15 Aplikasi Agar Hp Android Tidak Lemot yang Wajib Kamu Punya

Pastinya kita tidak ingin mau perangkat yang digunakan terasa lemot bukan? Setiap pengguna pasti menginginkan smartphonenya tetap lancar dan smooth saat dioperasikan.

Namun jika smartphone android anda berjalan dengan sangat lambat atau yang biasa disebut dengan lemot pastinya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas kita.

Salah satu penyebabnya adalah pengguna terlalu banyak memasang aplikasi sehingga menyita cukup banyak penyimpanan internal. Lalu tidak pernah merestart hp dalam jangka waktu yang lama.

Padahal sama halnya dengan manusia, smartphone juga butuh istirahat. Istirahatnya bisa dengan lakukan restart (matikan lalu hidupkan ulang) dalam 1 kali 24 jam agar perangkat tetap prima dan tidak lemot.

Dan kalau kalian lebih percaya dengan aplikasi pihak ketiga, ada beberapa aplikasi agar hp tidak lemot yang akan kita rekomendasikan kepada anda dibawah ini.

15 Aplikasi Agar Hp Tidak Lemot

1. Link2SD

Link2SD

Beebrapa smartphone android kebanyakan memiliki memori internal sedikit sehingga perfoma perangkatnya menjadi kurang optimal karena banyak aplikasi yang terinstal dan memenuhi penyimpanan internal.

Nah, untuk mengatasinya anda membutuhkan aplikasi Link2SD untuk memindahkan aplikasi yang sebelumnya terinstal di memori internal ke memori eksternal / SD Card.

Namun untuk perangkat Xiaomi sangat disayangkan karena aplikasi ini tidak akan berjalan dengan baik.

2. Juice Defender

Juice Defender

Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengatur layar, sehingga dapat lebih menghemat baterai android anda.

Kontras merupakan bagian yang juga penting pada smartphone, jika terlalu over maka akan cukup banyak menguras daya baterai anda.

Belum lagi pengguaan yang terlalu berlebihan dalam jangka panjang akan membuat hp jadi lemot. Maka dari itu anda bisa mengatasi lemot tersebut dengan Juice Defender ini.

Ada beberapa pengaturan di dalam aplikasi ini yang bisa anda pilih, seperti koneksi internet akan berhenti sendiri setelah daya baterai tinggi sedikit, dan pengaturan lainnya.

3. CPU Tuner

CPU Tuner

Aplikasi android yang satu ini hampir sama dengan Juice Devender. Tetapi, aplikasi ini hanya bekerja pada pengaturan CPU, Sinkronasi penghemat baterai dan koneksi data.

Aplikasi ini dapat mengatur peningkatan kinerja dengan melakukan tweak pada CPU agar mendapatkan kinerja yang optimal.

Tentu tweak ini disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya ingin performa gaming meningkat, maka tewak setinggi mungkin. Dan bila hanya dalam daily use saja, kalian bisa menurunkannya.

4. Super Power Saver and Booster

Super Power Saver and Booster

Aplikasi ini cocok untuk anda yang Hp nya lemot. Karena aplikasi ini bisa untuk membebaskan ruang memori sehingga lebih lega dan ringan.

Dan juga terdapat fitur power Saving Mode yang dapat menghemat baterai dengan efiesin. Serta One-Tap Boost, hanya dengan satu sentuhan saja aplikasi ini akan mengoptimalkan memori pada smartphone anda.

One-tap boost meliputi pembersihan cache, memori ram dan juga file junk lainnya.

5. Advanced Task Manager

Advanced Task Manager

Saat menjalankan aplikasi yang satu ini anda akan disuguhkan dengan daftar aplikasi yang sedang berjalan di perangkat android anda.

Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang menggunakan memori sistem dan membuat perangkat android anda menjadi lemot.

Selanjutnya, anda sendiri bisa untuk menghentikan aplikasi tersebut untuk mempercepat kinerja perangkat android anda.

Namun sebelum melakukan hal itu, anda harus paham mana aplikasi sitem yang berjalan dan aplikasi biasa yang berjalan didalamnya.

6. Booster Kit

Booster Kit

Aplikasi ini dapat membebaskan ruang internal memori didalam perangkat android anda sehingga android anda bisa menjadi lebih hemat baterai.

