Sistem Absensi Berbasis Android, Mudahkan HR Pantau Kehadiran

1 min read

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone berbasis android. Untuk itulah, perusahaan – perusahaan yang berkembang harus mulai berbenah dan menerapkan aplikasi absensi berbasis android.

Kenapa begitu? Selain memudahkan monitoring sistem absensi, dengan aplikasi absensi berbasis android karyawan bisa lebih fleksibel ketika ingin mencatat kehadiran.

Terutama, karyawan yang sedang berdinas di luar kantor atau harus bekerja di lapangan.

Daripada harus datang terlebih dahulu ke kantor yang bisa menghabiskan biaya, tenaga dan waktu, alangkah lebih baik jika bisa menggunakan aplikasi absensi berbasis android dari smartphone masing – masing.

Teknologi biometrik yang digunakan dalam aplikasi absensi berbasis android memungkinkan karyawan mencatat kehadiran sesuai identitas dan mencegah kecurangan seperti “titip absen”.

Masih ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memakai aplikasi absensi berbasis android. Apa saja? Mari kita simak!

4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Berbasis Android

1. Data absensi lebih kredibel

Berbeda dengan data absensi yang masih menerapkan proses manual berbasis kertas, kecurangan akibat titip absen atau manipulasi data kehadiran karyawan bisa saja terjadi.

Akan tetapi, dengan aplikasi absensi berbasis android hal ini bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan, karena setiap karyawan memiliki login masing – masing sesuai akun milikinya dan tidak bisa digantikan oleh orang lain.

Catatan kehadiran menjadi lebih akurat dan kredibel sesuai kondisi yang terjadi sebenarnya (real-time). Selain itu, data absensi juga langsung bisa diproses oleh tim HR sebagai laporan harian.

2. Data absensi real – time

Data pencatatan kehadiran karyawan dilakukan seketika dan tersimpan ke dalam database berbasis cloud. Ini artinya, data absensi dapat disajikan secara real time.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi admin atau tim HR yang bertugas memproses data pencatatan kehadiran karyawan secara harian.

Di saat membutuhkan data absensi, hanya perlu membuka halaman admin dan mencetak data absensi sebagai laporan atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Contohnya, ketika ada karyawan yang terlambat atau izin tidak masuk, perusahaan bisa segera membuat strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Baca Juga : Bagaimana Membuat Sistem Absensi Karyawan yang Ideal ?

3. Monitoring dan penilaian kinerja

Dengan adanya aplikasi absensi berbasis android yang praktis dan modern, perusahaan bisa melihat semua data karyawan yang sudah menggunakan aplikasi.

Kemudahan ini tidak akan diperoleh jika masih mengandalkan proses pencatatan kehadiran di atas kertas satu per satu oleh karyawan.

Tim HR dapat segera mengevaluasi kinerja karyawan yang sering terlambat datang ke kantor atau bahkan tidak masuk. Hal ini penting dalam rangka menentukan solusi dan pemecahan masalah.

Hal penting lainnya adalah tim HR juga bisa memperoleh alasan mengapa karyawan sering mengajukan cuti, sehingga dapat dibuat keputusan – keputusan krusial yang menguntungkan bagi karyawan dan perusahaan.

4. Absen Multilocation

Semua proses pencatatan kehadiran yang dilakukan online dari smartphone berbasis android mempermudah karyawan dan tim HR selaku admin.

Proses ini dapat memangkas waktu, tenaga dan biaya karena diakses dari smartphone masing – masing.

Karyawan yang ingin mencatatkan kehadiran tidak perlu lagi datang ke kantor, ketika ia harus meeting atau bertugas di lapangan dan terjebak kemacetan lalu lintas.

Betapa perusahaan telah menghemat biaya transportasi dan bahan bakar per karyawan. Efisiensi yang terus meningkat juga selaras dengan produktivitas karyawan dan perusahaan.

Ingat, karyawan yang bahagia akan menjadikan perusahaan sukses.

Itulah manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan sistem absensi berbasis android, semua hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi perusahaan khusus nya perusahaan yang memiliki peraturan absensi yang sangat kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *