Cara Masuk Bios Lenovo dengan Benar & Aman (Semua Tipe)

BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System. Berguna untuk mengenali komponen-komponen dalam komputer entah itu perangkat keras seperti prossesor, hard disk, drive optik dan sebagainya.

Juga berguna untuk menyiapkan mesin agar software-software di dalamnya bisa mengolah berbagai perintah sesuai dengan tugasnya. Seperti load, eksekusi, dan terhubung dengan komputer lainnya.

BIOS akan muncul ketika Anda menghidupkan komputer untuk pertama kali.

Bagi Anda yang baru saja memiliki komputer atau laptop baru, harus melakukan setup BIOS agar komputer Anda bisa terhubung ke perangkat keras dan bisa menjalankan software di dalamnya secara maksimal.

Tapi sayangnya, bagi Anda yang menggunakan laptop merk Lenovo, cara masuk ke BIOS ini agak berbeda dibanding menggunakan merk lain.

Lenovo sendiri adalah salah satu perangkat komputer yang terkenal dengan harganya yang terjangkau dibanding komputer lainnya.

Selain memproduksi laptop, Lenovo juga menghasilkan perangkat canggih lainnya seperti komputer, monitor, laptop dan smartphone.

Karena harganya yang terjangkau itu, Lenovo menjadi salah satu merk yang banyak dipakai orang. Dan di samping harganya yang terjangkau, spesifikasi yang diberikan pun tak kalah dengan merk-merk laptop yang lain.

Lenovo juga memberikan kita beberapa pilihan laptop yang memudahkan pekerjaan kita. Seperti tipe laptopnya yang dinamai dengan ThinkPad dan IdeaPad.

Keduanya sangat pro di bidang masing-masing. Dimana ThinkPad cocok untuk kegiatan bisnis, sementara IdeaPad sangat cocok untuk kegunaan menciptakan karya seperti desain grafis atau sejenisnya. Selaras dengan namanya.

Dan untuk kalian yang kebingungan tentang bagaimana cara masuk ke BIOS Lenovo, dan supaya tidak salah langkah, ikutilah tutorial di bawah ini.

Cara Masuk BIOS Lenovo yang Benar

Cara Masuk Bios Lenovo

Caranya memang agak berbeda dengan metode yang dipakai laptop lainnya. Tapi bukan berarti ‘berbeda’ tidak ada caranya kan?

Berikut adalah cara masuk BIOS Lenovo yang bisa dilakukan dengan mudah.

Langkah pertama kalian mulai dengan menghidupkan laptop Lenovo Anda

Tunggu proses booting pada laptop. Jika sudah selesai, tekan kombinasi perintah seperti yang tertera di bawah ini dengan keyboard laptop Lenovo.

Setiap tipe laptop memiliki kombinasi tombol yang berbeda:

  • Lenovo ThinkPad: tekan tombol fn dan f1
  • Lenovo G405 atau G Series: tekan tombol fn dan f2
  • Lenovo IdeaPad: tekan tombol f1

Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke BIOS Lenovo

Di dalam halaman tersebut, Anda bisa memulai melakulan konfigurasi Laptop seperti yang Anda inginkan

Sampai di sini Anda telah berhasil masuk ke BIOS Lenovo. Anda bisa mengatur konfigurasi apa saja sesuai keinginan kalian di sana.

Tapi biasanya langkah di atas digunakan orang untuk menginstall sistem operasi laptop agar proses booting bisa dimulai dari DVD atau FlashDrive.

Cara tersebut sangat dibutuhkan untuk mereka yang komputernya mengalami sistem corrupt atau rusak.

Atau bahkan juga ada beberapa pengaturan yang dapat meningkatkan kinerja laptop seperti memperbesar konfigurasi VRAM dan lain sebagainya.

Untuk sekadar melakukan pengaturan-pengaturan kecil seperti itu tidaklah apa-apa. Tapi yang harus diwaspadai adalah ketika kalian akan mengupdate BIOS laptop Anda.

Mengupdate BIOS bukanlah perkara yang bisa dilakukan secara sembarangan.

Harus hati-hati, dan sebaiknya jangan melakukan update BIOS karena bisa membuat laptop Anda rusak. Namun jika digunakan untuk mengganti pengaturan-pengaturan di dalamnya itu masih aman.

Intinya, bagi Anda yang masih pemula, ikuti langkah-langkah dengan benar untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat berakibat fatal terhadap perangkat keras kalian.

Dan itu lah cara mudah untuk masuk BIOS melalui laptop Lenovo. Mudah dan sangat praktis sekali bukan?

Tinggalkan komentar