Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id

10 Cara Mengatasi Hp Sering Mati / Hidup Sendiri (Semua Hp Android)

3 min read

AndroidGaul.id – Masalah hp sering mati dan hidup sendiri atau bahkan restart sendiri ini memang tidak ada habisnya, dan semua pengguna hp Samsung, Xiaomi, Oppo dan vivo bahkan sering mengalaminya. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti akibat sering kehabisan baterai, hp lama tidak dimatikan, dan sebab lain seperti kerusakan hardware.

Banyak pengguna yang heran kenapa bisa hp mati sendiri padahal baterai penuh dan baterai tidak kembung. Bahkan yang lebih parah ada yang hpnya sampai mati total. Dan itu bukan semata-mata karena kualitas hp nya yang buruk, akan tetapi juga bias disebabkan karena kebiasaan buruk dalam menggunakan smartphone oleh pengguna.

Hp Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak

Kalau masalah hp sering mati sendiri padahal baterai banyak atau penuh maka kemungkinannya ada dua, satu pada baterai dan satunya lagi ada pada hardware.

Jika kerusakan pada baterai biasanya meskipun indikator baterai menunjukkan angka 100% atau berapa saja, namun setelah itu hp mati atau restart sendiri, ini bisa saja karena baterai sudah aus dan rusak sehingga perlu diganti.

10 Cara Mengatasi Hp Sering Mati Sendiri

Sebelumnya akan kami rangkum terlebih dahulu apa saja sub cara yang akan kami berikan dibawah ini.

  1. Baterai Rusak / Error
  2. Hp Terlalu Panas
  3. Sering Digunakan Sambil di Charge
  4. ROM Rusak
  5. Tidak Pernah di Update
  6. Akibat Root
  7. Sistem Android Lawas
  8. Hardware Rusak
  9. Virus
  10. Hard Reset

1. Baterai Rusak / Error

Yang pertama adalah baterai yang rusak atau error, permasalahan yang sering terjadi pada hp sering mati adalah ada pada baterai. Baterai merupakan komponen penting karena bertugas untuk memberikan daya kepada seluruh komponen agar dapat berfungsi dengan baik. Saat baterai error, maka seluruh komponen juga tidak bisa berjalan dengan normal.

Baterai Rusak / Error

Cara mengatasinya anda bisa melakukan kalibrasi baterai untuk mengecek serta memperbaikinya.

  • Pertama download aplikasi Baterai Calibration Pro
  • Jalankan aplikasinya
  • Hubungkan charger dengan hp kamu
  • Isi daya hingga full 100%
  • Klik tombol kalibrasi
  • Dan lepaskan kabel usb charger dari hp
  • Selesai

Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka sistem dan baterai akan kembali bekerja dengan baik.

2. Hp Terlalu Panas

Menggunakan hp dalam waktu lama akan menimbulkan panas, apalagi jika digunakan untuk bermain game online yang membutuhkan paket data. Jika suhu panas ini dibiarkan secara lama dan terus menerus, maka lambat laun komponen hp bisa lemah atau bahkan mati, dan ini juga bisa membuat hp tiba-tiba mati sendiri.

Hp Terlalu Panas

Tips dari kami gunakan smartphone kamu seperlunya saja seperti membuka sosmed, nonton youtube, dan bermain game dalam waktu yang wajar. Jangan sampai smartphone overheating yang bisa merusak komponen lain.

3. Hp Sering Digunakan Sambil di Charge

Sering menggunakan hp sambil di cas malah lebih berbahaya dari pada memainkannya dalam waktu lama. Apalagi kamu sering menggunakannya saat sambil main game online seperti pubg yang membutuhkan banyak daya dan juga load cpu yang kencang.

Penggunaan yang berulang-ulang dana dalam waktu yang lama akan membuat komponen hp cepat mati seperti ic power yang berakibat tidak bisa di cas.

Selain itu hal tersebut akan membuat baterai hp kembung dan dapat membuat hp error restart sendiri terus-menerus.

Buat kalian yang menggunakan Power Bank juga sistemnya sama, jadi jangan menggunakan smartphone sambil di cas dengan power bank jika ingin baterai kalian awet.

4. ROM Rusak

ROM atau Firmware adalah software yang mengendalikan semua komponen keras didalam smartphone. ROM ini bekerja sama dengan kernel untuk mengoperasikan smartphone.

