Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di Android

Android memang memiliki tempat penyimpanan yang cukup besar bila kita gabungkan semuanya antara memori internal dan eksternal. Bahkan ada gadget yang bisa menampung file hingga 32gb lebih.

Namun hanya sebagian perangkat yang dapat melakukan itu semua terutama hp kelas medium ke atas semua rata-rata sudah disisipkan memori internal yang cukup besar antara 4GB hingga 16GB lebih.

Tetu memiliki gadget mahal akan sangat menyenangkan, namun bagi kita kaum bawah pasti masih pikir-pikir dulu bila akan mengeluarkan uang hanya untuk membeli sebuah gadget, terutama hanya ingin chating, telpon dan sms saja.

Maka solusinya ialah kita membeli perangkat Android menengah kebawah atau yang biasa di sebut low end.

Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa perangkat yang memilii spek pas-pasan cenderung memiliki banyak masalah seperti notif tidak cukup ruang pada perangkat alias memori kita selalu terdeteksi penuh, padahal semua aplikasi sudah di hapus dan ditaruh ke memori eksternal.

Nah untuk cara mengatasi memori yang penuh tersebut anda dapat melakukan beberapa tips yang akan saya sampaikan berikut ini.

Namun sebelumnya kita harus tau apa yang menyebabkan masalah tidak cukup ruang penyimpanan.

Dan tentu hal ini dapat di terapakan pada semua perangkat seperti Advan, Asus Zenfone, Samsung Galaxy, Oppo, Xiaomi, Sony Xperia, Acer, dan Android lainnya.

Penyebab Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di Android

  1. Ruang penyimpanan penuh, biasanya hal ini teradi pada memori internal hp karena setiap aplikasi yang kita install otomatis akan disimpan ke memori internal jika kita tidak mengatur sebelumnya.
  2. Cache menumpuk, cache memang sudah biasa selalu menjadi masalah pada saat android error. Karena file cache memang merupakan file tidak perlu dimana file ini masih disimpan oleh aplikasi di hp kita untuk digunakannya kembali nanti.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di Android

Nah solusinya untuk bisa mengatasi masalah tersebut silahkan simak tips berikut ini.

Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Saat keasikan mengunduh atau meminta file dan aplikasi ke teman, pastinya kita tidak akan sadar lambat laun penyimpanan pada smartphone akan cepat penuh.

Solusinya tidak lain kita harus menghapus file lain yang sudah tidak begitu penting. Terutama file video dan game yang memang memiliki size besar pada umumnya.

Gunakan Kartu SD / Memori Card

Meskipun penyimpanan ponsel anda besar misalnya 64 GB hingga 128 GB, tetap saja akan penuh saat ada begitu banyak aplikasi dan game yang kalian instal.

Apalagi saat merekam video smartphone jaman sekarang sudah memiliki kualitas yang bagus. Dan rata-rata file mp4 yang dihasilkan sangat besar sehingga menyita cukup banyak memori.

Kami sarankan kalian agar menggunakan kartu sd untuk penyimpanan foto dan video. Selain untuk menambah memori, cara ini bisa juga untuk jaga-jaga apabila suatu saat perangkat error dan harus di format.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Card

Pastikan kalian memiliki ruang yang cukup pada Kartu SD untuk memindahkan setiap aplikasi yang kalian pasang dari Google Play Store.

Agar ruang pada intenal kita lebih lega, dan hal ini juga dapat membantu kinerja android menjadi tidak lemot.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Card

Untuk melakukannya silahkan masuk ke pengaturan > aplikasi > lalu silahkan cari aplikasi yang ingin di pindah.

Bersihkan cache

Untuk membersihkan cache kalian dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi pembersih seperti ccleaner, SDMaid (root), Clean Master dan masih banyak lagi.

Atau bisa juga dengan cara manual masuk ke Pengaturan aplikasi dan silahkan di lihat disitu akan ada clear cache.

Jika kalian tidak mau ribet dan pengen yang praktis juga otomatis, silakan gunakan aplikasi pembersih sampah untuk Android.

Baca JugaCara Merubah Ukuran Font Tulisan di HP Android

Hal ini dapat membantu juga untuk mengatasi lemot di android yang dikarenakan aplikasi menumpuk terlalu banyak di memori.

Oleh karena itulah cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat android ini saya bagikan. Semoga dapat membantu permasalahan kalian, untuk aplikasinya bisa kalian dapatkan di Play Store.