Dan juga bisa bekerja lebih gesit berkat fitur battery Status, Power saving, Mode dan One Tap boost.

Buat yang hobi main game online, aplikasi ini bisa kalian gunakan agar hp tidak lemot saat bermain game.

7. ROM Toolbox Lite

ROM Toolbox Lite

Aplikasi ROM Toolbox Lite ini memiliki banyak fitur seperti meningkatkan cache dari penyimpanan internal maupun eksternal. Sehingga bisa mempercepat kinerja ponsel android anda.

Fungsi utamanya memang untuk mengatur ROM pada sebuah smartphone Android. Seperti menginstal rom dan tema, CyanogenMOD dan ROM populer lainnya.

Namun ada salah satu fitur yang tidak ada di aplikasi anti lemot lainnya, yaitu clear cache, cache dalvik, dan statistik baterai. Hanya saja aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna ROOT saja.

8. Smart Booster Pro

Smart Booster Pro

Aplikasi Smart Booster Pro ini di rilisi dengan fitur-fitur yang sangat berguna untuk me-refresh RAM dengan cara menghentikan aplikasi yang tidak digunakan walaupun sudah di non-aktifkan.

Aplikasi ini juga dapat membersihkan cache yang besar karena proses unduhan atau history browser anda yang menumpuk.

Dan anda juga bisa membersihkan pada SD Card yang memiliki file-file yang tidak terpakai dengan aplikasi premium ini.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang ada pada Smart Booster Pro:

  • Dapat menghapus aplikasi yang tidak berguna
  • Membersihkan berkas cache yang menumpuk
  • Membuang folder atau file yang tidak terpakai lagi di penyimpanan internal dan eksternal
  • Aplikasinya sangat ringan dan mudah untuk digunakan.

9. DU Speed Booster

DU Speed Booster

Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling ampuh untuk meningkatkan kecepatan ponsel android anda hingga 60%. Tentu saja ini menjadi cara untuk mengatasi hp android yang lemot karena RAM-nya kecil.

Aplikasi ini berfungsi untuk menghapus berbagai berkas sampah dan cache dengan sekali sentuh saja, sehingga dapat membuat Hp android anda tanpak bekerja menjadi lebih ringan dari pada yang sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga berguna untuk mengatur aplikasi yang lain yang sudah terinstal, antivirus serta privacy advisor.

Aplikasi yang ini sudah banyak digunakan oleh pengguna android untuk mempercepat performa smartphone android.

Birikut ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh DU Speed Booster:

DU Security

Ini adalah fitur pemindaian antivirus yang bisa untuk memindai aplikasi dengan sangat cepat. Fitur ini bisa menjadi salah satu cara untuk menghapus virus malware di Android Anda.

Booster Game

Fitur ini berfungsi untuk mendukung dan memperbaiki kecepatan pengalaman game, dapat mengoptimalkan sumber daya sistem untuk memperlancar permainan game di smartphone Android Anda ketika bermain game di smarthepone Android Anda.

Pembersih Sampah

Fitur ini berfungsi untuk membersihkan sampah yang ada pada smartphone anda mulai dari file junk hingga cache. Bahkan pada kartu SD yang terpasang dalam perangkat.

Akselerasi Kecepatan

Fitur yang satu ini dapat membuat semua aplikasi di smartphone anda menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

Kalian hanya perlu memilih memilih tombol “Optimalisasi” atau gunakan widget untuk shortcut pembersih.

Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa anda temukan di aplikasi ini.

10. Clean Master Lite

Clean Master Lite

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang wajip dimiliki oleh anda yang menggunakan smartphone android.

Fungsi Clean Master ini mampu untuk membersihkan berbagai berkas sampah yang membuat smartphone anda menjadi lemot.

Sehingga performa perangkat android anda akan lebih enteng dan kembali meningkat. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Clean Master.

Application Lock

Fitur ini mungkin bisa untuk membantu anda untuk mengamankan smartphone android anda dari tangan orang yang tidak dikenal atau orang yang mencoba membuka privasi smartphone anda secara diam-diam.

Mungkin dengan adanya aplikasi ini anda bisa untuk menjaga data privasi anda sesuai keinginannya kamu sendiri.

