Tampak Sepele, Ini Kesalahan Manajemen Cafe Wajib Dihindari

0
15
Manajemen Cafe

Anda yang membangun cafe dalam skala rumahan adalah sebuah usaha yang membutuhkan manajemen terbaik. Mulailah dengan menggunakan aplikasi kasir Majoo untuk memudahkan manajemen.

Sudah banyak pemilik cafe gunakan software kasir ini dan memperlancar stok sampai laporan penjualan. Majoo memiliki banyak sekali fitur seperti Point of Sales (POS) yang memudahkan proses transaksi.

Selain menggunakan Majoo, Anda juga harus tahu secara lengkap manajemen bisnis kecil seperti apa yang harus dilakukan. Tujuannya supaya terhindari dari masalah yang bisa merugikan usaha. Simak berbagai macam kesalahannya.

6 Kesalahan Manajemen Cafe yang Patut Dihindari

Fungsi dari manajemen adalah untuk memberikan keamanan kepada karyawan, mempermudah alur kerja, memantau perkembangan bisnis, dan masih banyak lagi. Anda yang tidak memperhatikan manajemen bisa jatuh pada kegagalan bisnis.

Padahal untuk membangun usaha cafe tidaklah murah. Minimal modal 10 juta harus dipersiapkan. Menghindari kegagalan, Anda bisa lebih fokus pada manajemen agar operasional lebih lancar.

Beberapa kesalahan dalam manajemen cafe ini sering tidak disadari justru dilakukan. Hindari kesalahan berikut jika Anda ingin usaha lebih maju.

1. Tidak Paham Siapa Target Pasar

Sudah banyak pemilik cafe yang gulung tikar karena salah dalam pemilihan menu, pemberian harga sampai dengan pembuatan interiornya. Semua itu disebabkan karena Anda tidak paham siapa target pasarnya.

Ketika Anda membuka usaha di lingkungan kampus, maka menu harus harga mahasiswa selain itu desain interior juga harus kekinian. Target pasar ini yang akan menentukan apa saja strategi bisnis yang akan diterapkan nantinya.

2. Pelayanan Karyawan yang Kurang Ramah

Apakah Anda sudah melakukan manajemen karyawan dengan benar? Jika belum, dampaknya akan langsung dirasakan. Pemilihan karyawan yang kurang baik bisa membuat konsumen tidak nyaman, karena pelayanan mungkin saja buruk.

Karyawan akan bekerja dengan pemimpin yang bisa mengajak mereka untuk bekerja sama memajukan bisnis. Hal ini sebenarnya bisa dibantu dengan pengadaan SOP yang membuat alur kerja menjadi jelas.

3. Tidak Membuat Pembukuan

Menganggap usaha cafe Anda masih berskala rumahan, lantas tidak ada pembukuan yang mencatat keluar masuk uang apalagi stok. Anda sedang menggali kuburan sendiri dengan tanpa membuat pembukuan.

Catatan keuangan dan juga stok sangat penting sehingga membuat Anda tahu bagaimana perkembangan usaha. Tanpa adanya catatan ini mustahil bagi Anda bisa mengelola modal dan mengetahui berapa pemasukan per harinya.

4. Tidak Menjalin Hubungan Baik dengan Vendor

Bagaimana selama ini proses pembayaran tagihan dari vendor? Apakah lancar atau banyak tagihan yang belum dilunasi. Hati-hati pada saat bekerja sama dengan vendor, karena hubungan baik harus tetap dijalin demi kelancaran usaha.


Manajemen yang buku dengan mengakibatkan pembayaran tagihan terlambat akan merusak hubungan baik Anda dengan vendor. Kepercayaan vendor terhadap usaha Anda pun menurun.

Kesempatan mendapatkan produk lebih murah dan kerja sama lebih lama pun akan menghilang.

5. Sistem Stok yang Kacau

Inventaris stok sangat krusial pada sebuah usaha, khususnya bisnis cafe yang menyajikan makanan. Bahan makanan dan minuman yang tidak tersedia akan mengacaukan sistem penjualan.

Menu yang kosong dan dicari oleh konsumen harus dihindari dalam usaha cafe maupun restoran. Padahal mungkin masalahnya sepele, karena salah satu bahan yang tidak tersedia.

Selalu pastikan bahwa inventaris stok berjalan dengan lancar sehingga semua menu yang dijual siap sedia.

6. Jarang Mengecek Arus Kas Kecil

Modal berjalan salah satunya digunakan untuk kas kecil. Arus kas kecil seringkali terabaikan karena Anda hanya sibuk menghitung omset atau transaksi harian. Padahal arus kas ini akan berdampak terhadap perputaran modal.

Manajemen kas kecil seharusnya dilakukan seiring dengan operasional. Pencatatan penggunaan biaya kas disertai dengan bukti harus dilakukan. Penggantian dana kas kecil pun tidak boleh ditunda sehingga uang kas harus selalu tersedia.

Anda yang saat ini sedang merintis usaha cafe, sebaiknya hindari keenam masalah manajemen ini. Hampir semuanya tampak sepele namun sebenarnya tidak boleh dianggap remeh.

Jika salah satu dilupakan, misalnya tentang manajemen karyawan. Anda hanya akan memperburuk citra usaha dengan menghadirkan pelayanan yang buruk. Oleh karena itulah selalu berhati-hati dan mengelola cafe dengan rutin sangat penting.