7 Cara Mengatasi “Aplikasi Tidak Bisa Dibuka” di HP Realme

Smartphone realme mungkin masih banyak yang belum mengenalnya, karena ini merupakan smartphone yang resmi didirikan pada tanggal 4 mei 2018, dan juga berbasis di shenzen, tiongkok.

Meskipun terbilang versi murah tapi hp ini mempunyai spesifikasi yang berkelas juga.

Semenjak bualan oktober 2018 Realme telah berhasil mempromosikan produk seperti, realme c1, realme 2, dan realme 2 pro.

Dengan persaingan produsen yang sangat ketat realmi tidak mau kalah dengan prodak lainnya, akhirnya tahun 2019 realme kembali menghadirkan smartphone yang berkelas yaitu Realme 3 Pro.

Yang saat ini telah mengguncangkan para peminat smartphone. Realme 3 Pro juga memberikan spesifikasi dan fitur yang sama dengan smartphone flagship harga tinggi.

10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Ponsel Realme

Berbicara keunggulan dari smartphone ini memang sangat memuaskan sekali karena telah didukung oleh spesifikasi yang sangat tinggi sehingga dapat memuaskan para penggunanya. Seperti bermain game online dan offline, membuka media sosial dan lainnya.

Meskipun dibilang smartphone unggulan mesti ada saja masalah yang akan membut kita merasa terjengkelkan.

Masalah ini biasanya timbul karena memang diri kita yang tidak pandai dalam merawatnnya, atau memang sistem dari hp realme masih mempunyai kekurangan.

Ada masalah mestinya ada solusi. Untuk kalian yang sedang punya masalah dengan hp realme kami akan memberikan solusi atas masalah aplikasi tidak bisa dibuka di hp realme.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache memang salah satu penyebab hp tidak bisa membuka aplikasi. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa untuk selalu memebersihkan sampah yang bersarang di hp kalian.

Kalian bisa membersihkan cache / file temporary yang telah ada pada manajemen aplikasi.

Untuk kalian yang akan membersihkan file sampah pada aplikasi tertentu, kalian cukup mencarinya file manajemen aplikasi dan hapuslah aplikasi mana yang bermasalah.

Berikut caranya,

Silakan terlebih dahulu buka menu Pengaturan > Manajemen aplikasi > pilih nama aplikasi > Penggunaan memori > terakhir tap hapus cache.

2. Instal Ulang Aplikasi

Jika masih belum bisa, kalian coba install ulang aplikasi yang lagi bermasalah. Terutama apliksi yang selalu ada pemberitahuan pesan error atau stop working.

Biasanya hal ini dapat terjadi karena aplikasi nya yang corrupt, server yang lagi bermasalah atau memang pembaruannya yang bermasalah.

Untuk mengistaal ulang, terlebih dahulu kalian hapus aplikasi nya, melalui manajemen aplikasi, bersihkan cache, restart smartphone, kemudian install ulang aplikasi yang sedang bermasalah.

3. Restart Ponsel

Me-restart bukanlah solusi untuk memperbaiki masalah pada aplikasi. Tapi ada baiknya untuk dicoba saja, siapa tau bisa. Karena restart smartphone dapat memfreskan kembali handpone kalian.

Merestart juga dapat memperbaiki bagian RAM yang telah penuh karena terlalu banyak aplikasi yang di buka dan berjalan pada background.

4. Hapus Data Aplikasi

Untuk memperbaiki masalah pada aplikasi yang tidak bisa dibuka, kalian bisa menghapus data apikasi yang terkait. Tentunya data yang telah dihapus akan berupa basis data, cache, cookies, data loading, dan juga file temporary lainnya.

Jika ada chat resmi tidak mau hilang ada baiknya sebelum kalian menghapus data aplikasi backup terlebih dahulu semuanya ke Google, seperti WhatsApp, messenger dan lain- lain.

5. Gunakan Aplikasi Manajer Telepon

Selanjutnya untuk memperbaiki masalah pada aplikasi tidak bisa dibuka iyalah aplikasi manajer telepon.

Kebanyakan dari pengguna yang sering membuka dan menjalankan suatu aplikasi, otomatis akan menyebabkan terkurasnya memori internal jika tidak melakukan pembersihan secara berkala.

Berikut cara menghapus dan restart smartphone melalui manajer telepon Langkah pertama silakan buka aplikasi manajer telepon (aplikasi bloatware bawaan dari hp realme) > pilih bersihkan memori.

Selanjutnya klik akhiri semua. Dan centang semua apliaksi maupun game yang terlihat, kemudian tap hapus. Setelah selesai semua file cache pada aplikasi akan terhapus.

6. Update ColorOS Realme

Biasanya update ColorOS dapat memaksimalkan stabilitas pada sistem Android realme, bisa juga memperbaiki bugs dan kerusakan-kerusakan pada aplikasi yang telah terinstal.

Hal ini bisa diperbarui apabila ada suatu pemberitahuan bahwa opsi update telah tersedia.

Untuk cara updatenya, kalian bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini.

Pertama silakan buka menu Pengaturan > pembaruan perangkat lunak > selanjutnya ikuti saja petunjuk yang telah tersidia pada aplikasi tersebut sehingga memperoleh hasil update yang maksimal untuk kalian.

NB : Gunakan jaringan wifi untuk hasil yang maksimal dan juga lebih cepat.

7. Hard Reset

Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan karena akan mencakup pada semua sistem dan aplikasi yang tersimpan didalamnya.

Namun jika dengan beberapa cara belum terselesaikan juga dan masalahpun benar-benar serius. Kalian bisa melakukan hard reset pada Android.

Tapi sebelum melakukannya pastikan dulu kalian telah melakukan backup pada semua file termasuk aplikasi, foto, video dan lain-lain. Jika sudah selesai silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.

Pastikan smartphone kalian dalam keadaan off / mati, selanjutnya tekan tombol “Power+Volume Down” secara bersama, sampai masuk pada menu ColorOS Recovery.

Pada menu tersebut biasanya akan ada pilihan Bahasa, silakan kamu pilih Bahasa English, (gunakan volume up dan down untuk navigasi atas dan bawah).

Baca juga : 12 Masalah Hp Oppo & Cara Mengatasinya (Lengkap) untuk Semua Tipe

Kemudian kalian pilih wipe data untuk melakukan hard reset, dan konfirmasi dengan mengklik ok. Tunggu sampai peroses wipe data selesai. Terakhir silahkan reboot untuk memuat ulang smartphone.

Tinggalkan komentar