5 Fungsi RAM pada HP dan Perbedaanya dengan ROM

Peranan ponsel atau HP kini penting sekali di era millenial ini. Hampir semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun aktivitas sehari-hari menggunakan ponsel.

Dan ponsel pintar yang banyak digunakan saat ini adalah Android dan iOS. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada smartphone baik itu iOS atau Android terdapat beberapa bagian penting seperti ROM, RAM, CPU, GPU dan masih banyak lagi. Dan semua bagian tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.

Yang paling banyak dibahas adalah soal RAM, banyak orang yang mengira bahwa semakin besar RAM maka semakin banyak aplikasi yang dapat di instal di hp.

Itu salah besar! RAM dan ROM (penyimpanan internal) sangat berbeda sekali baik dari segi fungsi, tugas dan juga manfaatnya.

Oleh karena itu dibawah ini kami akan mencoba menjelaskan apa fungsi ram dan apa beda antar RAM dan ROM.

Fungsi RAM Pada Ponsel

Nah, supaya kinerja ponsel maksimal, dibutuhkan yang namanya RAM atau Random Access Memory. Sebenarnya apa sih, fungsi dari RAM ini?

Buat kamu yang masih bingung penting atau tidaknya RAM dalam sebuah HP, simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

1. Ponsel Menjadi Multitasking

Fungsi RAM pada HP yang pertama adalah membantu penggunaan ponsel atau komputer semakin multitasking.

Penggunaan multitasking di sini maksudnya adalah, kamu bisa membuka beberapa aplikasi dalam ponselmu dalam satu waktu yang sama.

Semakin besar RAM yang tersedia dalam sebuah ponsel, maka akan semakin lancar juga suatu ponsel atau komputer tersebut dalam memproses beberapa aplikasi dalam satu waktu ini.

Sebaliknya, jika RAM di ponselmu kecil kapasitasnya, maka semakin kamu banyak mengerjakan pekerjaan multitasking itu, HP tersebut bisa jadi akan mengalami freeze atau hang.

2. Untuk Penyimpanan Memori Sementara

Selanjutnya, RAM di ponsel juga memliki fungsi yang satu ini. RAM bisa berguna sebagai penyimpanan memori sementara.

Artinya, RAM bisa menyimpan secara sementara memori dalam sebuah aplikasi atau program yang ada di ponselmu. Saat program atau informasi ini berjalan, maka secara otomatis akan disimpan oleh RAM.

Di dalam komputer, fungsi RAM yang satu ini akan dibantu oleh CPU yang nantinya akan memproses informasi sebelum diteruskan atau disimpan di dalam RAM.

3. Untuk Menentukan Spesifikasi

Fungsi RAM pada HP selanjutnya adalah untuk menentukan spesifikasi dari sebuah ponsel, atau sebagai patokan untuk spesifikasi suatu teknologi ponsel tersebut.

Untuk bisa optimal dalam fungsi ini, tentu kapasitas atau besaran RAM sangat perlu diperhitungkan sebelum membeli ponsel.

Jika ponsel tersebut misalnya hanya akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, mungkin kapasitas RAM yang tidak terlalu besar sudah cukup.

Namun, jika kamu salah seorang gamer yang menggunakan ponsel tersebut untuk bermain game, maka RAM-nya juga harus besar. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas game yang dimainkan.

4. Mempercepat Kinerja Ponsel

Hal ini juga menjadi salah satu fungsi RAM yang tidak boleh dilewatkan. Fungsi RAM yang satu ini tentu bukan rahasia umum lagi ya, karena RAM memang bisa mempercepat kinerja untuk gadget milikmu.

Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat juga proses kinerja dari ponsel tersebut. Selain itu, kecepatan untuk sistem operasi ponselmu juga ditentukan dari besaran kapasitas RAM, lho!

Belum lagi saat bermain gaming, kebanyakan pengguna masih suka mengeluh lag padahal ram yang dimiliki cukup besar.

Itu bisa jadi karena mereka tidak pernah memebersihkan ram terlebih dahulu sebelum bermain. Untuk hal ini kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih ram khusus Android.

5. Perlengkapan Vital Untuk Desain dan Gaming

Seperti sudah diterangkan di atas tadi, fungsi RAM pada HP juga penting untuk yang satu ini.

Untuk sebuah game, baik di komputer maupun di ponsel, sudah tentu memerlukan RAM yang cukup besar untuk menyimpan dan mengoperasikannya.

Apalagi, jika kamu termasuk penyuka permainan dengan desain 3D, maka kamu akan membutuhkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Perbedaan antara kapasitas RAM yang besar dan kecil ini akan sangat terasa saat kamu memainkan game tersebut.

Selain itu, desain yang ditampilkan di layar juga akan terpengaruh dengan besaran RAM yang dipakai.

Perbedaan RAM dan ROM

Jangan sampai salah mengartikan, meskipun namanya hampir sama namun secara fungsi atau kegunaan keduanya sangat berbeda dan inilah bagian yang sering orang salah paham.

Berbeda Fungsi

Meskipun RAM dan ROM adalah sebuah memori yang terpasang di ponsel, namun keduanya ternyata memiliki fungsi masing-masing.

RAM berfunsi sebagai penyimpanan sementara saat kamu menjalankan aplikasi atau tugas tertentu.

RAM bisa kita ibaratkan sebuah Meja, dimana kalian bisa menaruh barang apa saja dalam waktu bersamaan dan dalam satu tempat asalkan meja tersebut masih cukup untuk menampungnya.

Sedangkan ROM berfungsi sebagai penyimpanan internal dimana kita biasanya menginstal aplikasi, game dan menyimpan file lainnya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda RAM dan ROM juga memiliki tugas yang berbeda pula. RAM bertugas untuk menyimpan data secara acak dan bisa kita akses kapanpun kita mau.

Sedangkan ROM bertugas untuk menyimpan data internal yang tidak mudah di operasikan ataupun diubah. ROM hanya sebagai penyimpanan dan tidak dapat menjalankan aplikasi tertentu.

Nah, itulah beberapa fungsi RAM pada HP yang perlu kamu ketahui. Jadi, sebelum membeli ponsel, pastikan dulu ponsel tersebut akan digunakan untuk apa, sehingga kamu bisa menentukan besaran RAM-nya. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat!