Cara Menonaktifkan Shopee Paylater dan Berhenti Menggunakan

Cara menonaktifkan Shopee Paylater adalah sebuah tata cara untuk menonaktifkan salah satu layanan dari merchant asal Singapura ini. Seperti online marketplace pada umumnya, Shopee juga menghadirkan fitur kredit barang melalui Shopee Paylater.

Sayangnya, tidak semua pelanggan menginginkan fitur Paylater ini. Penyebabnya pun beragam, ada yang memang tidak ingin membeli secara kredit dan ada juga yang dikarenakan tidak puas dengan layanan Shopee Paylater.

Sistem Kerja dan Fitur Shopee Paylater dengan Mudah

Sebelum membahas mengenai cara menonaktifkan fitur Paylater, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Shopee Paylater dan apa kelebihan dari fitur ini. Terutama bagi Anda yang belum mengetahui cara kerja sistem ini

Shopee Paylater adalah sebuah fitur dari Shopee yang sistem kerjanya sangat mirip dengan kartu kredit. Anda dapat membeli barang dengan sistem mencicil, seperti sistem kartu kredit layanan ini juga memiliki limit.

Selain itu Anda juga bisa mencicil sebuah barang dengan cicilan dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Berdasarkan halaman situs resmi Shopee ada dua pilihan untuk cicilan yaitu 2 kali, 3 kali, 6 kali dan 12 kali.

Tanggal jatuh tempo bagi program cicilan dalam menggunakan Shopee Paylater bisa Anda pilih antara tanggal 5 atau 11 setiap bulannya. Akan ada notifikasi khusus apabila sudah memasuki waktu jatuh tempo untuk membayar angsuran.

Keunggulan Shopee Paylater

Sebagai fitur atau sistem untuk mencicil barang, Shopee terhitung sangat mudah untuk digunakan. Selain itu ada juga keunggulan lain dari fitur Shopee Paylater, seperti pada poin-poin berikut ini.

1. Proses Pengajuan Cepat

Salah satu kelemahan dari sistem cicilan barang kredit adalah administrasi yang berbeli-belit. Namun Shopee terhitung marketplace dengan sistem yang sederhana dan cepat. Apabila Anda sudah melengkapi beberapa persyaratan maka pengajuan cicilan akan segera disetujui.

2. Bunga Rendah

Shopee Paylater sebenarnya cukup bersahabat bagi pengguna yang ingin membeli barang secara mencicil. Bunga keterlambatan Shopee adalah sebesar 0% hingga 2.95% dari harga barang, jumlah yang terhitung standar bagi cicilan sebuah barang.

Apalagi jika Anda membeli barang tertentu, Shopee menyediakan pilihan agar cicilan menjadi 0%. Tentu syarat dari hal ini adalah Anda memilih cicilan dengan jangka waktu hanya 1 bulan. Cicilan dengan bunga 0% ini juga berlaku untuk barang tertentu.

3. Sistem Kredit Menyesuaikan

Shopee menerapkan sistem kredit yang disesuaikan dengan kemampuan dari para penggunanya. Hal inilah yang membuat pihak Shopee membutuhkan proses verifikasi selama beberapa hari. Apabila Anda ingin menambah limit kredit, maka bisa berbelanja lebih banyak melalui Shopee.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika Shopee Paylater sebenarnya tidak bisa dinonaktifkan. Satu-satunya cara adalah dengan tidak menggunakan fitur ini sama sekali atau opsi kedua Anda bisa menghapus akun Anda.

  1. Pastikan terlebih dahulu jika saldo pada akun Shopee Anda sudah kosong.
  2. Buka aplikasi Shopee dan klik pada menu Saya.
  3. Pilih menu Pengaturan akun lalu klik Penghapusan Akun.
  4. Akan muncul notifikasi mengenai peringatan menghapus akun. Klik Lanjutkan.
  5. Shopee akan melakukan verifikasi langkah Anda ini dengan mengirimkan kode OTP SMS.
  6. Masukkan kode OTP pada kolom yang sudah tersedia.
  7. Selanjutnya, akan muncul alasan kenapa Anda menghapus akun.
  8. Shopee akan meminta verifikasi lagi, masukkan alamat email Anda yang tertaut pada akun Shopee.
  9. Terakhir, tekan opsi Kirimkan. Penghapusan akun akan segera diproses oleh Shopee.

Tidak ada cara menonaktifkan Shopee Paylater karena pada dasarnya fitur ini merupakan bentuk upaya Shopee untuk memfasilitasi penggunanya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengabaikan opsi Paylater apabila sedang membeli barang melalui Shopee.

Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id