Bisakah Kartu SIM 4G Telkomsel Digunakan di Jaringan 3G?

AndroidGaul.id – Sudah jamak diketahui bahwa Telkomsel merupakan operator seluler tanah air yang populer. Telkomsel gencar sekali mengajak para penggunanya untuk bermutasi dari jaringan 3G atau generasi ketiga, ke jaringan 4G atau jaringan generasi keempat.

Di dalam kampanyenya, Telkomsel bahkan menggratiskan para pengguna yang akan melakukan penukaran kartu SIM 3G ke kartu SIM yangs sudah mendukung jaringan 4G.

Tak hanya itu, Telkomsel juga menawarkan hadiah yakni tambahan kuota 4G dalam jumlah tertentu. Waktunya adalah satu bulan, dengan biaya murah meriah, Rp 10 ribu saja.

Padahal, tanpa ada iming-iming hadiah semacam itu pun, banyak pengguna yang tetap akan beralih ke jaringan tersebut. Tentu saja karena beberapa alasan utama yang memang menguntungkan.

Semua smartphone saat ini bisa dibilang sudah mendukung jaringan 4G. Selain itu, jaringan ini juga mempunyai kecepatan yang lebih baik dari segi teknisnya.

Akan tetapi, banyak orang yang belum menyadari jika kartu lama yang mereka pakai belum bisa digunakan untuk koneksi 4G.

Alasan lain yang membuat pengguna enggan mengganti kartu adalah karena belum adanya koneksi 4G di daerah tertentu.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pengguna.

Apa Bisa Kartu 4G Telkomsel Digunakan di Jaringan 3G

Pertanyaan itu adalah, bisakah kartu SIM 4G dari Telkomsel ini digunakan untuk akses jaringan 3G?

Berikut ulasan jawabannya untuk Anda!

Sama dengan Kartu Jaringan 3G. Benar sekali, kartu SIM 4G dari Telkomsel tersebut merupakan kartu yang sama dengan kartu jaringan 3G.

Yang membedakannya adalah piranti keras serta lunak kartu yang sudah ditingkatkan. Karena itu, kartu ini dapat dipakai untuk jaringan 3G.

Hal ini tercetus sejak kemunculan teknologi Universal Mobile Telecommunication System (UMTS). Sejak itu, kartu SIM memakai piranti lunak dan kerasnya menggunakan penamaan yang beda atau terpisah.

Dalam pemisahannya, tersebutlah Universal Subscriber Identity Modul (USIM) sebagai perangkat lunaknya. Sedangkan piranti keras ada Universal Integrated Circuit Card (UICC).

Baca juga : Daftar Paket Internet by.U Dari Telkomsel

Teknologi itulah yang dipakai sebagian besar operator seluler, termasuk Telkomsel guna membangun koneksi 3G di tanah air.

Namun demikian, karena jaringan 4G mulai berkembang, maka teknologi itu juga perlu adanya upgrade untuk mendukung koneksi 4G.

Telkomsel adalah salah satu operator yang sudah mengupgrade kedua teknologi itu tanpa menghilangkan dukungannya pada jaringan lama.

Karena itu, kartu sim 4G Telkomsel juga masih mumpuni digunakan untuk konek pada jaringan 2G dan 3G.

Namun, penggunaan ini juga perlu adanya jaringan dari Telkomsel. Maksudnya, pengguna bisa menggunakan jaringan 3G atau 2G selama Telkomsel masih menyediakan jaringan tersebut.

Terkait hal ini, Telkomsel telah mengumumkan bahwa pihak mereka akan mempertahankan jaringan 2G daripada 3G. Untuk kabar sampai kapan pengguna bisa menggunakan jaringan 3G pun belum jelas.

Selama belum ada keterangan pemberhentian jaringan 3G tersebut, Anda masih bisa memakainya jika daerah Anda mendukung jaringan tersebut.

Jadi untuk pengguna ponsel versi lawas yang belum support 4G kalian tidak perlu khawatir, karena sampai saat telkomsel masih akan terus mempertahankan jaringan 3G guna memberikan pelayanan komunikasi yang baik dan nyaman.

Apa Bisa Kuota 4G Telkomsel Digunakan di HP 3G?

Banyak juga yang menanyakan hal tersebut walau sudah pasti jawabannya adalah tidak bisa, karena kuota 4G dan 3G itu merupakan kuota yang berbeda dan jelas juga berbeda untuk jenis jaringannya.

Akan tetapi mungkin kalian masih bisa mengakalinya dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Anonytun atau KPN Tunnel yang sudah pernah kami bahas disini.

Tinggalkan komentar