Inilah 6 Cara Meningkatkan Penonton Live Facebook, Dijamin Berhasil!

Sekarang ini, media sosial menjadi perantara yang banyak digunakan berbagai kalangan untuk menyebarkan informasi, salah satunya yaitu Facebook.

Fitur menarik yang dimilikinya yaitu, Live Facebook. Tentu hal ini membuat orang-orang mencari cara meningkatkan penonton Live Facebook sehingga siaran langsung bisa ramai dan menarik.

Adanya fitur Live Facebook, memberikan manfaat ke berbagai pihak, tidak hanya untuk selebriti, pebisnis dan masyarakat pun bisa ikut merasakannya.

Sebelum menggunakan fitur ini, alangkah baiknya mengetahui apa itu fitur Live Facebook, kegunaan dan cara menarik penonton untuk menonton siarannya.

6 Cara Meningkatkan Penonton Live Facebook

Ketahui Fitur Live Facebook

Seperti yang kita tahu, Live Facebook merupakan fitur untuk melakukan video siaran langsung. Pengguna dapat menyiarkan rekaman, berbicara secara langsung dan ditonton oleh penonton lainnya. Selain itu, tersedia kolom komentar yang membuat penonton dan penyiar dapat berinteraksi satu sama lain.

Banyak sekali manfaat dari fitur live, terutama bagi pebisnis untuk mempromosikan produk mereka. Cara ini cukup efektif karena calon pembeli dapat melihat langsung barang tersebut melalui virtual. Selain itu, fitur ini digunakan untuk membagikan kegiatan sehari-hari dan berinteraksi dengan followers.

Cara Menambah Penonton di Live Facebook

Menggunakan fitur Live Facebook tentunya memerlukan orang untuk menonton video live-nya. Semakin banyak penonton tentunya semakin bagus, menandakan strategi yang digunakan telah berhasil.

Namun jangan khawatir, bagi pengguna yang masih bingung, berikut cara meningkatkan penonton Live Facebook yang bisa dicoba:

1. Menentukan Tema yang Menarik 

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu mengambil tema yang menarik. Apabila bertujuan untuk membagikan kegiatan harian, perlu memastikan tema yang dipilih tersebut dapat memikat penonton. Jika ingin lebih berkonsep, dapat mengambil topik yang sedang menjadi bahan perbincangan khalayak ramai.

Bagaimana bila bertujuan mempromosikan suatu produk? Pengguna dapat mengambil tema yang relevan dengan produk atau barang yang dijual dan di sela-sela siaran berlangsung dapat menyisipkan promosinya. Hal ini dapat meningkatkan jumlah penonton yang cukup signifikan dan secara berkala untuk efisiensi waktunya.

2. Memberikan Giveaway atau Reward untuk Penonton

Pemberian giveaway atau reward dapat dilakukan dengan cara yang menarik. Konsep ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh pembuat konten lainnya dan terbukti dapat menarik penonton karena ingin memenangkan hadiahnya. 

Pemanfaatan metode ini dapat menggaet penonton lebih banyak lagi. Penonton tentunya akan bersemangat untuk memperebutkan giveaway yang dibagikan oleh pemberi konten, maka pemberian hadiah bisa dilakukan dengan cara yang unik. Misalnya dengan jadwal pemberian atau pengumuman pemenang dilakukan di akhir acara.

3. Melakukan Promosi Melalui Facebook ADS

Untuk memakai metode yang satu ini, memang memerlukan biaya agar tercapai. Akan tetapi, metode dengan promosi melalui Facebook ADS tergolong cukup efektif untuk diimplementasikan. Jika semakin sering menggunakan bantuan Facebook ADS, nantinya jumlah penonton akan bertambah naik.

Banyak manfaat dari penggunaan metode ini. Tidak hanya jumlah penonton yang naik signifikan tinggi, tetapi kecepatan dan kemudahannya. Hal yang menjadi perhatian adalah menyiapkan konten untuk dipromosikan dan juga biaya promosinya.

4. Mempromosikan di Media Sosial Lainnya

Jangan lupa untuk mempromosikan Live Facebook melalui media sosial lainnya. Ini sangat berguna, sehingga tidak hanya mengandalkan satu media saja untuk melakukan promosinya. Semakin luas melakukan promosi, makan akan semakin banyak orang yang mengetahui akan Live Facebook ini.

Pengguna dapat memanfaatkan platform seperti Instagram, WhatsApp, Twitter, TikTok dan sebagainya. Hal ini cukup efektif jika dilakukan secara berkala. Dengan demikian, dapat mendatangkan penonton yang lebih banyak lagi.

5. Memilih Waktu Live Facebook yang Pas

Memilih waktu yang pas tentunya adalah hal terpenting harus diperhatikan. Kenapa? Dengan memilih waktu yang pas, penonton yang bergabung dalam Live Facebook akan lebih banyak lagi. Waktu yang pas adalah malam hari, karena di jam itu orang menggunakan waktunya untuk bersantai.

Hindarilah melakukan Live Facebook di jam bekerja. Selain itu, pilihlah hari santai, seperti Rabu, Sabtu, atau Minggu dan sekitar jam tujuh malam. Biasanya di waktu inilah orang lebih memiliki waktu luang dibanding hari lainnya.

Nah, itulah cara meningkatkan penonton Live Facebook yang terbukti berhasil. Jika diimplementasikan semua, tentu akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!