5 Cara Ampuh Mengecek HP Oppo Asli / Palsu (KW, Replika dll)

Oppo merupakan salah satu merek hp yang terkenal dengan kualitas kamera yang jernih. Terkenalnya hp ini, ada yang sampai menjual hp ini jauh lebih murah dari aslinya.

Namun meskipun murah kalian jangan langsung membelinya sebab bisa jadi hp oppo yang dijual merupakan palsu atau yang biasanya disebut dengan supercopy.

Bisa jadi hp yang dibeli dengan harga murah itu keasliannya diragukan. Untuk itu, berikut adalah cara mengecek keaslian hp oppo dengan mudah.

Cara Mengecek Keaslian HP Oppo Semua Tipe

1. Membandingkan Harga

Seperti yang sudah disampaikan di atas, cara mengecek keaslian hp oppo yang paling mudah adalah dengan membandingkan harga.

Harga hp oppo yang asli biasanya sudah tertera di website, iklan, atau di poster di toko hp terdekat. Jika ada yang lebih murah dari harga aslinya, bisa jadi hp yang dibeli adalah hp oppo yang tidak asli.

Biasanya hp oppo yang tidak asli ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko online.

Hp dengan kualitas yang abal-abal ini tentunya membuat penggunanya kesal dan hp replika seperti ini sangat banyak beredar.

Maka dari itu, teliti lagi sebelum membeli hp oppo agar nantinya penggunanya tidak menyesal.

2. Mengecek Sistem Operasi Oppo

Sistem operasi yang ditanamkan di hp oppo biasanya sudah diberi nama Color OS. Hal ini sama seperti Xiaomi yang memiliki MIUI, Meizu dengan Flyme OS, dan Samsung dengan Touchwiz OS.

Sistem operasi dari masing-masing hp biasanya sudah tertera di berbagai media. Untuk itu ketika menemukan hp oppo yang harganya miring, cek sistem operasinya.

Cara mengidentifikasi dengan mudah ketika membeli hp oppo yang baru biasanya versi sistem operasinya menggunakan versi terbaru. Jadi ketika membeli hp oppo yang murah lihat lagi versi sistem operasinya.

Untuk melihat versi sistem operasinya bisa dilihat di pengaturan kemudian masuk ke lainnya lalu tentang hp.

3. Mengecek Online Kode IMEI

IMEI merupakan nomor identitas yang ada pada hp. Biasanya letak IMEI ini berada di kardus, bagian baterai hp, dan stiker di bagian belakang hp.

IMEI ini bisa diibaratkan dengan nomor KTP yang mana setiap penggunanya memiliki nomor yang berbeda-beda.

Maka dari itu, cek imei merupakan cara termudah untuk cek keaslian hp.

Oppo Indonesia sudah menyediakan layanan di websitenya untuk mengecek keaslian dari hp oppo tersebut. Selain dari cara yang sudah disebutkan, cek imei bisa dilihat dengan menekan *#06# di menu telepon.

Setelah menemukan IMEI, catat kemudian masuk ke website Otentifikasi Perangkat OPPO di website resmi OPPO.

4. Masuk Ke Engineer Mode

OPPO dibekali dengan chipset Mediatek, sehingga hp oppo memiliki fitur yang namanya Engineer Mode.

Mode tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan tes pada hardware, baterai, dan bagian lainnya pada hp.

Untuk masuk ke mode tersebut, caranya sangat mudah dengan hanya tekan *#800# dari menu telepon pada hp oppo kalian.

Setelah masuk ke engineer mode, pilih salah satu bagian yang ingin dites. Salah satu menu yang bisa dijadikan acuan adalah baterai.

Dari engineer mode akan diberikan informasi mengenai baterai masih sehat atau tidak.

Biasanya hp yang abal-abal memiliki kualitas baterai rusak jika dicek menggunakan engineer mode.

5. Melihat Kartu Garansi

Setiap hp yang dibeli secara legal akan selalu diberikan yang namanya kartu garansi. Fungsi dari kartu garansi tersebut adalah agar bisa ditukarkan ke service center ketika terjadi kerusakan.

Biasanya hp oppo yang tidak asli selalu tidak menyertakan kartu garansi. Maka dari itu, sebelum membeli cek lagi beberapa bagian dari ponsel tersebut.

Tips Beli HP Oppo secara Online

Seperti yang kita tau bahwa smartphone Oppo saat ini dapat kita beli di toko fisik maupun secara online di marketplace.

Agar tidak tertipu dengan barang kw atau palsu, sebaiknya beli langsung dari akun resmi atau official toko Oppo. Seperti misalnya di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Semakin terkenalnya hp oppo, ada saja barang palsu atau replika dari hp oppo.

Baca juga : 12 Masalah Hp Oppo & Cara Mengatasinya (Lengkap) untuk Semua Tipe

Alangkah baiknya sebelum membeli ponsel, teliti terlebih dahulu kelengkapan dari hp tersebut seperti kartu garansi, charger, dusbook, dan lain-lain.

Tinggalkan komentar