Cara Membuat Pengingat di Android dengan Google Kalender

Saya sendiri adalah seseorang yang pelupa jika ada acara ataupun kegiatan lainnya. Bahkan terkadang saya melewatkan beberapa acara penting dan baru sadar saat acara tersebut sudah selesai.

Apalagi acara tersebut sangat penting, seperti pernikahan sahabat, pernikahan saudara atau acara penting seperti wisuda teman dan sanak saudara.

Nasi sudah jadi bubur, tentu hal tersebut sangat disayangkan. Padahal jika kita memang pelupa, kita masih bisa memanfaatkan smartphone sebagai pengingat jika ada acara penting.

Beruntung sekali saat ini sudah ada aplikasi pengingat yang bernama Google Kalander. Ya, aplikasi ini adalah buatan raksasa teknologi yaitu Google.

Sama seperti aplikasi kalender lainnya, dia juga menampilkan tanggal dan tahun lengkap dengan hari libur dan hari-hari besar lainnya.

Dan yang paling penting lagi, kita bisa membuat pengingat dengan aplikasi tersebut secara gampang. Untuk langkah-langkahnya, silakan simak dibawah ini.

Cara Membuat Pengingat di Android

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Kalender di play store (Gratis).

Silakan instal seperti biasa, lalu jalankan aplikasi Google Kalender.

Pada tampilan pertama, kalian langsung berhadapan dengan kalender.

Tekan ikon plus (+) lalu pilih Pengingat untuk menambahkan catatan pengingat.

Tambahkan pengingat

Dan silakan kalian beri nama pada pengingat tersebut, seperti misalnya reuni, acara nikahan, ataupun kegiatan penting yang lain. Atur tanggal, bulan dan tahun juga.

buat pengingat

Setelah selesai, silakan tekan Simpan.

pengingat selesai dibuat

Maka dengan begitu pengingat anda sudah tampil pada Google Kalender dan secara otomatis akan mengingatkan kalian jika sudah jatuh pada tanggal yang sudah ditentukan.

Kami juga sedang mempersiapkan tutorial dalam bentuk Video, hanya saja masih dalam tahap editing. Dan jika sudah selesai, nanti akan kami publikasikan dibawah ini.

Tips : Saat membuat pengingat (Reminder) di Android sebaiknya kalian membuatnya sebelum tanggal atau hari jadi. Misalnya acara pernikahan seorang teman tanggal 21 oktober 2019, nah kita buat pengingat di tanggal 20 oktober. Sehingga kita ingat, bahwa hari esok ada acara penting.

Google kalender sangatlah ringan, jadi kamu tidak perlu takut penyimpanan ponsel akan penuh dengan memasang aplikasi tersebut.

Sudah lebih dari satu juta orang yang menginstal aplikasi Google Kalender, dan mereka semua rata-rata puas dengan memberikan rating yang cukup tinggi yaitu 4,2 di Play Store.

Aplikasi ini juga sangat cocok sebagai pengganti kalender bawaan yang ada di ponsel. Selain memiliki tampilan yang sederhana, kita juga bisa melakukan sinkronisasi dengan akun Google yang kita miliki.

Juga dilengkapi dengan fitur untuk menampilkan hari libur atau tanggal merah dan hari besar lainnya. Jadi bisa dibilang Google Kalender merupakan aplikasi kalender terbaik dan juga lengkap.

Begitulah cara membuat pengingat di Android dengan mudah. Memang masih ada banyak aplikasi pengingat yang bisa kita coba secara gratis, namun untuk lebih mudahnya saya sarankan menggunakan Google Kalender saja, selain gratis dia juga lebih lengkap dalam hal fitur.

Tinggalkan komentar