12 Masalah Hp Oppo & Cara Mengatasinya (Lengkap) untuk Semua Tipe

Smartphone yang satu ini tentunya tak kalah keren loh, dari segi bentuk nya yang mungil, tentunya dapat memikat para penggunna ponsel mulai dari remaja hingga kaum emak-emak semuanya suka.

Karena smartphone ini mempunyai kamera yang bagus buat selfie, apalagi para kaum wanita yang suka jepret sana-sini.

Mulai dari Hp Oppo F1S sampai ke F3S yang akan menemani kalian kemana saja untuk mengabadikan moment-moment indah setiap harinya.

Meskipun sudah diminati banyak orang, dan termasuk produk unggulan. Ada juga masalah yang akan kalian temukan nantinya. Namuan bagi pengguna yang “hoki”, kadanag satu tahunpun menggunakannya tetap saja berjalan lancar.

Intinya jika kalian ingin hp yang awet, pandai-pandailah menjaganya. Seperti pada bagian baterai biasanya yang selalu menjadi masalah utama, tak lupa juga pada sampah yang banyak bersarang di hp juga dapat menjadi masalah yang serius.

Masalah Hp Oppo dan Cara Mengatasinya

1. Memori Tidak Cukup Saat Instal Aplikasi

Masalah ini biasanya muncul tanpa di duga. Dan bisanya membuat kita kecewa, memori penuh bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan yang tidak dapat lagi menyimpan aplikasi kalian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa menghapus sebagian aplikasi yang tak terlalu penting, atau pindahkan saja sebagian aplikasi di memori internal ke memori eksternal.

2. Smartphone Oppo Mati Sendiri

Menurut kalian hp oppo yang mati sendiri merupakan masalah yang aneh bukan? Justru kalian akan mengeluh jika menemukan masalah yang super serius.

Besar kemungkinan ini bisa timbul karena kecerobohan kalian sendiri karena tidak berhati-hati dalam merawatnya.

Masalah yang timbul sangat berbeda-beda, biasanya disebabkan daya baterai yang lemah atau banyak nya sampah yang menumpuk dan juga memori yang penuh.

Pandai pandailah merawat smartphone kalian dengan perawatan ini, pertama selalu bersihkan sampah yang bersarang di android kalian, lakukan boost pada RAM bisa juga menggunakan flashing.

Jangan lupa untuk merestart hp oppo kalian 1×24 jam agar performanya tetap dalam keadaan yang bagus.

3. Notifikasi Oppo Tidak Muncul

Masalah ini tidak terlalu beresiko pada hp kalian, karena masalah ini hanya terjadi pada sebagian aplikasi seperti Messenger, Line, Instagram, WhatsApp, Facebook dan media sosial lainya.

Padahal lampu notifikasi sudah kita nyalakan. Jika hal itu terjadi, silakan simak tutorial dibawah ini.

  • Pertama kalian masuk ke Pengaturan / Setting
  • Klik tombol Security > Permission > Autostart > Enable > aplikasi apa yang tidak muncul notifikasi
  • Tetap di Setting > kita masuk ke menu notifikasi / pemberitahuan > kemudian tap kelola notifikasi > buka aplikasi apa yang tidak muncul notifikasi > selanjutnya pilih enable allow notifikasi.
  • Centang show floating notifikasi supaya aplikasi kalian bisa muncul saat menerina pesan masuk.

4. Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Masalah ini sering kita temui didalam smartphone apapun termasuk oppo. Biasanya aplikasi yang berhenti akan muncul pemberitauan seperti “sayangnya aplikasi telah berhenti” (force closed).

Tenang saja, dimana ada masalah di situlah kita dapat menemukan solusinya.

Biasanaya kebanyakan para pengguna ponsel termasuk oppo, mengeluh dan bertanya kenapa bisa terjadi hal itu?

Hal ini terjadi karena banyaknya file sampah yang banyak, virus yang tersebar ke berbagai bagian ponsel, dan disebabkan aplikasi yang kalian instal tidak compatible.

Buat kalian yang punya masalah seperti ini tidak perlu ganti ponsel atau berputus asa.

Hapus Data

Disini kami telah menyediakan cara mengatasi aplikasi yang telah berhenti. Cukup bersihkan sampah yang berada di ponsel, juga data aplikasi yang telah terhenti.

5. Oppo Launcher Telah Berhenti

Oppo Launcher merupakan tampilan ponsel atau tema, jika aplikasi ini terhenti otomatis akan berakibat pada tampilan yang lainnya tidak akan bisa melakukan aktifitas multitasking.

Cara mengatasinya kalian bisa menggunakan wipedata / hard reset melalui ColorOS Recover.

Berikut cara lengkap mengatasi oppo launcher telah terhenti.

  • Matikan ponsel kalian lalu tekan dan tahan tombol “Power + Volume Down”, secara bersamaan sampai muncul menu ColorOS Recovery Mode.
  • Untuk pilihan Bahasa silahkan pilih English.
  • Lakukan hard reset, pilih “Wipe Data”. Konfirmasi dengan mengklik tombol “Yes”.

Proses akan berlangsung, silakan tunggu hard reset sampai selesai. Setelah selesai reboot ponsel kalian.

6. Tidak Cukup Ruang Saat Download Aplikasi

Mendownload aplikasi merupakan aktifitas yang selalu kita lakukan, apalagi aplikasi yang sangat penting. Setelah sampai separuh hasil download kita tiba-tiba muncul notifikasi ruang penyimpanan penuh.

Hapus aplikasi

Tidak cukup ruang saat download disebabkan ruang penyimpanan ponsel kalian penuh.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menghapus sebagian aplikasi yang tidak terlalu penting.