ROM Rusak

ROM yang error bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Memasang CWM
  • Custom ROM
  • Modifikasi tampilan

Jika anda menggunakan custom rom yang sudah di modif didalamnya dan mengalami hp mati sendiri setelah menggunakannya. Maka saran kami silahkan kembalikan ke stock ROM aslinya yang bisa kalian unduh di web resmi.

5. Tidak Pernah di Update

Smartphone yang jarang di update baik dari segi sistem dan aplikasinya, bisa saja berdampak error ke perangkat lain seperti sistem yang kurang optimal.

Tidak Pernah di Update

Sistem crash juga dapat membuat hp mati sendiri dan hidup sendiri. Silahkan update ke versi terbaru sistem Androidmu, bisa dengan masuk ke Setelan > Tentang Telepon > Update.

Untuk aplikasi play store, kamu bisa masuk ke aplikasi play store dan pilih menu aplikasi saya, nanti akan ditampilkan aplikasi apa saja yang kalian pasang dan memerlukan update atau tidak.

6. Akibat Root

Kenapa hp yang sering mati sendiri bisa disebabkan karena root? Root adalah upaya dimana pengguna membuka keamanan dari hp itu sendiri untuk keperluan modifikasi tampilan, mengedit file sistem, dan lainnya.

Cara mengatasi hp mati sendiri akibat root bisa kamu lakukan dengan cara melakukan unroot pada perangkat. Cara ini lebih mudah dilakukan dengan aplikasi SuperSU.

7. Sistem Android Lawas

Hp sering mati sendiri biasanya di alami oleh pengguna hp Android lawas yang sudah out-of-date dan sudah tidak mendapatkan update lagi dari vendornya.

Sistem Android Lawas

Seperti Asus Zenfone C saya yang mentok cuma sampai KitKat dan sering bermasalah pada firmwarenya sekarang. Sering panas, mati sendiri, restart sendiri dan boros baterai.

8. Hardware Rusak

Jika kamu sudah menggunakan smartphone dengan wajar dan sudah menghindari semua jenis masalah diatas, maka kesimpulannya bisa kita salahkan pada perangkat hp yang rusak.

Hardware Rusak

Beberapa smartphone memang ada yang build qualitynya kurang bagus sehingga sering bermasalah, namun untuk hal ini sangat jarang terjadi karena sebelum beredar ke pasaran smartphone tersebut sudah lulus uji coba sehingga layak untuk dijual.

Untuk urusan hardware serahkan saja pada ahlinya yaitu teknisi Hp.

9. Virus

Jangan kira karena Android turunan OS Linux jadi tidak bisa terinfeksi virus. Virus bisa menjalar darimana saja seperti dari internet, aplikasi diluar play store, berbagi file antar perangkat dan semacamnya.

Virus

Sifatnya pun beragam, ada yang merusak sistem, ada yang merusak aplikasi dan ada juga yang menampilkan iklan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan ada juga yang bisa membuat hp restart berulang ulang.

Kalau sudah begini, caranya hanya ada dua yaitu menghapus secara manual atau dengan cara hardreset. Untuk artikel menghapus virus, silahkan baca:

6 Cara Menghapus Virus Trojan dan Malware di Android Secara Otomatis

10. Jaringan Naik Turun

Mengapa jaringan yang tidak stabil saya bilang dapat mengakibatkan hp restart dan mati sendiri? Karena saya sudah mengalaminya sendiri.

Jaringan Naik Turun

Jaringan yang naik turun dapat menyebabkan hp tidak normal dan membuat baterai jadi lebih boros bahkan yang lebih parah bisa membuat hp restart sendiri.

Untuk mengatasi masalah jaringan ini ada dua kemungkinan penyebabnya yaitu karena operator yang sedang gangguan, atau karena komponen jaringan hp kita yang sudah mulai lemah.

Khusus perangkat Samsung, anda bisa membaca trik cek jaringan => 17 Kode Rahasia Samsung untuk Jaringan / Sinyal.

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan dari artikel diatas bahwa yang paling sering menyebabkan hp mati sendiri dan restart berulang ulang adalah paling banyak itu karena baterai.

Tips dari kami jaga betul kondisi baterai anda agar tidak berakibat fatal terhadap perangkat lain yang lebih penting.

Sekian artikel kami tentang cara mengatasi hp sering mati sendiri semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga berhasil.

Miftah Adalah seorang yang suka dengan dunia teknologi dan smartphone. Saya hobi menulis mulai dari tutorial, tips trik dan juga review. Saat ini menjadi penulis tetap di AndroidGaul.id