Cara Ngecas Headset Bluetooth yang Benar dengan 5 Langkah ini

Memiliki perangkat aksesoris komunikasi seperti headset akan sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Ada beberapa jenis headset yang beredar di pasaran. Dan yang sedang sangat populer saat ini adalah Headset Bluetooth.

Namun ada yang belum mengetahui cara mengecas headset bluetooth sehingga menjadikan perangkat ini menjadi mudah rusak.

Proses pengisian daya pada headset bluetooth diperlukan karena headset ini membutuhkan energi yang diperoleh dari baterai.

Meskipun baterai headset bluetooth memiliki kapasitas sangat tinggi namun tetap harus dilakukan pengisian daya.

Tahapan cara mengecas headset bluetooth adalah sebagai berikut ini:

Cara Ngecas Headset Bluetooth yang Benar

1. Mencari Port Charger Pada Headset

Ketika headset sudah kehabisan baterai secara otomatis maka headset bluetooth tidak akan lagi bisa digunakan. Berbeda dengan headset kabel yang menjadi pendahulu dari kemunculan headset non-kabel ini.

Yang telah beredar di pasaran memang ada beberapa jenis headset bluetooth yang bisa dijumpai.

Namun secara umum adalah headset bluetooth besar dan headset bluetooth mini. Dari segi tampilan sudah bisa dikenali secara pasti kategori dari aksesoris ini.

Headset ada yang diproduksi menurut jenis merknya, dan ada pula yang bisa digunakan untuk multi merk.

Namun pada umumnya semua jenis headset ini memiliki persamaan yaitu keberadaan port atau colokas cas di sebelah telinga kiri. Langkah pertama ketika hendak melakukan pengecasan adalah dengan mencari port cas terlebih dahulu.

2. Menghubungkan Dengan USB

Setelah dijumpai port colokan, kemudian bisa di hubungkan dengan kabel USB. Ujung yang kecil dari kabel USB dimasukkan ke dalam port di headset bluetooth sebelah kiri.

Proses pengecasan menjadi penting untuk bisa memastikan daya headset masih mencukupi untuk melakukan banyak aktivitas.

Kelebihan dari headset ini adalah lebih ringkas, memberikan ruang yang lebih bebas, dan memiliki jangkauan sambungan sangat tinggi. Bergantung dari jenis headset bluetooth yang dipilih.

Namun umumnya maksimal jangkauan headsed dari perangkat bluetooth yang tersambung adalah 10 sampai dengan 100 meter.

3. Sambungkan Dengan Daya Listrik

Proses penghubungan jeadset bluetooth dengan arus listrik bisa digunakan dengan menyambungkan kepada kepala charger hp. Atau juga bisa di hubungkan dengan komputer atau pun laptop.

Ujung kabel yang besar adalah yang digunakan untuk menyambungkan ke sumber arus listrik.

Harga dari headset ini menjadi sangat beragam meskipun proses pengecasannya tidak ada yang berbeda satu dengan lainnya.

Mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan, headset bluetooth menawarkan kecanggihannya menggantikan headset kabel.

4. Menunggu Proses Selesai

Proses pengisian daya baterai berlangsung selama kurang lebih satu sampai dengan dua jam. Pada proses pengisian daya ini tidak perlu ada perlakuan khusus pada headset.

Cukup dengan meletakkan dan menunggu sampai dengan pengisian daya telah selesai dengan sempurna.

Pengisian yang cukup sampai daya terisi penuh dapat membuat kinerja headsed bluetooth lebih tahan lama. Headset ini bisa bertahan berhari-hari dengan pemakaian yang normal.

5. Memastikan Proses Pengecasan Telah Selesai Dengan Lampu Indikator

Setelah batasan waktu satu sampai dua jam telah selesai. Maka jangan terburu-buru melepaskan koneksi listrik dari headset. Namun perlu untuk memastikan apakah daya baterai telah terisi penuh atau belum.

Caranya yaitu dengan melihat lampu indikator pada headset. Bila baterai belum sempurna terisi penuh lampu indikator berwarna merah.

Namun bila sudah 100% terisi penuh akan berubah warna menjadi hijau. Itu sekaligus menandakan bahwa cara mengecas headset bluetooth telah selesai.

Headset bluetooth yang memiliki daya yang mumpuni bisa terus digunakan dalam membantu proses telekomunikasi atau sebagai penunjang hiburan. seperti pada kegiatan mendengarkan musik dan bermain video game.

Khusus Pengguna Samsung, Begini Ciri-Ciri Headset Samsung Original dan Cara Membedakan yang Asli dan Palsu.

Fungsi dari headset bluetooth agaknya sudah berpindah dari aksesoris menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar