6 Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus dan Aman

0
18
Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus

Ketika membeli ponsel brand Samsung, biasanya akan ada aplikasi bawaan yang sudah disediakan. Ada beberapa aplikasi bawaan Samsung yang bisa dihapus dengan tujuan untuk memperbesar ruang penyimpanan internal.

Selain dapat memperbesar internal, aplikasi yang terhapus ini biasanya jarang digunakan atau digantikan dengan aplikasi lain. Namun ada juga aplikasi yang tidak boleh dihapus karena akan mempengaruhi performa dari ponsel Samsung yang Anda gunakan.

Daftar Aplikasi Bawaan Samsung yang Bisa Dihapus

1. ChatON

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, terutama bagi pengguna ponsel Samsung. Pada ponsel Samsung biasanya ditemukan aplikasi ChatOn yang merupakan salah satu aplikasi chat bawaan yang berfungsi untuk bertukar pesan maupun mengirimkan file lain.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi ini jarang digunakan oleh pengguna Samsung karena tidak banyak yang menggunakannya. Oleh karena itulah aplikasi ini bisa dihapus karena tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel atau sebagainya.

2. Galaxy Apps

Samsung memiliki gallery aplikasi atau tempat untuk mengunduh aplikasi resmi yang dikenal sebagai Samsung Galaxy Store atau Galaxy Apps. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh beberapa aplikasi yang memang disediakan oleh developer Samsung.

Namun karena keterbatasan dan alasan tertentu, aplikasi ini menjadi jarang digunakan. Pengguna justru tidak menggunakan aplikasi bawaan ini dan beralih ke aplikasi Google Play Store. Artinya adalah jika aplikasi ini dihapus, maka bisa menggunakan aplikasi lain yang serupa.

3. Galaxy Themes

Beberapa pengguna biasanya merasa bosan dengan tema yang ditawarkan oleh pihak Samsung meskipun sudah ada Galaxy Themes. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengganti tema ponsel, hanya saja ketersediaannya terbatas.

Bagi yang ingin menggunakan tema lain, maka bisa menginstall aplikasi pengubah tema sesuai dengan kebutuhan. Kemudian aplikasi Galaxy Themes ini bisa dihapus atau digantikan dengan aplikasi yang serupa.

Baca juga: Cara Menampilkan Barcode WiFi di HP Samsung dengan InstaWifi

4. Samsung Internet/Browser

Pada beberapa ponsel Android memang memiliki browser bawaan dan biasanya Google Chrome. Berbeda dengan Samsung yang memiliki browser bawaan bernama Samsung Browser atau juga dikenal sebagai Samsung Internet.

Browser bawaan ini memang tergolong ringan, namun fitur-fiturnya tidak terlalu banyak seperti halnya browser modern saat ini. Jika memang sudah menginstall browser baru di ponsel Samsung, maka Anda bisa menghapus browser bawaan ini.

5. Samsung Mail

Seperti halnya beberapa ponsel lainnya, Samsung juga memiliki aplikasi bawaan berupa Samsung Mail yang dapat membantu dalam urusan bertukar email. Aplikasi bawaan ini memiliki ukuran yang kecil, praktis dan minimalis.

Meskipun demikian, fitur yang dimiliki masih terbatas dan tidak sebaik aplikasi serupa. Di sini Anda bisa menginstal aplikasi sejenis seperti Gmail untuk menggantikannya. Apabila jarang digunakan, maka Samsung Mail ini bisa dihapus.

6. Samsung Notes

Bagi pengguna ponsel Samsung yang ingin melakukan pencatatan, umumnya sudah ada aplikasi Samsung Notes. Meskipun mendukung untuk pencatatan dalam bentuk gambar, rekaman suara dan sejenisnya, namun aplikasi ini tidak banyak yang menggunakannya.

Kepopuleran notes dari Samsung ini dikalahkan oleh Google Keep yang merupakan produk notes dari Google. Keep lebih unggul dalam hal fleksibilitas penggunaan dan dapat tersinkronisasi dengan praktis asalkan pengguna sedang dalam kondisi online.

Baca juga: 5 Cara Cek Kerusakan Hp Samsung 100% Akurat

Meskipun ada banyak aplikasi bawaan Samsung yang bisa dihapus, sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan memilih mana yang tepat. Kesalahan dalam menghapus aplikasi bawaan akan berdampak pada kinerja ponsel itu sendiri. Tidak jarang pula ponsel mengalami bootloop dan sejenisnya.