Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

10 Tips Beli HP Android Bekas, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

2 min read

Tips Beli HP Android Bekas

Dalam membeli sebuah smartphone tentu kita tidak boleh sembarangan, apalagi membeli hp Android bekas yang nyatanya sudah lama dipegang oleh orang lain.

Tentu harus memperhatikan beberapa bagian yang “sangat penting” agar kita tidak kecewa jika sudah memakainya lama lalu muncul beberapa masalah.

Kali ini AndroidGaul.id akan memberikan tips dalam memilih hp second atau bekas khusus untuk kamu yang ingin membeli hp Android.

10 Tips Penting Saat Membeli HP Android Bekas

1. Cek Spesifikasi, Apakah Masih Worth it untuk 2 Tahun Kedepan?

Spesifikasi Smartphone

Saat ingin membeli hp Android bekas, pertama yang kita cari pasti adalah spesifikasi yang dimiliki.

Tentu dalam memilih hp bekas kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja, atau sosmed ataupun juga khusus untuk bermain game.

Dan yang paling penting, pastikan dengan spesifikasi yang kamu pilih masih worth it setidaknya untuk 2 tahun kedepan.

Karena saya pribadi, mungkin akan mengganti smartphone 2 tahun sekali untuk mengikuti tren teknologi yang terus berkembang.

2. Cek Kondisi Fisik

Cek Kondisi Fisik

Setelah kamu berhasil menentukan tipe smartphone yang ingin dibeli, selanjutnya adalah mengecek kondisi fisiknya mulai dari baterai, body hp, bagian kamera dll.

Tentu kemulusan body hp juga menjadi pertimbangan kita saat ingin membeli hp bekas bukan?

Bagian yang sering baret biasanya terdapat pada bagian body casing belakang, dan juga tidak jarang ada orang yang menjual hp milikinya karena layar hp retak.

3. Cek Kelengkapan Smartphone

Cek Kelengkapan Smartphone

Pastikan juga kamu menanyakan kelengkapan barang mulai dari Box, Cahrger Ori, Headset (jika ada) dan catatan pembelian juga jika ada.

Gunanya apa? Untuk memastikan bahwa hp yang akan kamu beli adalah barang lengkap dan juga untuk menghindari pembelian hp bekas yang didapat dari hasil mencuri.

4. Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Jangan lupa juga untuk mengecek semua fitur yang ada seperti:

  • Kamera
  • Wifi
  • Bluetooth
  • Responsivitas layar
  • Delay touchscreen

Karena selain butuh uang dan bosan, tidak jarang orang yang menjual hp milikinya karena kerusakan pada smartphone yang digunakan.

Maka dari itu kalian jangan terburu-buru dulu, pastikan semua fungsi berjalan sebagai mana mestinya. Tidak mau menyesal dikemudian hari bukan?

5. Harga yang Tepat

Harga yang Tepat

Setelah semuanya sudah di cek mulai dari spesifikasi, fungsi dan kelengkapan. Sekarang saatnya kalian menentukan harga yang tepat.

Jangan sampai terlalu mahal dan juga terlalu murah, karena pasti sebelum menjual hp bekas si penjual sudah melihat pasaran smartphonenya.

Tipsnya jika kalian tidak tau harga pasaran dari Android bekas yang ingin dibeli, kalian tinggal buka marketplace facebook, tokopedia atau bukalapak dan silakan cek harganya.

Sukur-sukur kalian bisa dapetin diharga murah, lumayan bukan?

Baca juga : 10 Hp Android Harga 1 Jutaan Berkualitas Terbaik 4G LTE

6. Bergaransi

Bergaransi

Sebisa mungkin untuk mencari penjual yang mau memberikan garansi setidaknya satu minggu atau satu bulan dari pembelian hp.

Gunanya adalah untuk jaga-jaga siapa tau ada beberapa komponen yang tidak normal sehingga si penjual menjual hp tersebut.

Karena saat ini marak sekali hp yang tidak bisa berfungsi normal hasil beli bekas, terutama pada bagian baterai yang menyedot.

7. Cek Imei, Pastikan Terdaftar di Kemenperin

Cek Imei

Baru-baru ini ada berita yang sedang hangat yaitu nomor IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin akan diblokir.

Ini diakibatkan banyak sekali smartphone BM (Black Market) yang masuk indonesia dan tidak melalui badan pengawas smartphone.

Maka dari itu sebelum membeli hp bekas, kalian perlu cek IMEI terlebih dahulu disitus resmi kemenperin.

8. Sistem Pembayaran yang Aman

Sistem Pembayaran yang Aman

Jika kamu berniat membeli hp secara online, misalnya mencari di forum jual beli grup facebook, kaskus, marketplace fb maupun di WA. Pastikan menggunakan rekber.

Apa itu rekber?

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama, dimana penjual akan mengirimkan barang, dan setelah barang sampai baru penjual akan menerima uang dari rekber.

Untuk rekber ini kita bisa pakai jasa seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Jadi kamu tidak perlu takut lagi akan tertipu, saat barang sampai dirumah dan langsung lakukan konfirmasi bahwa barang sudah sampai.

9. Beli Barang OLD STOCK

Beli Barang OLD STOCK

Barang OLD STOCK atau stok lama adalah hp yang masa trendnya sudah habis namun stoknya masih tersedia.

Dan cenderung harga dari barang old stock ini lebih murah daripada saat baru pertama kali dia diluncurkan.

Barang-barang seperti ini bisa kalian dapatkan di Marketplace atau forum jual beli online.

Baca juga : 15 Aplikasi Jual Beli Online Aman & Terpercaya

10. Beli Barang BNOB

Beli Barang BNOB

Apa itu barang BNOB? Yaitu singkatan dari Brand New Open Box. Yakni barang baru yang sudah open box, biasanya barang-barang seperti ini dijual di forum-forum online.

Bisa juga barang bekas review di Youtube, biasanya para youtuber yang selesai membuat video review, akan menjual kembali barang tersebut dan tentunya dengan harga yang lebih murah.

Kesimpulan

Membeli hp Android bekas atau barang second sebenarnya tidak masalah, asalkan kita sudah cek semua kelengkapan dan performanya apakah masih bagus atau tidak.

Tips beli hp bekas ini ditulis berdasarkan dengan pengalaman penulis sendiri, jadi kalau kamu punya tips tambahan, jangan lupa untuk menyampaikannya dikolom komentar ya.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *