5 Cara Cek Garansi Samsung Indonesia Secara Resmi dan Lengkap

AndroidGaul.id – Banyaknya pilihan merek smartphone saat ini, kerap membuat bingung calon pembelinya. Belum lagi bila dibumbui dengan berbagai tawaran menarik, seperti aneka bonus juga tambahan potongan harga.

Salah satu merek ternama yang banyak dipilih oleh pengguna telepon genggam adalah Samsung. Perusahaan yang berasal dari Korea Selatan ini memang berhasil menjaga namanya untuk tetap berada di jajaran atas.

Selain jaminan kualitas produk, banyak hal mengapa orang tetap memilih merek ini. Dan layanan purna jual yang diberikan, merupakan diantaranya.

Setiap tahunnya, Samsung selalu merilis produk teranyar dengan berbagai spesifikasi yang cukup menarik dan tentu saja selalu up to date. Sehingga, siapapun yang ingin merasakan kecanggihan teknologi terbaru, bisa mendapatkannya. Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa Samsung juga terkenal sebagai produsen smartphone mahal.

Saat Anda membeli sebuah smartphone baru biasanya produk sudah terbungkus rapi di dalam sebuah kotak yang tersegel. Jika pihak penjual dan pembeli telah menyetujui harga, baru kemudian plastik segel dibuka dan smartphone bisa di cek.

Lantas, bagaimana cara mengetahui masa garansi produk yang telah Anda beli, dalam hal ini Samsung misalnya. Maka, beginilah cara cek garansi Samsung yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Cara Cek Garansi Samsung

1. Cek Garansi via IMEI

Untuk mengetahui masa garansi smartphone, maka Anda bisa mengetahuinya dengan memanfaatkan nomor IMEI.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity pada sebuah telepon genggam, berfungsi layaknya kartu identitas pada manusia.

Di mana identitas khusus ini dibuat oleh masing-masing produsen smartphone dan dikeluarkan untuk satu slot simcard saja.

Nomor IMEI biasanya bisa Anda lihat dengan mudah pada bagian dus atau kotak smartphone di bagian luarnya. Jika bingung, anda dapat mengikut panduan cara cek imei samsung sebelumnya.

Jika Anda sudah menemukan nomor IMEI, maka cara cek garansi Samsung yang pertama, sudah bisa Anda lakukan.

Caranya, dengan membuka situs Samsung di www.samsungwarrantycheck.com atau melalui www.imei.info.

cara cek garansi samsung dengan kode

Setelah berhasil membuka salah satu situs di atas, langkah selanjutnya adalah mencari kolom pencarian dan Anda bisa memasukkan nomor IMEI pada kolom tersebut.

Tunggu beberapa saat dan Anda bisa mendapatkan informasi seperti tipe smartphone, nomor seri, tanggal pembuatan dan tentu saja akan tertera masa garansinya.

Cara lain untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan membuka menu panggilan di smartphone kemudian menekan *#06#. Dan tak butuh waktu lama, Anda akan segera mengetahui nomor IMEI yang Anda butuhkan.

2. Cek Garansi via Service Center

Cek Garansi via Service Center

Cara cek garansi Samsung yang kedua adalah mengunjungi service center Samsung di kota Anda. Di sana Anda bisa mendapatkan informasi lengkap, kapan garansi smartphone yang Anda beli akan berakhir.

Tidak saja berlaku bagi smartphone Samsung baru, untuk smartphone bekas dengan merek yang sama, Anda tetap bisa menanyakannya.

Saat ini, jumlah service center Samsung yang berada di Indonesia, sudah ada lebih dari 100 counter dan tersebar di banyak wilayah.

Sehingga akan semakin memudahkan penggunanya untuk mendapatkan layanan secara offline atau langsung.

3. Cek Garansi via Website

Cara cek garansi Samsung praktis lainnya adalah dengan mengunjungi situs Samsung di www.samsung.com/id/support/warranty dan tekan fitur Live Chat.

Namun sebelumnya pastikan Anda sudah mengetahui nomor IMEI smartphone Anda sehingga customer service yang melayani Anda tidak perlu menunggu untuk segera memberikan jawabannya pada Anda.

Pada website Samsung, Anda juga akan mendapatkan banyak informasi menarik, tidak terbatas pada smartphone saja, namun juga informasi lainnya yang berkaitan dengan produk elektronik Samsung.

4. Cek Garansi via Email

Cara cek garansi Samsung selanjutnya adalah dengan mengirim email pada pihak Samsung. Untuk mengajukan email, Anda bisa menekan tombol email pada website Samsung.

Kemudian Anda tinggal memlih layanan yang Anda inginkan dan masukan sejumlah data, lalu sertakan subjek dan selanjutnya Anda bisa menanyakan masa garansi smartphone Anda dengan menyertakan nomor IMEI pada badan email.

5. Cek Garansi via Telepon

Dan ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa garansi smartphone Samsung, yaitu dengan menghubungi customer service Samsung di 0800-112-7777.

Layanan lainnya yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan fitur chat di WhatsApp melalui 0818-02155777, yang juga akan melayani Anda selama 24 jam penuh.

Cara cek garansi Samsung telah dipaparkan, Anda tinggal memilih cara mana yang paling mudah. Pada dasarnya, setiap smartphone baru akan mendapatkan garansi selama 12 bulan atau 1 tahun.

Namun ini hanya berlaku untuk smartphone Samsung yang dikeluarkan secara resmi oleh PT. Samsung Electronics Indonesia untuk semua wilayah di dalam negeri.

Dan bagi Anda yang baru saja membeli smartphone Samsung, sebaiknya memperhatikan betul kelengkapan yang terdapat di dalam kotak. Salah satunya yang tidak boleh hilang adalah kartu garansi.

Di mana bila kartu ini tidak ada, maka Anda tidak memiliki hak untuk melakukan klaim garansi gratis.

Ketentuan Garansi

  • Perlu Anda perhatikan juga, untuk mendapatkan garansi maka smartphone Samsung Anda sebaiknya telepon memang tidak rusak karena kesalahan manusia atau human error, seperti telepon jatuh, berkarat, berjamur, terkena air atau cairan lainnya hingga rusak karena tegangan pada arus listrik juga rusak karena penggunaan sehari-hari.
  • Pastikan juga smartphone Samsung Anda belum pernah dibuka atau diperbaiki oleh pihak lain yang tidak berhubungan secara resmi dengan pihak Samsung. Dan suku cadang atau spare part smartphone pun tidak ada yang diganti atau dimodifikasi dan masih asli.

Kerap juga ada yang bertanya bagaimana dengan layar lcd yang pecah apakah bisa digaransi? Umumnya layar retak karena kesalahan pengguna, dan itu tidak dapat dilakukan garansi.

Demikianlah cara cek garansi Samsung yang ternyata cukup mudah. Pastikan kartu garansi juga Anda simpan dengan baik agar bisa digunakan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Isi data lengkap yang tertera di dalam kartu garansi dan bawa ketika Anda berkunjung ke service center Samsung. Dan dapatkan layanan purna jual terbaik dari perusahaan tersebut.

Tinggalkan komentar