Cara Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi di Semua Android

Cara Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi – Saat menggunakan ponsel dengan spesifikasi kentang atau rendah, berbagai masalah sering muncul. Salah satunya adalah hamparan layar terdeteksi. Kalau Anda sering mengalami, ada baiknya untuk tahu cara mengatasi hamparan layar terdeteksi.

Dengan mengetahui cara ini, berbagai aktivitas di ponsel bisa berjalan dengan lancar mulai dari pemasangan aplikasi sampai menggunakannya. Cara di bawah ini sifatnya sementara dan kemungkinan besar akan muncul kembali.

Cara Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi

1. Memperbarui Sistem pada HP

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memperbarui sistem dari HP. Cara ini cukup berhasil karena masalah hamparan layar atau screen overlay ini sering disebabkan oleh bug yang dimiliki oleh sistem.

Apa pun jenis ponsel Android yang saat ini Anda gunakan, ada baiknya untuk melakukan update sistem secara berkala. Cara ini bisa dilakukan dengan mengakses sistem dan about dari ponsel. Kalau ada pembaruan, biasanya permintaan untuk unduh akan muncul.

Anda bisa mengunduh file update dari sistem sampai selesai. Usahakan menggunakan koneksi atau jaringan yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mengupdate dengan sempurna dan tidak ada file yang mengalami corrupt.

2. Mematikan Aplikasi yang Berjalan

Beberapa aplikasi yang sedang berjalan di background seperti anti virus atau aplikasi yang tersambung ke sistem, biasanya menghalangi aplikasi berjalan dengan lancar. Dampaknya, notifikasi hamparan layar terdeteksi akan sering muncul.

Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mematikan aplikasi sistem yang berjalan di background. Anda bisa menggunakan aplikasi atau setting untuk melakukan forced close pada beberapa aplikasi.

Setelah mematikan beberapa aplikasi yang dianggap mengganggu, coba buka kembali aplikasi yang sering gangguan. Kalau sudah bisa berjalan dengan lancar, kemungkinan besar penyebab gangguan memang aplikasi yang berjalan di sistem.

Baca juga: Penyebab Layar iPhone Mati Tapi Mesin Hidup

3. Update Perizinan pada Aplikasi

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengatasi hamparan layar terdeteksi adalah perizinan dari aplikasi itu sendiri. Coba masuk ke setting lalu ke Apps. Cek aplikasi yang akan dipakai. Selanjutnya, masuk ke bagian perizinannya.

Misal ada bagian perizinan seperti kamera yang belum dicentang. Kalau hal ini dibiarkan, notifikasi yang mengganggu itu akan muncul. Itulah kenapa Anda disarankan untuk menggeser perizinannya. Jadi, aplikasi akan mendapatkan beberapa akses yang dibutuhkan.

Meski demikian, ada baiknya untuk mengecek jenis aplikasi dan jenis perizinannya ya. Kalau tidak sesuai, justru membuat ponsel jadi bahaya. Apalagi kalau sampai aplikasi mengambil atau merekam data pribadi.

4. Mereset Aplikasi dan Perizinannya

Apabila berbagai cara di atas masih tidak bisa dilakukan dan gangguan tetap saja muncul. Coba untuk melakukan reset pada aplikasinya. Masuk ke menu setting, Apps, lalu pilih aplikasi. Lakukan clear cache atau data.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengatur lagi perizinannya agar menjadi default. Beberapa ponsel Android sudah ada yang memiliki fitur ini. Jadi, Anda bisa dengan mudah melakukan reset.

Apabila ponsel tidak bisa melakukannya, coba uninstall dan pasang kembali. Dengan begitu, settingan untuk perizinan menjadi default.

Empat cara mengatasi hamparan layar terdeteksi di atas bisa Anda praktikkan untuk membuat aplikasi bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat memasang aplikasi lain atau menggunakannya sesering mungkin.

Baca juga: Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan Oleh Pengguna Lain

Lebih dari itu, ada baiknya untuk mengganti ponsel kalau memang permasalahan ini sering muncul. Ponsel baru dengan jeroan yang baik dan sistem memadai akan mencegah berbagai bus sehingga aktivitas apa pun dengan ponsel tidak ada hambatannya.

Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id