Apa Bahaya Menggunakan Charger yang Beda Ampere?

AndroidGaul.id – Seiring perkembangan teknologi pengisian cepat yang semakin canggih, setiap smartphone saat ini telah memiliki jenis adaptornya masing-masing.

Jenis adaptor ini biasanya disesuaikan dengan spesifikasi yang ada pada masing-masing smartphone.

Charger Smartphone

Meski seluruh jenis handphone sudah memiliki adaptornya masing-masing, namun terkadang masih banyak pengguna handphone yang ingin menggunakan adaptor dari jenis yang berbeda.

Apakah Bahaya Menggunakan Charger yang Beda Ampere?

Setiap jenis adaptor bisa digunakan pada seluruh jenis handphone meskipun adaptor tersebut memiliki arus (Ampere) yang berbeda.

Hal ini tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya selama adaptor charger beda arus tersebut bukan adaptor abal-abal.

Anda patut berhati-hati jika menggunakan adaptor yang belum terjamin kualitasnya karena bisa saja adaptor tersebut merusak salah satu komponen smartphone.

Setiap perangkat listrik memiliki kuat arus yang biasa disebut sebagai arus. Istilah arus ini merupakan ukuran seberapa besar muatan listrik yang mengalir satuan waktu dalam bentuk satuan Ampere (A).

Semakin besar arus yang mengalir dari satu benda ke benda lain, maka akan semakin banyak muatan listrik yang dihantarkan pada setiap detiknya.

Hal ini juga berlaku saat Anda mengisi baterai pada handphone. Semakin besar arus listrik pada adaptor charger beda arus maka semakin cepat baterai handphone Anda mencapai titik penuh.

Baca juga : 11 Penyebab Kenapa Baterai Cepat Habis + Cara Mengatasi

Sayangnya pengisian baterai ponsel menggunakan jenis adaptor yang berbeda tidak bisa bekerja maksimal jika ponsel tidak bisa mendukung pengisian daya dengan arus yang lebih besar.

Adaptor charger hanya bisa memberikan arus sesuai kebutuhan ponsel jika ponsel tersebut tidak bisa mendukung arus yang dimiliki oleh adaptor.

Begitu juga sebaliknya, jika smartphone yang diisi baterainya mendukung pengisian cepat tidak akan cocok dengan adaptor berarus rendah.

Jika smartphone tersebut diisi menggunakan adaptor berarus lebih rendah, maka waktu pengisian baterai akan lebih lama.

Adaptor charger beda arus yang memiliki arus lebih kecil akan tidak akan bisa mengisi baterai seperti biasanya. Baterai akan terisi lebih lama karena perbedaan arus yang dimiliki baterai dengan ponsel.

Pada beberapa jenis smartphone, adaptor berarus kecil tidak bisa mengisi daya yang diperlukan.

Saat ini banyak jenis adaptor baru yang sudah menerapkan sistem keamanan yang bisa memutus arus listrik saat ponsel meminta arus listrik yang lebih besar.

Sistem tersebut akan meminimalisir dampak buruk dari penggunaan adaptor yang berbeda.

Saat ini menggunakan adaptor charger beda arus bukan lagi hal yang harus Anda khawatirkan.

Selama Anda merasa charger tersebut cocok dengan ponsel Anda, Anda bisa menggunakannya sesuka hati sesuai dengan aturan yang ada.

Baca juga : 10 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik Hingga 2 Hari

Namun jika Anda masih ragu saat akan menggunakan produk baru, alangkah baiknya Anda mencari tahu seluk beluk produk tersebut.

Mengetahui detail produk yang Anda gunakan akan memberikan ketenangan selama penggunaan produk tersebut.

Tinggalkan komentar