7 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Bisa dibilang Xiaomi cukup sukses menjadi penjual ponsel pintar di tanah air, bahkan tercatat pada beberapa waktu lalu ponsel buatan asal tiongkok tersebut mampu bersaing dengan merek ternama seperti Samsung.

Ada banyak alasan mengapa smartphone Xiaomi menjadi banyak yang meminatinya, salah satunya adalah karena harganya yang murah dan juga dengan spek yang cukup menggiurkan.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada saja masalah seperti kamera tidak terhubung yang diakibatkan oleh sistem maupun kesalahan pengguna.

Maka dari itu kali ini kami akan memberikan cara mengatasi kamera tidak terhubung atau “Cannot connect to camera” di ponsel Xiaomi melalui beberapa langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Tidak Terhubung di Xiaomi

1. Restart Smartphone

Silahkan lakukan restart pada semartphone dengan matikan dan hidupkan kembali hp kalian. Mungkin dengan ini dapat membantu mengatasi masalah pada kamera yang sedang error.

Penyebabnyapun sangat sederhana yaitu memori dan RAM yang telah penuh.

Jadi sebelum kalian lakukan hal lain, maka sebaiknya lakukan restart terlebih dahulu tips yang satu ini.

2. Tutup & Buka Kembali Kamera

Solusi selanjutnya juga tidak kalah gampang, silakan buka tutup pada aplikasi kamera yang sedang bermasalah.

Kemudian coba buka kembali aplikasi apakah bisa atau tidak?

Karena kebanyakan masalah seperti ini hanya disebabkan oleh memori dan RAM yang penuh.

Juga bisa disebabkan karena pengguna terlalu sering menggunakan aplikasi kamera, sehingga membuatnya menjadi error karena terlalu keseringan.

3. Cek Bagian Permission

Jika belum berhasil silakan cek pada bagian permissionnya. Besar kemungkinana aplikasi kamera kalian belum aktif atau masih disable untuk beberapa perijinan aplikasi.

Nah jika sudah ketahuan tidak aktif itulah masalah yang telah menghambat kamera kalian tidak terhubung.

Untuk itu saya akan berikan cara mengecek aplikasi kamera kalian yang sedang bermasalah dengan mengetahui permissionnya aktif atau tidak.

Pertama kalian harus buka menu Setelan > Aplikasi terinstal > Kamera > Perizinan apl centang semua saja, atau kalian bisa lihat pengaturannya seperti dibawah ini.

4. Hapus Data Aplikasi Kamera

Langkah terakhir untuk mengatasi kamera yang sulit terhubung bisa dilakukan dengan cara menghapus data aplikasi kamera. Biasanya masalahnya timbul karena file yang corrupt atau akibat bugs.

Jika dengan menghapus data aplikasi kamera akan dapat mengembalikan keposisi default, juga dapat membersihkan semua basis data, cache, dan juga file temporary yang lain.

Berikut cara menghapus data aplikasi kamera yang baik da benar. Pertama kalian buka menu Setelan > pilih Aplikasi terinstal > kemudian pilih Kamera > tap Hapus data > terakhir Hapus semua data.

5. Kembalikan Kamera ke Setelan Bawaaan

Mengembaliakn kamera ke setelan bawaan juga solusi yang dapat memperbaiki masalah kamera yang tidak terhubung.

Mungkin saat kalian menjalankan apliksi kameranya ada kesalahan dalam menyetel atau ada bugs yang menjadi hambatan kamera tidak terhubung.

Untuk itu silakan kembalikan kamera yang bermasalah ke setelan bawaan berikut caranya.

Silakan buka menu Setelan > Aplikasi sistem > pilih Kamera > kemudian pilih Pulihkan setelan bawaan > terakhir klik Oke.

6. Lakukan Flashing

Apabila dengan metode diatas belum juga berhasil, selanjutnya kalian harus mengambil tindakan dengan melakukan flashing pada ponsel kalian.

Tapi jika sebelumnya sudah melakukan factory reset. Sebaiknya dicek saja ketukang servis terhandal.

Atau bisa jadi pada awalnya kalian pernah melakukan Costum ROM, yang telah menyebabkan aplikasi kamera kalian bermasalah, solusinya coba kembalikan sistem dari aplikasi kamera tersebut keversi yang dulu lagi.

Nah jika harus dengan melakukan flashing silahkan siapkan beberapa peralatan yang akan dibutuhkan seperti, firmware/ROM. Tools USB, Software Flashing,dan lainnya.

7. Factory Reset Xiaomi

Langkah terakhir untuk memperbaiki kamera tidak terhubung di Xiaomi adalah dengan cara factory reset.

Mungkin dengan melakukannya akan berakibat pada semua data yang akan terhapus. Tapi setelah selesai melakukan tentunya pengaturan pada sistem tersebut akan kembali ke seperti sediakala.

Baca juga : Cara Mengganti Font Xiaomi Tanpa Root & Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika kalian tidak ingin kehilangan data-data yang penting, silakan backup semua data yang penting ke memori eksternal. Jika sudah setelah selesai melakukan factory reset, setting kembali semuanya dari awal.

Tinggalkan komentar