10 Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu SD di Semua HP Android

Bagaimana cara menyimpan hasil download ke kartu SD di Android? Seperti yang kita tau bahwa kebanyakan smartphone keluaran terbaru sudah tidak bisa memindahkan aplikasi maupun data ke kartu memori seperti misalnya Xiaomi.

Karena dinilai performa aplikasi akan lebih baik saat terinstal di penyimpanan internal dibandingkan pada saat terpasang di eksternal.

Dan tentu itu akan jadi masalah bagi pengguna yang memiliki ruang penyimpanan terbatas pada internal mereka.

Namun tenang saja, karena masih ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan seperti memindahkan hasil download ke kartu sd untuk mengurangi beban pada memori internal telepon.

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu SD

1. Menggunakan File Manager

Setiap smartphone Android telah dibekali dengan aplikasi pengelola berkas bawaan yang biasanya disebut dengan file manager.

Nah, pada aplikasi ini kita bisa mengatur semua berkas mulai dari menyalin, memindah, mengubah nama folder dan bahkan mengedit file.

Juga bisa kita akali untuk memindahkan file hasil download ke kartu sd. Kalian tinggal pergi ke lokasi penyimpanan hasil unduh biasanya ada di Penyimpanan Internal > Download lalu pindahkan file hasil unduhan.

2. Menggunakan File Manager Pihak Ketiga

Terkadang memang aplikasi file manager dinilai kurang lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi pengelola file pihak ketiga yang memiliki fitur lebih banyak.

Kamu bisa menggunakan EZ File Explorer untuk memindahkan data yang ada pada memori telepon ke sd card.

Jika tidak puas dengan fitur yang dimilikinya, kamu juga bisa memilih aplikasi lain sejenisnya yang sudah pernah kita posting pada => 15 Aplikasi File Manager (Pengelola Berkas) Terbaik untuk Android.

3. Menggunakan PC/Laptop

Cara ketiga untuk menyimpan hasil download ke kartu sd bisa dengan bantuan PC atau laptop.

Tinggal colokkan saja hp ke laptop dengan bantuan kabel data, lalu akan terdeteksi secara otomatis penyimpanan internal dan kartu sd yang kalian gunakan.

Setelah itu kalian bisa memindahkan file apa saja yang ada pada memori telepon ke memori card.

4. Setting pada Pengaturan HP

Di pengaturan hp juga biasanya sudah ada setting untuk mengatur tempat penyimpanan download agar masuk ke kartu sd.

Pengalaman saat saya menggunakan hp Zenfone juga terdapat pengaturan dimana kita bisa menentukan sendiri lokasi penginstalan aplikasi mau ditaruh di memori internal maupun eksternal.

5. Penyimpanan untuk Xiaomi

Di Xiaomi kita juga bisa menyimpan file hasil download agar langsung tersimpan ke kartu sd secara otomatis. Tidak hanya itu saja, namun hasil download dari play store juga kabarnya bisa.

Untuk mengaturnya kamu hanya perlu pergi ke pengaturan unduhan, lalu cari lokasi penyimpanan dan ubah ke kartu sd.

6. Advanced Download Manager

Cara selanjutnya kamu juga bisa menyimpan hasil download langsung ke kartu sd dengan bantuan aplikasi yang bernama Advanced Download Manager.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan aplikasi ini, salah satunya adalah dapat mengunduh file banyak secara bersamaan.

Ibarat aplikasi download manager, aplikasi ini mirip dengan IDM di PC. Hanya saja ini adalah versi untuk Android.

7. Pengaturan Browser

Selain dengan berbagai cara diatas, kita juga bisa langsung mengatur alokasi penyimpanan hasil unduhan pada aplikasi browser bawaan ponsel.

Namun hanya beberapa ponsel saja yang bisa melakukannya, kalian tinggal cari saja di pengaturan browser lalu cari lokasi unduhan dan jika bisa silakan diubah ke kartu sd.

8. Pada YouTube GO

Bagaimana cara menyimpan video hasil download di YouTube GO agar masuk ke kartu sd?

Untuk mengatur kartu sd sebagai penyimpanan video hasil download youtube go sangat gampang, sebab didalam aplikasi tersebut sudah ada fitur pengaturan penyimpanan.

YouTube GO

Kamu tinggal masuk ke aplikasi youtube go, lalu klik profil / akun lalu pilih penyimpanan video > dan pilih kartu sd.

Bagaimana cara menyimpan video download youtube go ke galeri? Caranya juga sangat mudah, dan sudah pernah kita share DISINI.

9. Pengaturan pada HP LG

Untuk kamu yang memiliki HP LG, juga bisa menyimpan hasil download ke kartu sd lewat pengaturan yang sudah tersedia didalam hp tersebut.

Hal ini akan sangat membantu saat kamu mengunduh file yang cukup besar, mengingat penyimpanan telepon pada LG terbilang sedikit, jadi solusinya adalah memindah file hasil unduh ke kartu sd.

10. Alokasi Penyimpanan Unduhan pada Browser Xiaomi

Pada browser Xiaomi juga sudah disediakan pengaturan dimana pengguna bisa menyetel sendiri file hasil unduhan akan disimpan ke kartu sd atau ke internal.

Pengaturan ini dapat kalian temukan dengan cara masuk ke browser Xiaomi lalu pilih Setelan > Lanjutan > Lokasi unduhan. Lalu ubah ke kartu sd.

Untuk lebih lengkapnya soal pengaturan ini, kalian bisa melihatnya pada postingan berikut : Cara Menyimpan Hasil Download di Xiaomi ke Kartu SD.

Itu dia beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menyimpan hasil download ke kartu sd supaya penyimpanan internal tidak cepat penuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar