan penggunaan kuota internet yang sedikit.

Maka pada ulasan ini kita akan mengenalkan aplikasi bernama Share Apps dari Play Store dan beberapa aplikasi untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth lainnya.

Cara ini bisa dilakukan di perangkat apapun termasuk Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Lenovo, Asus dan perangkat pintar lainnya. Biar tidak bingung, berikut beberapa caranya yang bisa kalian ikuti.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth di Android

1. Menggunakan Share Apps

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan

Pada artikel ini kami mengenalkan Share Apps karena aplikasi ini kami nilai mampu menyuguhkan berbagai cara transfer aplikasi mulai dari Drive sampai Wifi.

Share Apps sendiri memungkinkan kita mengirim aplikasi melalui Email, Gmail, Dropbox, WA, G.Drive, Messenger, Bluetooth, Chat On, Pesan, Hangouts, WeChat, Tubermate dan Wi-Fi. Oleh sebab itu software ini menjadi rekomendasi penting bagi anda.

Dan yang menjadi kelebihannya adalah mampu mentransfer installation package (APK) juga. Ukuran filenya hanya 3 MB sangat kecil dibandingkan perangkat lainnya.

Sistem kerjanya adalah melakukan penduplikasian secara legal, setelah itu di format menjadi sebuah pesan apabila dibuka akan menampilkan aplikasi untuk tinggal di install saja tanpa memerlukan waktu lama dan kuota tentunya. Berikut adalah langkah pengirimannya:

  1. Download Share Apps
  2. Aktifkan Bluetooth pada 2 perangkat (Penerima dan Pengirim)
  3. Masuk ke aplikasi Share Apps
  4. Pilih aplikasi, game, dokumen, galeri, berkas yang ingin anda kirim
  5. Pilih icon share (titik tiga)
  6. Pilih icon Bluetooth
  7. Proses pengiriman dimulai

Adapun cara lain, apabila anda menginginkan mentransfer berkas anda sekaligus. Caranya sangat mudah, cepat dan simpel. Berikut adalah caranya:

  1. Masuk Share Apps
  2. Tekan dan tahan aplikasi yang ingin anda kirim sampai muncul icon centang hijau di pojok kiri aplikasi yang anda tekan kemudian tekan pilih aplikasi lain yang anda inginkan untuk kirim
  3. Cara lain adalah saat anda tekan aplikasi yang ingin anda kirim, jangan langsung menekan tools share melainkan carilah “tools more”. Maka anda akan diminta untuk menekan lagi aplikasi mana saja yang akan anda kirimkan sekaligus.
  4. Setelah itu pilihlah icon share (titik tiga)
  5. Pilih Bluetooth
  6. Proses pengiriman dimulai

Tentu cara transfer tersebut akan sangat membantu anda dalam mengirim berkas bahkan aplikasi anda kepada perangkat android yang lain.

2. ShareCloud

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa sharecloud

Sekilas memang aplikasi ini terlihat hampir sama dengan aplikasi pertama, namun ternyata ada perbedaan tampilan dan juga beberapa fungsi yang juga beda.

Selain bisa mengirim aplikasi lewat bluetooth aplikasi ini juga bisa mengirim menggunakan perantara hotspot tanpa jaringan internet, via WA, DropBox, Email, Google Drive, dan lainnya (ada lebih dari 10 metode).

Bagaimana cara mengirim aplikasi dengan sharecloud?

  1. Pertama kalian harus unduh terlebih dahulu aplikasinya di Play Store
  2. Setelah berhasil dipasang di hp kamu, sekarang hidupkan bluetooth di ponsel kamu
  3. Buka aplikasi ShareCloud lalu pada tampilan awal akan ada beberapa menu untuk mengirim, silakan pilih app atau aplikasi
  4. Setelah itu aktifkan bluetooth di perangkat penerima, dan hubungkan dengan bluetooth yang sudah kita aktifkan tadi di hp pengirim.
  5. Tunggu hinga proses transfer data selesai

3. ES File Explorer

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth hp oppo a3s

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi file manager terbaik yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android.

Aplikasi ini memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi pengelola berkas bawaan, dimana kita bisa melakukan edit file, pindah, copy dan mengganti nama sebuah file.

Namun ternyata tidak hanya sebagai pengelola saja, aplikasi ini dapat mengirim aplikasi lewat bluetooth dengan sangat mudah. Bukan hanya aplikasi saja, namun file media seperti foto dan video juga bisa.

Langkah-langkahnya bisa kalian ikuti dibawah ini.

  1. Pertama silakan aktifkan terlebih dahulu bluetooth yang ada di hp kalian
  2. Buka aplikasi ES File Explorer
  3. Pilih aplikasi yang ingin dikirim
  4. Tekan kirim lalu akan muncul beberapa pilihan seperti kirim via email, whatsapp, skype dan bluetooth
  5. Pilih saja opsi bluetooth, lalu pilih nama bluetooth penerima
  6. Selesai

Perlu kalian ketaui bahwa aplikasi ini juga dapat melakukan kompresi file menjadi zip dan mengekstrak file dalam bentuk zip. Kalian bisa mengunduh aplikasi di Play Store secara gratis.

4. AppBackup

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth hp oppo a37

Mau kirim aplikasi tanpa ribet? Kamu bisa coba gunakan AppBackup ini. Dengan tampilan yang sederhana, kalian tinggal centang aplikasi apa saja yang ingin dikirim lalu siapkan bluetooth penerima.

Namun tentu ada proses pembentukan apk terlebih dahulu, saat kalian memilih aplikasi maka akan ada tombol backup untuk menjadikannya paket dalam bentuk apk.

Nah setelah apk teresebut jadi, maka siap dikirim menggunakan bluetooth atau yang lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pasang terlebih dahulu AppBackup via Play Store
  2. Aktifkan bluetooth pengirim dan hubungkan dengan penerima
  3. Pilih aplikasi lalu backup
  4. Setelah jadi apk, sekarang siap dikirim menggunakan bluetooth yang sudah aktif tadi
  5. Kalian tinggal tunggu proses pengiriman selesai

5. Share / Kirim Aplikasi

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth samsung j2 prime

Satu lagi aplikasi pengirim via bluetooth yang tidak kalah bagus untuk dicoba. Mau mengirim aplikasi ataupun game juga tidak masalah, karena hanya dengan satu kali ketuk saja kalian bisa melakukannya.

Ini bisa jadi solusi untuk kalian mengirim aplikasi lewat bluetooth ke teman yang tidak punya shareit, meskipun agak lama dibandingkan dengan hotspot, tapi sangat bermanfaat dikala darurat.

  1. Pertama silakan unduh terlebih dahulu aplikasi ini di Play Store
  2. Buka aplikasinya lalu pilih aplikasi mana yang ingin kalian kirim ke teman kalian
  3. Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth terlebih dahulu dan pastikan juga bahwa visibilitas bluetooth pada penerima bisa dilihat oleh perangkat lain
  4. Silakan kirim aplikasi kalian
  5. Selesai

Salah satu kelebihan dari perangkat ini adalah pihak yang perlu mendownload aplikasi ini hanyalah pihak pengirim saja berbeda dengan piranti lain, dimana mereka mengharuskan 2 perangkat sama-sama memiliki aplikasi yang sama.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pihak penerima tidak perlu memiliki dan dapat menikmati hanya dengan mengaktifkan bluetoothnya saja.

Itulah beberapa cara mengirim aplikasi lewat bluetooth yang bisa kalian lakukan walaupun penerima tidak memiliki aplikasi tersebut, jadi bisa dibilang cara ini tidak ribet. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar