Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD di Hp Vivo

Apakah bisa memindahkan penyimpanan Vivo dari internal ke eksternal (kartu sd) untuk aplikasi? Bisa saja, karena terdapat pengaturan dimana pengguna bisa mengalokasikan aplikasi yang terinstal untuk terpasang di kartu sd.

Bicara penyimpanan internal atau memori telepon mungkin untuk smartphone masa kini sudah mempunya storage yang besar seperti 32GB, 64GB, dan bahkan ada yang sampai 128GB.

Untuk ukuran smartphone mungkin ruang tersebut sudah cukup besar, namun beda ceritanya kalau kita isi dengan aplikasi atau game yang memakan storage cukup banyak.

Apalagi dengan hasil foto yang dihasilkan hp Vivo biasanya berukuran besar karena kualitasnya yang bagus.

Hasilnyapun saat penyimpanan hampir penuh, kita harus menghapus beberapa aplikasi atau file yang tidak penting.

Namun masih ada solusi lain yaitu memindahkan aplikasi ke sd card sehingga memori internal akan kembali lega. Mau tau caranya? Simak dibawah ini.

Cara Mengatur Penyimpanan Aplikasi ke Kartu SD Vivo

Terlebih dahulu pastikan kartu sd anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan aplikasi atau game yang ingin dipindahkan.

Kami sarankan gunakan yang berkapasitas besar seperti 16GB ataupun 32GB agar lebih banyak lagi.

  1. Pertama masuk ke Pengaturan di ponsel Vivo anda.
  2. Pilih menu Penyimpanan, lalu pilih menu Kartu SD.
  3. Pilih ikon tiga titik yang ada pada pojok kanan atas layar, kemudian pilih opsi Pengaturan.
  4. Setelah itu pilih opsi “Format sebagai internal”, lalu anda bisa memilih “Hapus & Format”.
  5. Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka sekarang kartu sd akan menjadi tempat penyimpanan default.
  6. Langkah terakhir anda bisa melakukan reboot (matikan lalu hidupkan ponsel) hp Vivo anda untuk menerapkan setting tadi.

Saat hp Vivo selesai di restart maka sekarang penyimpanan default seperti aplikasi yang di instal maupun game akan otomatis disimpan ke sd card.

Dengan cara ini tentu ruang penyimpanan pada internal hp akan tetap lega dan kalian tidak perlu khawatir penuh.

Tips! : Untuk beberapa aplikasi atau game yang membutuhkan performa cepat sebaiknya tetap anda simpan di memori internal. Contohnya seperti game online yang memerlukan render dan proses yang cepat.

Sebenarnya ada lagi cara yang bisa anda lakukan untuk memindahkan aplikasi di memori internal ke kartu sd di hp Vivo, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Info Hp VIVO Terbaru : (LENGKAP) Daftar Harga Hp Vivo Semua Tipe Terbaru

Hanya saja untuk dapat menggunakannya anda perlu melakukan root terhadap perangkat Vivo. Seperti yang kita tau bahwa resiko gagal root adalah bootloop dan bahkan kerusakan lainnya yang tidak terduga.

Bagaimana Cara Sembunyikan Aplikasi atau Game di Hp Vivo?

Setelah berhasil dipindahkan ke kartu sd mungkin anda tidak ingin aplikasi tersebut dilihat oleh orang lain dan bahkan dimainkan anak-anak.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Ketuk menu bezel atau tepi paling kiri pada Homescreen di Vivo anda.
  2. Setelah muncul menu dari dari bawah keatas, pilih Hide Icon.
  3. Selanjutnya akan diminta kode pin yang biasa anda gunakan untuk membuka perangkat.
  4. Pilih aplikasi yang ingin anda sembunyikan lalu tambahkan ke menu Hide Icon.
  5. Jika sudah selesai memilih, lalu anda pilih Encryption Settings.
  6. Pada menu Encryption Settings ini anda akan diminta untuk memasukkan PIN. PIN tersebut berguna saat nanti anda ingin melihat aplikasi yang disembunyikan.
  7. Jika langkah diatas sudah dilakukan semuanya, kini aplikasi tersebut akan hilang dari Homescreen dan hanya anda yang bisa membukanya.

Bagaimana cara melihat aplikasi yang disembunyikan? Caranya mudah, anda hanya perlu masuk ke Hide Icon lalu masukkan PIN yang sudah anda buat diatas.

Tinggalkan komentar