Duplicate Photo Remover

Fitur ini dapat membantu anda untuk mencari gambar atau foto di smartphone Android anda yang mirip dengan cara otomatis

CPU Cooler

Fungsi dari fitur ini adalah untuk mendinginkan perangkat smartphone Anda. Caranya adalah sangat mudah anda hanya perlu mencari aplikasi yang menyebabkan smartphone menjadi panas.

Sehingga fitur ini juga dapat menghemat baterai smartphone anda.

Junk File Cleaning

Fungsi fitur ini adalah untuk menghapus cache dan dan berkas berkas sampah untuk menambahkan ruang atau kapasitas dari penyimpanan internal ataupun eksternal, fitur ini juga berguna untuk menambahkan kecepatan serta dapat meningkatkan perfoma smartphone Anda.

Mengapa kami merekomendasikan Clean Master Lite untuk Anda? Selain bisa membersihkan file sampah hingga tuntas, versi lite ini juga ringan dan tidak memakan banyak memori sehingga tidak membuat hp lemot.

11. CCleaner

CCleaner

Salah satu aplikasi pembersih yang juga kami rekomendasikan kepada anda adalah CCleaner. Aplikasi ini sangat ringan dan tidak neko-neko untuk urusan pembersih.

CCleaner dipercaya dalam urusan membuat hp tidak lemot. Sebab fungsinya yang bisa meringankan beban kinerja smartphone dengan ampuh.

Terdapat juga fitur pengelola aplikasi dimana anda bisa menghapus aplikasi yang sulit dihapus pada fitur ini.

12. AVG Cleaner

AVG Cleaner

Mau androidmu tidak lemot dan juga hemat baterai? Kalian bisa coba gunakan AVG Cleaner ini sebagai aplikasi pembersih sekaligus penghemat baterai.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur hibernasi yang bisa kalian gunakan untuk melakukan freeze terhadap aplikasi tertenu agar tidak berjalan otomatis dilatar belakang.

Fitur yang tidak kalah keren juga ada didalamnya, seperti dapat mendeteksi duplikat konten seperti foto, video dan apk yang ada dalam smartphone.

13. Avast Cleanup

Avast Cleanup

Setelah sukses dengan aplikasi antivirus dan juga penghemat baterainya, kini avast juga mengeluarkan aplikasi pengoptimal hp agar tidak lemot yang bernama Avast Cleanup.

Semua fitur untuk mengoptimalkan kinerja hp Android ada dalam satu aplikasi ini seperti pembersih RAM, optimasi baterai, foto dan pembersihan otomatis.

Avast Cleanup juga memiliki fitur untuk mengelola aplikasi. Di fitur ini kita bisa menghapus aplikasi untuk mendapatkan ruang bebas yang lebih banyak agar hp tidak lemot.

14. Power Clean

Power Clean

Android suka panas? Kalian bisa mencoba untuk gunakan Power Clean guna mangetasi masalah tersebut.

Sebab didalamnya terdapat fitur CPU Cooler yang berguna untuk meringankan kerja CPU juga mendinginkannya secara efisien dengan cara mengurangi kerja aplikasi.

Peningkat daya juga tidak lupa disematkan dalam aplikasini, hanya dengan satu tap saja kita bisa mengoptimalkan penggunaan daya pada smartphone android.

15. SD Maid Pro

SD Maid Pro

SD Maid Pro adalah aplikasi pembersih yang ampuh untuk mengatasi lemot di hp Android. Pasalnya aplikasi ini mampu menghapus file-file yang sudah tidak digunakan.

Seperti saat kita uninstal aplikasi, tentu ada sebagian data dan folder yang tertinggal. Nah dengan SD Maid Pro ini file-file tersebut akan dibersihkan sehingga tidak membuat hp berat.

Harganya sendiri cukup murah jika dibandingkan dengan fungsinya. Hanya dibandrol Rp 16.000 saja anda sudah bisa mendapatkan aktivasi SD Maid Pro.

Tips Agar Hp Android Tidak Lemot Tanpa Aplikasi

  • Restart (Matikan lalu hidupkan kembali hp) 1 kali 24 jam
  • Hapus aplikasi tidak penting
  • Sisakan memori internal minimal 2 GB
  • Selalu bersihkan cache

Nah, dari sekian aplikasi agar hp tidak lemot diatas mana yang cocok menurut kalian? Tentu kalian harus coba satu-satu dulu biar tau mana saja yang bagus.

Tinggalkan komentar