Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

7 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh (100% Berhasil)

2 min read

AndroidGaul.id – Penyimpanan internal pada smartphone semakin lama semakin besar mengingat ada banyak sekali aplikasi saat ini yang membutuhkan ruang besar. Misalnya seperti game PUBG Mobile, Asphalt 9 Legends, AOV, Mobile Legends dan game dengan kualitas grafik HD lainnya.

Maka dari itu produsen ponsel terus mengeluarkan seri ponsel dengan penyimpanan yang luar biasa besar contohnya saja pada Samsung Galaxy A10 yang memiliki internal storage 1 TB dan di bandrol kurang lebih 24 juta rupiah.

7 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh (100% Berhasil)

Umumnya yang paling kecil untuk varian saat ini kebanyakan sudah menggunakan RAM 3GB dengan penyimpanan internal 32 GB dimana kadang ruang tersebut kurang, sehingga banyak yang mengalami dan sering muncul peringatan penyimpanan internal hampir penuh.

Meskipun kita bisa mengakalinya dengan menggunakan kartu SD yang memiliki size besar, namun itu hanya berlaku untuk file media seperti foto, video dan musik saja. Untuk aplikasi, sudah jarang sekarang yang bisa dipindah ke memori eksternal.

Maka dari itu disini kita akan share beberapa trik cara untuk mengatasi penyimpanan internal hampir penuh di Android. Berlaku untuk Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo dan Asus Zenfone.

Penyebab Penyimpanan Internal Hampir Penuh di Android

Namun sebelum kita langsung ke cara mengatasinya, kita juga perlu tau apa saja penyabab penyimpanan internal hampir penuh agar kedepannya bisa menjaga-jaga agar tidak terulang kembali kasus yang sama.

  • Terlalu banyak menginstal aplikasi pada memori internal
  • File mp3, video, foto yang berlebihan ditaruh dalam memori internal
  • File cache aplikasi, game dan hasil browsing yang jarang dihapus

7 Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Faktor pertama adalah aplikasi yang terlalu banyak terpasang di memori telepon sehingga memberatkan penyimpanan internal dan membuatnya penuh.

Apa patokan aplikasi yang jarang digunakan? Kamu bisa lihat apa saja aplikasi yang tidak kamu gunakan selama seminggu terakhir jika kamu bingung memutuskannya.

Proses ini dapat kamu lakukan langsung dari menu, atau bisa juga lewat pengelola aplikasi dan pilih menu hapus atau uninstall.

2. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

Alternatif lain untuk mengosongkan memori internal juga bisa dengan cara memindah data aplikasi ke SD Card. Cara bisa anda simak dibawah ini:

  1. Masuk ke Setelan
  2. Pilih Pengelola Aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin di pindah ke Sd Card, lalu pilih Pindahkan ke SD Card

Meskipun ada beberapa jenis ponsel yang tidak memiliki menu ini seperti pada Xiaomi, namun kalian tetap bisa mengakalinya dengan cara root dan metode berbeda.

3. Hapus Cache Aplikasi

Kami sudah sering membahas masalah cache pada Android, yaitu file hasil generate dari aktivitas kita saat menggunakan smartphone seperti memuat gambar kecil (thumbnail) pada galeri dan riwayat data aplikasi.

Hapus Cache Aplikasi

Jika kalian lama tidak membersihkan file tersebut, hasilnya dia akan terus menumpuk di memori internal dan bisa menyebabkan memori cepat penuh.

Silahkan hapus cache tersebut dengan bantuan aplikasi clear cache yang kalian percaya seperti misalnya Clean Master, CCleaner dan semacamnya.

4. Pindah File Media Foto, Video dan Musik ke Sd Card

Buat kalian yang suka mengkoleksi foto, musik dan video dalam jumlah yang banyak otomatis akan mengakibatkan penyimpanan jadi cepat penuh. Jadi kita sarankan untuk menggunakan kartu sd dengan kapasitas yang besar misalnya 32 GB untuk menampung semua file media.

5. Ubah Lokasi Penyimpanan Hasil Foto Kamera

Dan buat kalian yang suka jepret-jepret foto dan rekam video di kamera ponsel sebaiknya atur lokasi penyimpanan hasil foto agar tersimpan otomatis ke kartu SD agar tidak membuat penyimpanan internal penuh.

Apalagi untuk smartphone android dengan resolusi kamera cukup tinggi seperti redmi note 7 yang hasil kameranya bisa 5 MB sampai 10 MB per foto yang diambil.

Ubah Lokasi Penyimpanan Hasil Foto Kamera

Pengaturan ini dapat anda temukan di Setelan kamera, lalu cari Simpan ke kartu SD dan aktifkan.

6. Hapus Pesan (SMS) Juga Aplikasi Pesan

Meskipun tidak memiliki size seberapa, namun lumayan untuk menghilangkan notifikasi penyimpanan internal hampir penuh pada smartphone Android.

Hapus Pesan (SMS) Juga Aplikasi Pesan

Karena saat ini ada banyak sekali aplikasi chatting seperti WA, BBM dan Line yang kadang memiliki chat cukup banyak sehingga bisa membuat penyimpanan internal menjadi sesak.

7. Hapus APK dari File ShareIt

Jika kamu suka meminta aplikasi dari teman via shareit, tentu file apak tersebut secara default akan disimpan di memori telepon. Tidak hanya apk saja, namun file media seperti foto, video dan musik juga akan disimpan pada folder shareit.

Hapus APK dari File ShareIt

Jika apk sudah terpasang di ponsel kamu, sebaiknya hapus saja file apk yang tidak dibutuhkan. File-file tersebut dapat kalian temukan di Penyimpanan internal > SHAREit.

Baca juga:

Dengan melakukan beberapa trik diatas terbukti ampuh untuk cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh disemua jenis ponsel Android.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id