Berikut cara menghapus aplikasi di Oppo.

Buka Pengaturan > Setelan tambahan > manajemen aplikasi > kemudian cari aplikasi yang maudihapus > tap hapus instalasi.

7. Booting Berhenti di Logo Oppo (Bootloop)

Booting merupakan tampilan pertama pada saat menghidupkan ponsel Oppo. Banyak yang mengalami hanya berhenti di logo oppo saja yang artinya hp tersebut mengalami Bootloop.

Lalu apa solusinya? Kalian bisa mengatasinya dengan cara hard reset atau factory reset.

Jika dengan cara ini tidak berhasil, kalian bisa menggunakan flashing dengan menggunakan stock rom atau firmware sesuai tipe oppo yang kalian miliki.

8. Oppo Proses Android Telah Berhenti

Oppo proses android berhenti sering kali kita alami. Masalah ini hampir sama dengan ulasan yang ada diatas.

Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan seperti membersihkan cache, restart, hard reset atau bisa juga flashing. Terakhir yang dapat kalian lalukan ialah membersihkan file sampah dan data aplikasi.

Berikut langkah langkahnya.

  • Pertama kalian buka menu Pengaturan > Setelan tambahan > Manajemen aplikasi > cari Download > kemudian tap > Paksa berhenti > Hapus data.
  • Selanjutnya masih membuka menu Pengaturan > Setelan tambahan > Manajemen aplikasi > cari Music Player > Paksa berhenti > Hapus data.
  • Terakhir, buka menu Pengaturan > Setelan tambahan > Manajemen aplikasi > cari Media storage > tap Paksa berhenti > Hapus data.

9. Tidak Bisa Rekam Layar

Biasanya masalah ini terjadi pada saat kita ingin merekam aktifitas layar baik di sosial media ataupun saat main game PUBG, Mobile Legends, AOV dan lainnya.

Aplikasi perekam biasanya akan berhenti sendiri dan stuck. Lalu muncul tulisan “aplikasi tidak didukung”.

Itu bisa jadi disebabkan karena RAM hp yang kalian miliki terlalu kecil, mengingat game PUBG memiliki size besar dan juga grafik yang bagus, maka membutuhkan prosesor dan juga ram yang besar.

Minimal membutuhkan RAM 4 GB dan juga Snapdragon 636 agar bisa merekam layar dan bermain dengan lancar.

10. Kamera Tidak Jernih

Ini mungkin sering dialami oleh pengguna lama yang mulai tidak puas dengan hasil kamera oppo makin lama makin buram atau tidak jernih seperti dulu pertama membeli.

Belum lagi banyak yang mengeluh kalau kamera depannya sudah tidak jernih dan pada bagian kamera belakang tidak bisa fokus lagi seperti saat pertama membeli.

Masalah kamera bisa disebabkan baik oleh sistem dan juga oleh pengguna sendiri, bisa saja kamera buram lantaran lensa yang terdapat pada bagian belakang hp terkena debu atau embun.

Atau memang pada versi update ColorOS di Oppo yang kalian gunakan memiliki bug pada kamera sehingga di versi baru mungkin lebih buram dan tidak jernih seperti saat awal.

Solusinya, kita bisa lakukan downgrade sistem atau bisa coba dengan lakukan hard reset dulu. Atau kalian juga bisa coba aplikasi pihak ketiga, untuk aplikasi khusus selfie cantik bisa kalian LIHAT DISINI.

11. Tidak Bisa Buka Aplikasi Browser Bawaan

Browser bawaan tentu sangat penting bagi kita untuk mencari informasi di internet. Namun pada sebagian pengguna Oppo kadang mengeluh tidak bisa membuka browser bawaan tersebut.

Solusinya kalian bisa menghapus data + cache pada aplikasi browser bawaaan. Pengaturan ini ada pada Pengaturan > Pengaturan lanjutan > Manajemen Aplikasi > Lalu cari Browser lalu pilih Hapus data dan Cache.

12. WiFi Error

Wifi error pada Oppo biasanya terjadi pada saat kita ingin mengkoneksikan hp ke wifi publik misalnya Wifi id (voucher) yang membutuhkan autentikasi, terkadang tidak dialihkan ke halaman login.

Perangkat jadi stuck meskipun mau membuka link apa saja. Karena tidak bisa login atau masuk, maka perangkat tidak bisa mengakses internet dan melakukan apapun di browser tersebut.

Solusinya kalian bisa coba bersihkan sampah menggunakan aplikasi pihak ketigak seperti CCleaner, lalu restart hp kalian dan silakan coba koneksikan kembali.

Kalau belum bisa juga, coba masuk ke Wifi lalu forgot atau lupakan wifi yang mau disambungkan terlebih dahulu, lalu koneksikan kembali.

Semua cara diatas dapat kalian terapkan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO F3, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, OPPO Neo 7, OPPO R7s, OPPO R7 Lite, OPPO R5s, OPPO Mirror 5s, OPPO Mirror 5, OPPO Joy 3, OPPO R7 Plus, OPPO Neo 5 2015, OPPO Neo 5s, OPPO Find X, OPPO Mirror 3, OPPO Joy Plus, OPPO Find 5 Mini, OPPO Yoyo, OPPO N3, OPPO N1 Mini, OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3 Plus, OPPO F9, OPPO F9 Plus, dan Hp OPPO lainnya.

Nah, kalau kalian mengalami masalah pada hp OPPO kalian, silakan tanyakan di kolom komentar dan sebisnya kami akan bantu.

Tinggalkan komentar