Cara Cek Garansi Oppo Indonesia Resmi secara Online

AndroidGaul.id – Oppo adalah salah satu brand smartphone ternama yang mulai naik daun sejak beberapa waktu terakhir. Kepopuleran dari Oppo ini tidak pernah lepas dari fitur dan model ponsel yang semakin canggih dari waktu ke waktu.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan teliti saat membeli smartphone Oppo adalah garansi. Garansi resmi adalah salah satu bagian paling penting pada ponsel baru yang keberadaannya tidak boleh disepelekan.

Dengan adanya garansi resmi, anda tidak perlu bingung saat melakukan perbaikan atau mengklaim garansi ke service center resmi Oppo. Garansi resmi yang diberikan oleh pihak Oppo pun memiliki batas penggunaan.

Untuk mendapatkan garansi resminya, anda bisa membeli di toko resmi atau agen terpercaya guna menjamin keaslian produk tersebut. Namun jika terpaksa harus membeli di toko online, anda bisa cek garansi Oppo dengan cara berikut:

Cara Mudah Untuk Mengecek Garansi Oppo

Pada umumnya, setiap smartphone Oppo yang terjual di pasaran memiliki ambang batas garansi selama 12 bulan atau satu tahun. Waktu tersebut dapat digunakan untuk mengganti spare part atau service saat smartphone tiba-tiba mengalami kendala.

Berbeda dengan spare part dan servicenya, aksesoris bawaan milik Oppo memiliki masa tenggang garansi selama 6 bulan saja.

Selama garansi resmi masih berlaku, anda bisa melakukan perbaikan pada ponsel di service center resmi milik Oppo. Untuk mengecek ketersediaan garansi resmi, anda bisa mengeceknya melalui cara berikut.

masukkan imei oppo
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi milik Oppo (DISINI).
  2. Setelah muncul menu baru, anda bisa men-scroll halaman sampai ke pemeriksaan status garansi. Tunggu hingga muncul Nomor IMEI.
  3. Jika sudah muncul, anda bisa memasukkan nomor IMEI dan kode validasi, setelah itu klik tombol “Cek Sekarang”.

Cara tersebut bisa anda lakukan jika sudah mengetahui nomor IMEI dari ponsel Oppo anda. Namun, bagaimanakah jika anda tidak mengetahui Nomor IMEI smartphone Oppo anda? Tutorial berikut bisa membantu anda.

#Cara 1

Cara pertama yang harus anda lakukan guna mengetahui nomor IMEI ponsel adalah dengan mengetik kode *#06#. Bagi pengguna ponsel Oppo Dual Sim, akan muncul dua buah nomor IMEI.

#Cara 2

Jika cara pertama bisa dilakukan melalui papan tombol, cara kedua bisa diterapkan dengan lebih mudah. Yang harus anda lakukan adalah melihat bagian bawah kotak DusBook.

Saat anda membeli ponsel baru, DusBook tentu menjadi perangkat yang pasti anda dapatkan. Meski terlihat sepele, DusBook memiliki peran yang cukup essensial. Salah satu peran dari DusBook adalah untuk mengecek kode IMEI ponsel.

Di bagian belakang DusBook tidak hanya terdapat nomor IMEI saja, ada beberapa informasi lain yang tidak kalah pentingnya. Informasi yang tercantum antara lain warna, serial number, tempat pembuatan, dan berbagai informasi penting lainnya.

Meski mengecek nomor IMEI yang ada di bagian belakang DusBook bisa menjadi solusi terbaik, banyak orang yang sering mengabaikan keberadaan DusBook dan membuangnya.

#Cara 3

Jika anda terlanjur membuang DusBook, ada solusi lain yang bisa anda terapkan. Caranya adalah dengan masuk ke menu setelan atau pengaturan, kemudian pilih menu Tentang Ponsel.

cek imei oppo asli atau palsu

Jika sudah muncul menu berikutnya, anda bisa memilih Status. Setelah itu, akan muncul Nomor IMEI dari smartphone IMEI milik anda.

Cara cek garansi Oppo diatas cukup mudah untuk dilakukan. Jika anda membelinya secara offline, ada baiknya untuk mengecek kode IMEI yang tertera di belakang DusBook guna melihat apakah produk tersebut asli atau palsu.

Kebijakan Garansi Oppo

Membahas perihal cek garansi Oppo, tidak lengkap jika belum mengulas perihal kebijak yang diberlakukan oleh pihak Oppo mengenai kartu garansi resminya. Kebijakan ini diberlakukan sebagai syarat garansi ponsel tersebut. Beberapa kebijakan yang diterapkan antara lain.

  1. Jika smartphone Oppo dibeli di luar negeri, anda akan dikenakan biaya penggantian komponen spare part dan biaya service. Singkatnya, anda akan tetap bisa melakukan service di gerai Service Center Oppo secara resmi namun tidak bisa memperoleh kartu garansi resmi selama 12 bulan.
  2. Saat melakukan klaim terhadap garansi resmi, harus ada kartu garansi dan juga kwitansi pembelian yang valid. Namun jika tidak memiliki keduanya, anda bisa mengklaim garansi dengan memberi bukti bahwa ponsel tersebut masih berada dalam masa garansi.
  3. Garansi resmi yang diberikan oleh Oppo tidak akan berlaku jika sudah lewat masa tenggang. Seperti yang dikatakan diatas, anda akan diberikan batas waktu 12 bulan untuk mengklaim garansi resmi dari Oppo.
  4. Tidak semua kerusakan ponsel dapat di garansikan. Garansi yang diberikan oleh pihak Oppo tidak akan berlaku jika kerusakan disebabkan oleh human error. Human error bisa meliputi terkena cairan, terjatuh, tertekan, dan lain sebaiknya.
  5. Garansi resmi yang diberlakukan oleh Oppo juga tidak akan berlaku jika ponsel mengalami kerusakan akibat bencana alam.
  6. Smartphone Oppo yang rusak akibat memakai aksesoris bajakan juga tidak bisa mengklaim garansi yang diberikan. Tidak hanya itu saja, pihak Oppo juga tidak bisa memberikan layanan garansi jika kerusakan terjadi akibat adanya pembongkaran di luar Oppo Service Center resmi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal ini, anda bisa cek garansi Oppo yang ada di dalam DusBook.

Demikian lah kebijakan garansi resmi dari Oppo yang bisa dinikmati oleh para pengguna.

Sebagai tips, anda sebaiknya melakukan backup data yang tersimpan di smartphone sebelum mengajukan garansi resminya ke pihak Oppo Service Center.

Hal ini dikarenakan pihak Oppo tidak akan menanggung segala kehilangan data yang mungkin terjadi saat pembongkaran ponsel.

Melakukan cek garansi Oppo adalah hal yang penting untuk dilakukan. Garansi bisa menjadi solusi utama dari kerusakan yang terjadi pada ponsel.

Tinggalkan komentar