6 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas Agar Tetap Dingin

Bagaimana cara mendinginkan hp Xiaomi yang cepat panas baik saat digunakan untuk sosmed dan juga saat main game? Ada beberapa penyebab yang bisa membuat hp jadi panas. Salah satunya adalah tidak stabilnya firmware yang digunakan.

Smartphone Android memiliki berbagai fitur menarik yang bisa memudahkan seseorang untuk berkomunikasi maupun untuk bermain game.

Namun jenis ponsel ini juga memiliki kelemahan yaitu sering panas. Salah satu merek ponsel android yang mudah panas adalah hp Xiaomi. Biasanya akan panas saat dimainkan game dan juga untuk kebutuhan internet lainnya.

Memiliki ponsel panas membuat pengguna tidak nyaman karena akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel. Hp akan menjadi lebih lambat bahkan hang.

Penyebab dan Cara Mengatasi Xiaomi yang Cepat Panas

Ada beberapa faktor yang tidak disadari pengguna yang menyebabkan hp menjadi panas, diantaranya adalah sedang di isi baterai atau sinyal lemah.

Berikut ulasan beberapa cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas :

1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Banyaknya aplikasi hp Android membuat orang tidak sadar menggunakan secara bersamaan. Kapasitas RAM yang terbatas membuat kinerja ponsel menjadi lebih keras sehingga menyebabkan hp Xiaomi menjadi panas.

Salah satu cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas adalah dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan atau uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Untuk membuat hp Xiaomi tidak panas maka bisa menuju ke menu setting. Setelah masuk ke menu setting pilih aplikasi lalu klik aplikasi yang sedang berjalan.

Setelah memilih aplikasi yang sedang dijalankan lalu klik aplikasi info dan pilih force stop atau henti paksa. Cara ini cukup efektif membuat hp tidak panas.

2. Mengaktifkan Mode Power Saving

Mengaktifkan power saving merupakan salah satu fitur yang ada pada ponsel Android. Tujuan utama power saving adalah menghemat daya atau baterai.

Sebenarnya ada beberapa cara manual untuk mengemat daya. Salah satunya adalah dengan cara meredupkan brightness layar hp dan juga menggunakan aplikasi penghemat baterai.

Pada ponsel Xiaomi juga dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk menghemat baterai. Fitur ini terdapat pada menu keamanan lalu klik baterai.

Setelah ke menu baterai maka pilihlah mode standar yang ada pada profil baterai tersebut. Selain menghemat baterai juga bisa menjaga kinerja smartphone agar tetap berjalan dengan baik.

3. Matikan Ponsel Saat Mengisi Baterai

Kebanyakan orang tetap memainkan smartphone pada saat proses pengisian baterai. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang bisa menyebabkan hp mudah rusak karena suhu panas.

Pada saat pengisian baterai suhu hp akan panas sehingga jika ditambahi dengan penggunaan aplikasi lain akan memperburuk keadaan hp. Kinerja hp juga akan berkurang sehingga lemot.

Saat proses charger biasanya kinerja smartphone akan menjadi lebih lambat, itu disebabkan karena jenis baterai dan kapasitasnya.

Salah satu cara mengatasi hp xiaomi cepat panas yang mudah dan efektif adalah dengan mematikan ponsel. Dalam keadaan mati maka proses pengisian baterai akan berjalan maksimal dan suhu hp akan tetap terjaga.

4. Matikan Fitur Pencari Jaringan

Pada semua jenis smartphone termasuk Xiaomi memiliki fitur yang digunakan untuk mencari perangkat sekitar. Fitur pencari jaringan diantaranya adalah GPS, Share it, WLAN, dan juga Bluetooth.

Terkadang pengguna lupa menutup beberapa aplikasi tersebut setelah digunakan. Hal ini yang membuat ponsel menjadi panas karena beberapa aplikasi tersebut tetap berjalan.

5. Gunakan MIUI versi Stabil

Firmware atau Stock ROM juga bisa menjadi penyebab kenapa Xiaomi cepat panas. Kinerja sistem yang buruk bisa membuat beberapa komponen bekerja dengan keras.

Dan akibatnya CPU lah yang akan terbebani karena harus menghandle proses yang tidak berurutan dengan baik. Dalam hal ini adalah pengkodean yang ditulis kurang rapi.

Dari itulah pihak developer MIUI terus memberikan perbaikan pada setiap versi baru yang dikeluarkan.

Nah jika kalian sudah melakukan beberapa cara diatas namun tetep belum bisa mengatasi masalah panas pada Xiaomi, silakan coba update versi MIUI ke yang terbaru.

About Phone Xiaomi Redmi 3S Prime

Fitur ini dapat ditemui di Setelan > Tentang ponsel > Pembaruan sistem.

6. Matikan Iklan

Untuk pengguna MIUI mungkin sudah tau kalau dalam sistem tersebut terdapat beberapa iklan yang sering tampil. Bahkan tidak hanya di aplikasi pihak ketiga saja, di aplikasi bawaan juga sering ada.

Salah satu penyebab kenapa Xiaomi cepat panas adalah memuat iklan didalamnya. Tentu iklan ini tampil karena ada koneksi internet yang aktif.

Dari itu kami sarankan anda untuk Menonaktifkan Iklan di Xiaomi.

Untuk cara menghilangkan iklan di Xiaomi bisa anda lihat pada postingan kami beberapa waktu lalu DISINI.

Beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas bisa dijadikan referensi untuk para pengguna smartphone.

Penggunaan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas RAM serta cara penggunaan ponsel yang benar memiliki pengaruh besar di dalamnya.

Dengan menghentikan aplikasi yang berjalan secara berkala dapat menjaga suhu ponsel serta kinerja ponsel agar stabil.

Tinggalkan komentar