Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus (100% Work)

Ada aplikasi bandel yang tidak bisa dihapus di Android? Tidak perlu khawatir, sebab kali ini kita akan share cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android dan sudah tested 100% work.

Saat masuk ke play store mungkin anda akan menemukan berbagai macam aplikasi dan mulai mencobanya. Namun kadang kita menemukan aplikasi aneh yang tidak bisa di uninstall atau hapus.

Aplikasi semacam ini biasanya dibuat oleh developer handal sehingga menyulitkan pengguna untuk bisa menghapusnya. Karena pada saat anda menginstal aplikasi tersebut, terdapat beberapa ijin yang diminta oleh aplikasi.

Fitur tersebut biasanya meminta untuk mengakses dan memaksa sistem untuk memberikan akses terhadap device administrator. Aplikasi semacam ini sudah bisa dikategorikan sebagai aplikasi pengganggu dan berpotensi mengandung virus malware.

Namun setiap masalah pasti ada solusinya, disini kami akan jabarkan bagaimana cara menghapus apk yang tidak bisa dihapus dengan cara manual atau bisa juga melalui aplikasi pihak ketiga terpercaya.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Sebagai contoh disini saya akan menghapus aplikasi yang bernama “Easy Touch“, kebetulan aplikasi ini saya menginstalnya dan ternyata terdapat sekali banyak iklan didalamnya.

Aplikasi ini susah dihapus, setelah saya cek ternyata dia punya akses ke Administrator Perangkat sehingga membuatnya menjadi sulit untuk dihapus sebelum akses tersebut di nonaktifkan.

Pertama silakan anda masuk ke menu Setelan > Privasi > Administrator perangkat.

Kemudia jika sudah masuk ke Administrator perangkat akan terdapat centang pada Easy Touch, silakan anda hilangkan centang tersebut lalu pilih Nonaktifkan.

Sekarang aplikasi tersebut sudah tidak memiliki akses ke menu tersebut, jadi anda bisa menghapusnya sekarang juga. Pilih Paksa berhenti lalu Uninstal.

Selesai, kini aplikasi tersebut sudah hilang dari menu aplikasi di ponsel anda.

Note : Saya menggunakan perangkat Xiaomi dengan MIUI 10 dengan sistem Android 6.0.1 Marshmallow untuk mempraktikkan cara diatas. Untuk tipe hp lain silakan menyesuaikan.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus dengan CCleaner

Kali ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama CCleaner, aplikasi ini memberikan fitur Pengelola Aplikasi dimana pengguna bisa menghapus aplikasi melalui fitur tersebut.

Tidak perlu takut, sebab aplikasi ini terpercaya dan sudah populer dikalangan pengguna smartphone Android dan PC. Aplikasi ini bahkan bisa membersihkan cache secara tuntas.

Pertama silakan instal terlebih dahulu CCleaner melalui play store DISINI.

Setelah berhasil di instal, silakan masuk ke aplikasi lalu tap bagian menu pada CCleaner dikiri atas, selanjutnya pilih Pengelola Aplikasi.

Pilih aplikasi mana yang ingin dihapus, lalu lanjutkan dengan menekan ikon pilihan yang ada dibawah kanan menu.

Konfirmasi dengan tekan OK/ YES dan tunggu hingga aplikasi selesai dihapus.

Selesai.

Saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan CCleaner sebagai aplikasi pembersih di ponsel. Sebab aplikasi ini memiliki kinerja yang bagus dan dapat melegakan RAM dengan efisien.

Selain bisa berguna untuk menghapus aplikasi yang membandel, aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk menganalisis penyimpanan dan cache yang ada pada ponsel.

Factory Reset

Factory reset atau yang lebih dikenal dengan hard reset adalah metode untuk menghapu semua data pada memori telepon. Hal ini akan menghapus total file dan juga aplikasi pada memori internal.

Factory reset biasanya dilakukan saat smartphone Android dalam keadaan error dan juga termasuk saat tidak bisa menghapus aplikasi atau apk tertentu.

Ini menjadi solsui terkahir bagi anda yang gagal menghapus aplikasi dan sudah mencoba dua cara diatas.

Untuk melakukannya anda hanya perlu masuk ke Setelan lalu pilih Cadangkan & setel ulang, selanjutnya pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik dan Setel ulang telepon.

Factory Reset

NOTE : Hard reset akan menghapus semua data yang ada pada memori internal hp. Jadi sebelum anda melakukan hal ini, pastikan terlebih dahulu lakukan backup untuk data-data yang penting.

Ada banyak alasan pengguna ingin menghapus aplikasi yang terlanjur di instalnya, seperti terlalu banyak menampilkan iklan, bentrok dengan aplikasi lain, dan juga hal mengganggu lainnya.

Seperti yang pernah alami dulu yaitu pernah menginstal apk 9apps dari sebuah website dan otomatis terpasang di handphone yang saya gunakan. Saat ingin dihapus ternyata aplikasi tersebut cukup bandel dan tidak bisa.

Setelah mencari-cari caranya akhirnya tidak ada yang bisa mengatasi masalah tersebut kecuali dengan satu cara yaitu melakukan Reset Pabrik atau Factory reset.

Tips Instal Aplikasi Bagi Pengguna

Jangan sekali-kali menginstal aplikasi sembarangan dari play store apalagi yang tidak memiliki review dan ratingnya cukup jelek. Biasakan melihat terlebih dahulu beberapa review yang dikatakan oleh pengguna.

Selalu aktifkan pemindai otomatis saat menginstal aplikasi baru, meskipun sudah ada Google Play Protect yang menjaga keamanan aplikasi di play store. Namun tidak menutup kemungkinan untuk aplikasi jahat tetap berada didalamnya.

Hindari menginstal aplikasi dari luar play store dalam bentuk APK. Hal ini cukup berbahaya sebab kita tidak tau apk yang kita instal apakah disisipi virus atau tidak.

Akhir kata,

Cara diatas berlaku untuk semua merek handphone seperti Samsung, Xiaomi, Asus Zenfone, Huawei, Lenovo, Advan, Oppo, Vivo, Lava, Infinix, Realme dan lainnya.

Demikian tutorial dari kami tentang cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil diterapkan oleh pengguna.

Tinggalkan komentar