10 Keluhan Pengguna Xiaomi yang Paling Sering Dialami

Siapa yang tidak kenal dengan Xaiomi? Bahkan smartphone ini disebut-sebut sebagai hp sejuta umat. Memang tidak mengherankan lagi, karena ponsel tersebut dijual dengan murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi dikelasnya.

Saya sendiri juga adalah pengguna Xiaomi, menurut saya hp ini cukup bagus untuk digunakan sehari-hari misalnya kebutuhan untuk bersosial media, WhatsApp dan main game.

Namun bukan berarti tidak ada keluhan pada ponsel tersebut, pengguna sering mengeluhkan Xiaomi miliknya mendapati beberapa masalah yang cukup mengganggu aktifitas terhadap penggunaan smartphone.

Berikut kami sudah rangkum beberapa masalah atau keluhan pengguna Xiaomi yang paling sering dialami.

10 Keluhan Pengguna Xiaomi yang Sering Dialami

1. ROM Abal-Abal

Seperti yang kita tau bahwa ada dua versi penjualan ponsel Xiaomi. Pertama itu yang resmi dari TAM, dan yang kedua adalah distributor yang di import dari cina.

Nah pada versi distri biasanya kebanyakan menggunakan ROM abal-abal. Tentu ROM tersebut sudah di modifikasi oleh distributor sehingga memiliki banyak kekurangan dibandingankan yang resmi.

Apakah ROM kalian juga abal-abal? Khusus pengguna yang membeli secara resmi atau TAM mungkin tidak perlu khawatir. Namun untuk yang membeli versi distri, kalian perlu mengeceknya.

2. Iklan

Setelah ROM abal-abal selanjutnya adalah masalah iklan yang ditampilkan oleh MIUI.

MIUI adalah sistem operasi yang berjalan didalam ponsel Xiaomi pada umumnya. Tentunya masih berbasis Android, hanya saja tampilannya lebih smooth dan simpel untuk dilihat.

Hanya saja kekuarangannya adalah adanya iklan yang cukup sering ditampilkan sehingga membuat sejumlah pengguna terganggu.

Namun kita bisa meminimalisir iklan tersebut atau bahkan menghilangkannya. Beberapa waktu sudah kami buatkan tutorialnya : 6 Cara Menghilangkan Iklan di Xiaomi (Permanen) 100% Ampuh.

3. Jaringan 4G Tidak Muncul

Hampir semua ponsel keluaran Xiaomi sudah support jaringan 4G. Hanya saja masalah yang sering dialami adalah jaringan tersebut kadang tidak muncul.

Namun sebelum itu, pastikan kartu anda sudah aktif dan mendukung 4G. Anda juga bisa mengecek ketersediaan 4G di sekitar rumah untuk lebih yakin.

Cara paling ampuh untuk tetap membuat 4G tampil adalah dengan menggunakan kode dial *#*#4636#*#* lalu pilih pada bagian Informasi telepon dan set menjadi LTE Only.

4. Xiaomi Garansi Distri

Banyak ponsel Xiaomi yang beredar di pasaran dengan embel-embel garansi distri dan lebih murah.

Mengapa bisa lebih murah daripada yang resmi?

Seperti yang sudah kami singgung diatas, garansi distri langsung diambil dari negara asal dan dibuat di cina. Jadi akan lebih murah saat datang ke indonesia, karena tidak lewat distributor resmi seperti TAM.

Baca : Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi TAM atau Tidak dengan Nomor IMEI

Saat membeli versi distri haruslah berhati-hati, karena jika kurang beruntung kita akan mendapatkan Xiaomi dengan rom abal-abal dan juga tanpa play store.

Belum lagi untuk masa garansi biasanya lebih sebentar dari yang resmi. Kalau yang resmi TAM bisa sampai 2 tahun, namun distri biasanya hanya garansi dari toko 1 bulan.

5. Masalah Baterai Non-Removable

Banyak orang mengeluh terhadap baterai yang digunakan oleh Xiaomi karena tidak bisa dicopot dengan mudah atau removable.

Padahal teknologi saat ini sudah kebanyakan menggunakan jenis baterai tersebut karena dinilai lebih awet dan juga lebih tahan lama dalam urusan masa pakai.

Jika baterai drop atau kembung gimana?

Tenang saja, kita tetap bisa mengganti baterai tanam lalu gantikan dengan membeli baru.

6. Hp Lemot

Mengapa hp Xiaomi jika terus menerus digunakan akan terasa lemot?

Lemot disini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti terlalu banyak menginstal aplikasi, penyimpanan internal penuh hingga file cache yang menumpuk.

Meskipun sudah ada fitur pembersih bawaan dari Xiaomi, namun tidak menutup kemungkinan masih ada file-file sisa aplikasi yang belum terhapus secara bersih.

Solusinya kalian bisa lakukan restart pada ponsel, atau gunakan aplikasi pembersih sampah yang ampuh.

7. Suara Noise Saat Menggunakan Headset

Saya sendiri memiliki hp Xiaomi yang jika fitur perekaman suaranya digunakan dengan headset, maka suara tersebut tidak akan jelas baik saat merekam maupun nelpon.

Masalah ini saya rasa ada pada tipe ponsel yang saya punya adalah garansi distributor dan menggunakan ROM abal-abal.

Pasalnya saya juga menggunakan Redmi Note 7 yang dibeli secara resmi, namun saya tidak menemukan masalah pada suara saat menggunakan headset.

8. Error Pada Kamera

Beberapa pengguna Xiaomi juga mengeluhkan bahwa kameranya sering bermasalah seperti tidak bisa membuka ataupun keluar sendiri.

Namun masalah tersebut masih bisa diatasi misalnya dengan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

Masalah ini jarang dialami, hanya terjadi pada beberapa perangkat xiaomi saja dan untuk hp Xiaomi keluaran baru seperti sudah tidak ditemukan masalah tersebut.

9. Tidak Ada Play Store

Saat membeli hp Xiaomi dan tidak mendapati Play Store didalamnya, berarti smartphone yang anda beli adalah versi distri.

Versi distri adalah cina version yang kadang hanya diubah ROM nya saja sehingga support bahasa indonesia dan dijual dipasaran lokal.

Namun jika hanya masalah play store sangatlah gampang untuk mengatasinya, sudah banyak tutorial cara pasang play store di xiaomi.

10. Lag Pada Rekaman Video dan Suara

Masalah selanjutnya dan hanya segelintir dialami oleh orang adalah lag pada rekaman kamera video dan suaranya.

Hal itu wajar, karena masalah ada pada ROM yang digunakan dan kadang memang pihak developer belum selesai memperbaikinya.

Solusinya adalah pastikan setiap ada Update MIUI yang diberikan, anda selalu melakukan update ke sistem versi terbaru untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Itulah rangkuman beberapa keluhan pengguna Xiaomi yang paling sering dialami. Apakah anda mengalami salah satu dari masalah diatas pada Xiaomi anda?

Tinggalkan komentar