7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang (Semua Android)

Android merupakan salah satu basis smartphone yang cukup dikenal dan banyak diminati para pengguna ponsel pintar. Selain aksesnya yang memudahkan, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan pun cukup menarik.

Salah satu fasilitas yang banyak digunakan yaitu aplikasi bernama Play Store.

Pengguna smartphone Android pasti sangat sering menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk mendownload aplikasi penunjang yang dibutuhkan di Android.

Namun, tak jarang juga para pengguna Android mendownload aplikasi bukan melalui Play Store melainkan melalui website tertentu atau mengikuti link-link tertentu.

Dengan begitu, para pengguna Android terkadang mengalami masalah aplikasi tidak terpasang.

Masalah seperti ini membuat para pengguna Android menjadi kesal maka mencari cara mengatasi aplikasi tidak terpasang.

Berikut kami akan berikan beberapa tips yang bisa anda lakukan

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

1. Restart Ponsel

Cara yang pertama yaitu cobalah Anda mematikan smartphone terlebih dahulu. Restart ulang smartphone atau jika memungkinkan cobalah lepaskan baterai smartphone Anda dan kemudian nyalakan kembali.

Biasanya cara seperti ini dapat membantu mengatasi masalah aplikasi yang tidak terpasang.

Restart Ponsel

Setelah melakukan reboot atau restart cobalah pasang aplikasi yang diinginkan di Android Anda. Sebaiknya uninstal aplikasi yang tidak digunakan.

Jika cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang pertama ini tidak berhasil, cobalah cek aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan kembali.

Seperti yang sudah diberitahukan bahwa salah satu penyebab tidak terpasang mungkin karena tempat penyimpanan yang penuh.

2. Cek Versi Aplikasi

Cara Selanjutnya adalah cek last version dari aplikasi yang ingin Anda pasang. Mungkin Anda sudah menginstal aplikasi namun berbeda versi. Jadi lebih baik pilih salah satu versi saja.

Biasanya aplikasi tidak dapat terpasang jika sudah ada aplikasi yang sama di dalam Android.

Lakukanlah uninstall terhadap salah satu aplikasi yang sama. Simpanlah salah satu aplikasi yang sama, tidak perlu menyimpan dua aplikasi yang sama dengan berbeda versi.

3. File APK Rusak / Corrupt

Cek ulang aplikasi yang ingin Anda install. Pastikan aplikasi yang akan diinstall tidak memiliki masalah apapun. Pastikan tidak memiliki error ataupun corrupted file.

Instalasi untuk aplikasi tersebut harus benar. Cek kembali ketika Anda melakukan copy paste pada saat download dan pemasangan aplikasi di Android.

Mungkin ada satu karakter yang tidak tertera pada saat melakukan copy paste.

4. Reset Preferensi Aplikasi

Cara selanjutnya mengatasi aplikasi tidak terapasang, Anda bisa melakukan reset untuk preferensi aplikasi.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara masuk ke Setelan > aplikasi > Semua > lalu pilih menu tiga titik yang ada dikanan atas, dan silakan Setel ulang pref aplikasi.

Reset Preferensi Aplikasi

Anda juga bisa mengganti pengaturan atau setting di Android Anda dengan cara mengganti pengaturan app installation location.

Biarkan sistem yang ada pada Android memilih lokasi atau tempat penyimpanan untuk aplikasi yang akan dipasang.

5. Penyimpanan Internal Penuh

Ternyata penyimpanan internal yang hampir penuh juga bisa jadi penyebab mengapa gagal dalam menginstal aplikasi.

Penyimpanan Internal Penuh

Bagaimana bisa? Sebab rata-rata smartphone masa kini sudah otomatis menyimpan aplikasi terpasang pada memori internal.

Misal memori internal kalian tinggal 1 GB, dan aplikasi yang ingin di instal memiliki size 500 MB, maka kapasitas 1 GB tidak cukup karena paket yang akan di urai mungkin akan lebih dari 500 MB.

Untuk masalah memori internal penuh, kamu bisa baca artikel berikut ini : 7 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh (100% Berhasil)

6. Pastikan Ponsel Tidak Terhubung dengan Laptop / PC

Solusi lainnya untuk aplikasi tidak terpasang, Anda harus memastikan bahwa tempat penyimpanan SD Card Anda sedang tidak terhubung dengan komputer atau perangkat lainnya.

Karena jika anda sambil melakukan transfer data antara laptop dan smartphone, itu juga bisa menyebabkan kita gagal saat dalam menginstal aplikasi.

7. Format Kartu SD

Solusi yang satu ini mungkin menjadi salah satu solusi terburuk yang dipilih. Namun, solusi ini mungkin menjadi salah satu solusi yang cukup efektif.

Anda mungkin harus melakukan format ulang terhadap SD Card atau tempat penyimpanan aplikasi yang lain.

Sebelum Anda melakukan format ulang pada penyimpanan tersebut, lebih baik Anda backup atau simpan dan pindahkan file-file yang ada di Smartphone.

Melakukan format ulang terhadap SD Card membuat data-data atau file-file yang Anda miliki terhapus secara otomatis.

Baca juga : Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Diformat?

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android Anda. Jadi, pastikan dulu aplikasi yang akan Anda pasang, Anda bisa mencoba salah satu solusi di atas.

Tinggalkan komentar