Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

10 Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air, Pasti Belum Tau Trik ini Kan?

3 min read

AndroidGaul.id – Kelalaian kita dalam menjaga smartphone terkadang dapat berakibat fatal lantaran kita yang lengah. Seperti contoh hp kemasukan air, terendam atau jatuh ke air adalah hal yang sangat ceroboh. Memang kita tidak sengaja melakukannya, namun akibatnya hp bisa jadi mati total lantaran masalah tersebut.

Apalagi kemasukan air hujan yang mana itu dapat membuat komponen terutama besi yang ada pada hp jadi karat.

Belum lagi jika aliran listrik yang ada didalamnya dihidupkan saat air masih ada, maka komponen bisa gosong karena saling terhubung.

Namun jika sudah terlanjur musibah tersebut sudah terjadi, maka segeralah lakukan 10 cara mengatasi hp kemasukan air berikut ini yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air, Langkah Cepat yang Harus Dilakukan

1. Cabut Baterai

Hal pertama yang harus dilakukan dengan cepat dan WAJIB adalah mencabut baterai. Dengan begini tidak akan ada menimbulkan masalah sambungan short yang bisa berakibat fatal pada komponen yang ada didalamnya.

Cukup matikan hp kalian lalu copot baterai, lalu ikuti langkah selanjutnya yang ada pada langkah kedua dibawah ini.

Bagaimana dengan baterai tanam? Nanti akan kita bahas di akhir artikel.

2. Buka Casing dan Bongkar Baut

Ini sih opsional karena menyesuaikan dengan kondisi hp yang terkena air. Jika body hp terkena semua, sangat penting untuk membuka casing dan juga baut didalamnya untuk mengeringkan mesin hp yang telah terkena air.

Namun jika hanya percikan sedikit air saja, kalian bisa menjemurnya beberapa saat atau di kipas angin dan selesai. Namun kami sarankan untuk membuka baut saja dan ambil mesin didalamnya untuk di keringkan.

“Untuk cara membongkar hp yang aman bisa kalian lihat di video tutorial YouTube, hati-hati saat membongkar hp sendiri terutama pada kabel touchscreen, LCD dan fingerprint (jika ada) jangan sampai putus”

3. Jemur atau Keringkan Mesin Hp

Jika kalian sudah berhasil membongkar mesin hp, sekarang saatnya mengeringkan atau menghilangkan air yang ada pada komponen hingga kering.

Jika cuaca mendung dan tidak ada sinar matahari, gunakan saja kipas angin hingga kering atau bisa juga dengan memanggangnya di dekat kompor, tapi jangan terlalu dekat juga sih.

4. Sedot Air Menggunakan Vacum Cleaner

Seharusnya dengan 3 langkah diatas kalian sudah berhasil mengatasi hp yang kemasukan air. Namun jika ingin mencoba opsi lain bisa dengan menggunakan vacum cleaner untuk mengeringkannya.

5. Gunakan Kain Penyerap Air

Gunakan kain yang dapat menyerap air hingga kering, anda bisa menempelkan pada bagian komponen yang basah agar air dapat diserap dengan cepat.

Atau anda juga bisa menggunakan busa yang ada pada jok sepeda motor atau mobil yang memiliki daya serap cukup tinggi.

Saya pernah menerapkan hal ini pada lapangan futsal yang digenangi air, dan hasilnya dapat menyerap cukup banyak air.

6. Gunakan Ziplock dan Isi dengan Beras / Sillica Gel

Jika anda tidak suka yang ribet, sebagai alternatif lain anda bisa menggunakan ziplock yang di isi dengan beras atau sillica gel. Fungsi kedua bahan tersebut bisa mengurangi kelembapan.

Campur kedua bahan tersebut lalu masukkan hp yang kemasukan air kedalamnya, nah biasanya orang kan melakukannya tanpa menggunakan ziplock dan hanya beras biasa saja.

7. Diamkan Hp Selama 24 Jam

Jika kalian sudah melakukan beberapa langkah diatas, diamkan hp selama 24 jam tetap dalam keadaan mati agar komponen didalamnya benar-benar kering dan sudah tidak ada air lagi dengan ditaruh dalam ziplock.

Waktu pendiaman pastikan kalian tidak memasang baterai, kartu sim dan memori card.

8. Coba Hidupkan Smartphone

Selama 24 jam telah di diamkan, keluarkan hp dan bersihkan. Lalu sekarang kita coba untuk menghidupkannya, jika hidup sukur Alhamdulillah. Sekarang coba semua menu apakah normal?

Mainkan game, koneksi internet, facebookan, streaming dan stel musik apakah speaker sember atau normal? Pokoknya cek semua hingga benar-benar yakin normal.

9. Bawa ke Tukang Service Terbaik

Jika semua langkah sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, silahkan bawa hp anda ke tukang service terbaik yang memang sudah terbukti jago dalam mengatasi permasalahan hp.

Hati-hari terhadap tukang service hp abal-abal, saya pernah mengalami kerusakan hp dan akhirnya dibawa ke tukang service.

Berjanji kelar 3 hari, setelah 3 hari saya tanyakan tetap belum selesai dan pada akhirnya hp saya mati total tidak bisa hidup sama sekali, dan ternyata setelah dibongkar komponen didalamnya sudah di ambil sebagian.

10. Hp Baterai Tanam Kemasukan Air

Khusus hp baterai tanam memang agak susah, dan satu-satunya cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam adalah dengan membongkar semua komponen didalamnya seperti casing, baterai, kartu dan sd card.

Setelah itu lakukan langkah 1, 2 dan 3 untuk mengeringkannya. Tunggu hingga benar-benar kering dan sekarang anda bisa menghidupkannya.

Kesimpulan

Cara paling ampuh yang sering saya lakukan selama ini untuk mengatasi hp kemasukan air baik punya sendiri atau punya orang lain adalah melakukan pembongkaran semua komponen didalam hp. Dan keringkan dengan cara menjemurnya.

Langkah tersebut bisa anda baca pada cara 1 2 dan 3, jika hp error misalnya tidak bisa hidup bisa juga dengan membersihkannya menggunakan bensin sedikit saja lalu keringkan.

Apa bensin tidak bahaya? Bahaya kalau dibakar, kalau dikeringkan sih tidak bahaya.

Bensin berbeda dengan air, meskipun sama-sama cair tetapi bensin memiliki sifat kering yang cepat. Alternatif selain bensin anda juga bisa menggunakan thinner atau pengencer cat.

Baca juga :

Itulah 10 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hp yang kemasukan air baik di hp baterai tanam dan juga baterai yang bisa dilepas. Semoga artikel kali ini bermanfaat, dan selamat mempraktekkannya dirumah.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id