11 Penyebab Kenapa Baterai Cepat Habis + Cara Mengatasi

Baterai merupakan komponen terpenting dalam smartphone. Baterai yang tidak tahan lama justru akan membuat kita akan merasa kesal. Padahal saat ini banyak smartphone yang memiliki daya baterai yang cukup besar, namun kenapa masih banyak dari pengguna smartphone yang mengeluh tentang ketahanan baterainya?

Tentunya hal itu memiliki dua faktur yang dapat memperpendek umur baterai, misalnya diri kita yang terlalu over dalam penggunaan smartphone sehingga tidak memperhatikan baterai yang telah menipis, atau memang dari spesifikasi baterainya sendiri yang tidak tahan lama.

Sekarang memang banyak sekali pilihan smartphone yang canggih, tapi jika tentang spesifikasinya masih minim sekali, biasanya hal itu bisa kalian jumpai pada smartphone yang abal-abal.

Jadi sebelum membeli smartphone saya sarankan ketahui terlebih dahulu spesifikasinya.

Setelah itu mari kita ketahui apa saja yang menjadi penyebab baterai kita cepat habis.

11 Penyebab Kenapa Baterai Cepat Habis dan Solusinya

1. Suhu di sekitar terlalu dingin atau panas

Ternya tinggi rendahnya suhu di sekitar kita juga bisa berdampak pada ketahanan baterai kalian. Baik dalam keadaan panas dan dingin.

Biasanya udara yang sangat panas dapat menurunkan kinerja baterai saat kita simpan dalam jaket, lebih lebih saat kita gunakan.

Udara yang panas memang tidak bersahabat dengan kita apalagi baterai smartphone.

Berbeda dengan udara yang dingin, saat udara dingin banyak orang yang menggunakan sarung tangan saat menggunakan hp, karena udara yang dingin juga kurang bersahabat, sehingga membuat smartphone kita bekerja lebih keras.

2. Dari sistem ponselnya

Seperti yang saya katakana diatas, saat ini memang banyak samartphone yang abal-abal.

Misalnya smartphone yang menggunakan sistem android yang masih membutuhkan daya tahan baterai yang cukup tinggi, sehingga baterai dapat terkuras sampai 25%.

Bisa juga disebabkan oleh Google Play Service yang dapat menguras daya tahan baterai jauh lebih besar lagi.

Layanan ini bersifat permanen tidak bisa dihapus karena ini merupakan apliaksi yang penting untuk perangkat smartphone kalian.

Namun kalian bisa menghapus cachenya saja dari goggle play service.

3. Sering menelepon

Melakukan panggilan berjam-jam juga bisa menguras daya tahan baterai. Karena panggilan telepon masih membutuhkan baterai yang lebih tinggi dibandingkan dengan sinyal biasanya.

Memang hal ini hanya mengeluarkan elemen suara saja. Tapi lebih hemat jika kalian hanya mengirim pesan atau email saja.

Jadi katika kalian melakukan panggilan, gunakan lah seperlunya saja, tidak usah berjam-jam. Kan sayang rasanya jika baterai kita tidak tahan lama lagi.

4. Charger rusak

Pengisian daya/changer yang bermasalah atau rusak juga termasuk salah satu penyebab baterai cepat habis. Karena setiap baterai yang boros tidak hanya disebabkan oleh kinerja pada psmartphone dan baterai saja.

Charger yang rusak dan tidak bisa menghantarkan arus listrik yang baik pada baterai, juga akan membuat baterai tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Jadi kalau charger kalian sudah rusak sebaiknya ganti saja dengan baru dan cocok dengan baterai yang kalian pakai, supaya ketahanannya juga tetap awet.

Baca juga : 10+ Cara Cas Hp yang Benar Agar Baterai Awet Bertahun-Tahun

5. Fitur kecerahan tidak digunakan secara optimal dan waktu sleep

Hal seperti ini memang sangat sepele bagi kalian. Tapi tidak dengan baterai smartphonenya. Karena hal seperti ini bisa mempengaruhi ketahanan baterai, khususnya smartphone pintar.

Biasanya kecerahan yang diatur secara manual lebih baik ketimbang yang otomatis.dan atur pula kecerahanya jangan terlalu tinggi.

Karena hal ini bisa menyebabkan baterai yang terkuras juga bisa merusak mata kalian. Jadi aturlah kecerahan seminim mungkin.

