Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

7 Penyebab Hp Panas dan Boros Baterai Serta Tips Ampuh Mengatasinya

2 min read

AndroidGaul.id – Apa saja penyebab hp panas dan boros baterai lalu bagaimana cara mengatasinya? Kebanyakan pengguna smartphone mengeluhkan hal tersebut, terutama buat yang suka bermain game lama-lama pasti merasakan suhu panas yang biasanya timbul pada bagian belakang body.

Penyebab Hp Panas dan Boros Baterai Serta Tips Ampuh Mengatasinya

Namun ternyata ada juga smartphone yang boros baterai dan panas dari bawaan pabrik. Entah itu masalahnya ada pada komponen atau software yang tidak stabil.

Namun jangan khawatir karena disini kami memiliki beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hp panas dan baterai boros.

1. Bermain Game yang Memakan Data

Mungkin diantara kalian ada yang suka banget main game sampai berjam-jam? Apalagi seperti PUBG Mobile yang mana membutuhkan grafik tinggi dan juga paket data yang akitf.

Tidak hanya game PUBG saja yang dapat membuat hp panas saat bermain. Namun seperti game moba yaitu Mobile Legends, AOV dan juga beberapa game offline 3D.

Solusinya adalah jangan bermain game online terlalu lama yang dapat mengakibatkan baterai boros dan hp jadi panas. Tips selanjutnya gunakan koneksi wifi agar bisa meminimalisir panas pada hp.

2. Aplikasi Boros Baterai

Aplikasi juga bisa menyebabkan baterai jadi boros dan akibatnya hp menjadi panas. Tidak harus aplikasi yang selalu kalian sering buka, namun terkadang juga ada aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang memakan daya baterai banyak, kalian bisa masuk ke Setelan > Baterai > Konsumsi daya

Disitu akan kelihatan semua aplikasi yang paling banyak memakan daya baterai mulai dari atas hingga bawah. Dan diatas menandakan aplikasi yang paling boros baterai.

3. Kontras Layar Terlalu Cerah

Penyebab baterai yang sering kita temui pasti adalah kecerahan layar, lihat saja pada konsumsi baterai yang banyak menggunakan bukankah layar juga termasuk?

Tentu saja, karena layar adalah tempat dimana kita melakukan aktivitas browsing, gaming, sosmed dan lainnya. Maka bisa dipastikan layar paling banyak menggunakan konsumsi daya.

4. ROM Tidak Stabil

ROM atau firmware yang tidak stabil dapat menyebabkan error pada sistem dimana biasanya dampaknya adalah membuat baterai menjadi panas dan bagian body hp juga ikut panas yang berasal dari mesin.

Hal ini saya alami sendiri pada Asus Zenfone C, meskipun update firmware ke versi baru tetap saja panasnya kadang timbul.

Solusinya adalah menggunakan ROM alternatif lain seperti AOSP yang lebih ringan, atau Custom ROM yang sudah di modif sehingga hemat daya.

5. Widget yang Memakan Daya

Widget juga bisa jadi salah satu penyebab baterai boros seperti cuaca, jam, dan lainnya. Apalagi jika kalian menggunakan widget animasi seperti kartun untuk mempercantik tampilan Android kalian.

Hilangkan atau buang widget yang tidak perlu sehingga hanya menyisakan yang penting-penting saja. Untuk menghilangkannya anda bisa langsung menarik widget ke icon tong sampah pada layar.

6. Mode Power Saving Tidak Diaktifkan

Power Saving adalah mode penghemat baterai dimana mode ini akan membatasi penggunaan daya pada aplikasi. Seperti pada MIUI di Xiaomi, jika mode ini di aktifkan maka seluruh aktivitas seperti bermain game akan menjadi agak lag.

Aktifkan power saving mode untuk menghemat daya agar baterai lebih irit. Atau jika belum puas dengan penghemat baterai bawaan hp Android kalian, silahkan gunakan aplikasi penghemat baterai pihak ketiga.

7. Baterai Panas Karena Paket Data Aktif

Paket data yang aktif tentu akan lebih menguras daya dan juga membuat hp panas. Ini disebabkan karena koneksi yang dihasilkan langsung dari hp baik dalam mode 2G, 3G dan 4G dimana kesemua jenis jaringan tersebut membutuhkan daya yang cukup banyak.

Oleh karena itu, kami menyarankan kalian untuk menggunakan koneksi wifi seperti wifi id atau hotspot yang tersebar di tempat umum. Untuk koneksi pribadi dan dirumah kami sarankan gunakan modem wifi / mifi atau juga bisa dengan tethering hotspot via hp.

Baca juga :

Penyebab hp panas yang paling sering terjadi juga adalah kalian terlalu lama menggunakan smartphone untuk bermain dan juga aktivitas lainnya, seperti menonton video di Youtube ataupun Instagram, facebookan yang lama sambil nonton video dan masih banyak lagi.

Demkian tips mengatasi baterai boros dan hp yang cepat panas dari kami, semoga artikel ini memberikan manfaat dan ilmu baru bagi kita semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id