Tips Merekam Suara Bebas Noise dengan Hp Android

0
11
Tips Merekam Suara Bebas Noise dengan Hp Android

Merekam suara kini tidak harus menggunakan alat yang mahal. Kamu bisa menggunakan fitur rekaman bawaan dari ponsel. Bisa juga mengandalkan aplikasi ubah suara yang memudahkanmu untuk langsung mengeditnya.

Editing suara jauh lebih mudah jika kamu mendapatkan file suara yang hasilnya jernih. Sayangnya berbeda hp android, hasil rekaman tentu tidak sama. Penyebabnya jenis perangkat keras yang digunakan berbeda.

Bagaimana agar suara rekaman bisa lebih jernih, yuk langsung saja simak tipsnya.

Tips Merekam Suara Jernih hanya dengan Android

Noise pada rekaman suara adalah suara bising yang bisa disebabkan oleh angin atau benda di sekitar tempat perekaman. Jika kamu memiliki alat perekam yang sangat sensitif maka noise akan mudah muncul.

Khusus untuk hp android spek gahar, tentunya kualitasnya tidak jauh berbeda dengan alat perekam yang sensitif. Kamu harus berhati-hati untuk bisa merekam suara sehingga terhindar dari noise.

Beberapa tips berikut ini akan sangat membantu kamu untuk bisa merekam dengan hasil suara yang lebih jernih.

  1. Memilih Ruangan yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan ruangan tempat kamu merekam. Apakah kamu ingin merekam suara seseorang menyanyi akustik? Maka ruangan kedap suara perlu jadi pilihannya.

Hindari ruangan yang kosong dan tidak kedap suara karena akan memunculkan gema. Jika terpaksanya tidak memiliki ruangan tersebut, kamu bisa memilih ruangan dengan lingkungan lebih sepi.

Atur ruangan juga memiliki karpet atau lantai kayu yang berfungsi untuk menyerap suara. Jangan pilih ruangan dengan material besi baik pada dinding atau pintu karena besi dapat memantulkan suara.

  1. Aktifkan Fitur Menghilangkan Noise di Aplikasi

Jika fitur bawaan dari hp untuk merekam dirasa kurang bagus, sebaiknya kamu menginstal aplikasi untuk merekam. Aplikasi ini biasanya akan membantu penggunanya untuk merekam suara jadi lebih jernih.

Tersedia fitur untuk menghilangkan noise pada saat perekaman perlu kamu aktifkan. Carilah aplikasi yang memiliki fitur ini, contohnya seperti aplikasi ASR. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Play Store untuk langsung digunakan.

Tinggal aktifkan saja menu Pengabaian Kegaduhan maka suara bising yang ada di sekitar ruangan tidak akan ikut terekam. Meskipun tersedia fitur ini, jangan abaikan soal pemilihan ruangan yang tepat.

  1. Mengatur Jarak dengan Alat Perekam

Noise juga akan muncul ketika jarak antara mulut dengan alat perekam tidak diatur. Apalagi jika kamu menggunakan smartphone yang tingkat sensitivitasnya rendah.

Maka mencoba untuk mengatur jarak adalah langkah paling penting untuk dilakukan di awal. Setiap ponsel memiliki jarak yang tepat berbeda-beda ada yang membutuhkan 5 cm sampai 10 meter.

Oleh karena itulah akan lebih baik untuk mencoba mengetes hasil suara rekaman sebelum Anda melakukan rekaman langsung. Jika jarak terlalu dekat maka noise akan semakin jelas, pastikan juga artikulasi jelas jika ingin merekam dialog.

  1. Menambahkan Microphone

Apabila speaker di ponsel kamu rusak atau setelah dicoba hasilnya kurang bagus, maka gunakan microphone eksternal. Tambahan mic ini akan memudahkan kamu untuk merekam suara semakin jernih.

Supaya tidak ada gangguan, kamu bisa menggunakan mic nirkabel dan menyambungkan ke ponsel dengan aplikasi. Mic akan bekerja lebih baik dibandingkan speaker hp untuk merekam.

Apalagi saat ini banyak mic dengan harga murah yang bisa kamu beli kapan saja. Hasilnya akan jauh lebih jernih dibandingkan dari ponsel, jangan lupa juga untuk tetap menjaga jarak dengan benar.

  1. Manfaatkan Isolasi Bening

Munculnya noise pada rekaman suara juga bisa berasal dari gesekan ponsel yang sedang dipegang. Sedikit apapun gerakannya akan menimbulkan suara dan dapat terekam.

Mengatasi kendala tersebut kamu bisa menutup lubang mic atau speaker di ponsel dengan isolasi bening. Isolasi mampu menyaring suara bising yang cukup mengganggu pada rekaman.

Pastikan saja agar tidak terlalu banyak memberikan lapisan isolasi sehingga suara masih tetap terekam dengan baik.

Semua tips sederhana ini akan membantu kamu untuk bisa mendapatkan suara rekaman yang bening. Noise tidak menjadi masalah lagi, proses editing pun akan jauh lebih mudah dan juga cepat.