Kemudian saat kalian mau tidur atur juga default yang sedang menyala selama 30 detik diubah menjadi 15 detik. Supaya baterainya tetap awet.

6. Banyak notifikasi aplikasi

Banyaknya notifikasi yang masuk, biasanya menyebabkan baterai kita cepat habis, kecuali kalian mematikan sebagian pemberitahuan.

Karena banyaknya aplikasi yang mengeluarkan pemberitahuana aktif, akan membuat daya ponsel kita berkurang.

Jadi saran saya pilihlah beberapa notifikasi yang penting dan matikan juga pemberitahuan yang tidak diperlukan.

Baca juga : 7 Penyebab Hp Panas dan Boros Baterai Serta Tips Ampuh Mengatasinya

7. Sering menggunakan fitur kamera

Penggunaan fitur kamera yang berlebihan juga bisa menguras daya baterai, karena saat kita melakukan foto dan video bisa membuat smartphone kalian bekerja lebih keras.

Karena hal itu hanya memfokuskan pada gambar yang akan kita ambil dan merekaman gambar dan suara saat kita buat video.

Solusinya kalian bisa mengaktifkan mode penerbangan saat menggunakan fitur kamera pada smartphone.

Karena dengan begitu smartphone kalian tidak akan berkerja keras hanya untuk menemukan sinyal. Dan hanya memfokuskan pada pengambilan gambar saja.

8. Kondisi sinyal buruk

Biasanya sinyak yang buruk kita bisa temukan di daerah yang jauh dengan BTS, atau ketika kita bepergian kesuatu tempat yang memang sulit untuk menagkap sinyal.

Kondisi seperti inilah yang bisa membuat ponsel kalian bekerja keras untuk mencari sinyal untuk menghubungkan kita kedinia luar.

Contohnya, smartphone yang terus menerus mengirim dan menerima sinyal dari BTS. Dan ternyata tidak mampu untuk menerima pesan.

Solusi praktis yang bisa kalian gunakan ialah mengatur smartphone kedalam mode terbang (mode pesawat), atau bisa juga cari koneksi WI-FI terdekat.

9. Usia ponsel uzur dan baterai “lapuk”

Dengan perkembangan jaman saat ini, banyak perubahan yang dialami oleh media elektronik seperti smartphone yang selalu berubah.

Seperti smartphone apple yang saat ini telah mengarahkan para penggunanya untuk selalu memperbarui jenis baterai.

Bisa terjadi juga pada smartphone yang sangant lama dipakai dan tidak menjalankan perubahan sama sekali. Sehingga baterainya juga cepet habis.

Baca juga : Penyebab Baterai Kembung Dan Bahaya Baterai Hp Kembung Pada Hp

10. Aplikasi pemangsa daya ponsel dan usang

Setiap smartphone pasti banyak menjalankan aplikasi, termasuk sosial media dan juga game.

Tapi hati-hati juga saat memilih aplikasi yang akan kalian install di smartphone. Karena ada apliaksi yang bisa mengurangi ketahanan baterai.

Jika kalian ingin memastikan coba lihat pada pengaturan baterai untk mengetahui aplikasi apa saja yang menguras daya tahan baterai.

Selain itu apliaksi yang jarang di update juga akan mempengaruhi borosnya daya beterai, karena setiap aplikasi yang tidak di update akan mempengaruhi kinerja yang ekstra.

Dimana setiap pembaruan aplikasi, pasti memfokuskan pihak pengembangan karena selalu memperhatikan kinerja di setiap aplikasi menjadi lebih ringan, cepat dan efektif.

11. OS Android lawas dan tidak di upgrade

OS Android yang sudah lawas juga bisa menjadi penyebab kenapa baterai cepat habis. Itu dikarenakan sudah tidak menerima update lagi dari pihak developer.

Namun jangan khawatir, kita masih bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan Custom ROM yang khusus untuk ponsel kita.

Namun jika masih memungkinkan, sebaiknya silakan periksa apakah ada update sistem terbaru untuk ponsel anda?

Pengaturan ini dapat ditemukan di Setelan > Tentang Ponsel > Update Sistem.

Gunakan : 10 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik Bisa Tahan Berhari-Hari

Nah, itu dia beberapa penyebab mengapa baterai cepat habis serta cara mengatasinya. Semoga dengan artikel ini kalian lebih paham lagi cara merawat baterai agar awet dan tahan lama.

Tinggalkan komentar