Cara Cek Garansi iPhone (Asli) Resmi atau Distributor yang Benar

AndroidGaul.id – iPhone merupakan salah satu tipe ponsel yang laris di pasaran. Dengan banyaknya peminat untuk tipe ponsel merek ini, penipuan dan pemalsuan berkedok iPhone palsu sering dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Penting untuk melakukan pengecekan pada iPhone sebelum membelinya agar terhindar dari barang palsu.

Jika iPhone yang Anda gunakan palsu, maka ketika terjadi kerusakan, garansi pun tidak bisa berlaku. Apalagi iPhone tidak bisa sembarangan diservis di bengkel elektronik.

Oleh karena itu, perlu adanya langkah untuk mengecek keaslian ponsel iPhone yang Anda pakai agar garansi tetap bisa Anda klaim ketika terjadi kerusakan.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

Sebelumnya, terdapat beberapa garansi yang dibawa oleh ponsel ini. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui secara lebih lengkap.

Garansi Internasional

Jenis garansi ini merupakan jenis garansi yang paling menguntungkan bagi Anda pemilik iPhone. Anda bisa melakukan perbaikan ponsel iPhone Anda di berbagai outlet resmi milik Apple, di seluruh dunia, dengan menggunakan garansi internasional ini. Tentu ini akan memudahkan Anda jika ada kerusakan pada iPhone milik Anda.

Anda bisa mendapatkan garansi ini dengan mengikuti pre order pembelian di negara lain. Ponsel yang akan Anda dapatkan adalah ponsel iPhone dengan jenis unlock.

Garansi Resmi

Garansi Resmi

Melakukan cek garansi iPhone bisa Anda lakukan di perusahaan atau distributor suatu negara yang sudah mendapat izin resmi dari pihak Apple, selaku pengembang dan pembuat ponsel tipe ini.

Untuk garansi resmi yang biasanya berlaku di Indonesia, terdapat jangka waktu tertentu yang bisa diklaim oleh pemilik ponsel ketika terjadi kerusakan pada perangkatnya.

Garansi resmi bisa Anda dapatkan dengan melakukan pembelian pada outlet resmi yang telah di akui oleh Apple.

Klaim untuk garansi resmi biasanya akan berlaku di berbagai negara, asalkan Anda mendatangi gerai-gerai resmi milik Apple.

Namun tidak jarang, beberapa garansi resmi hanya berlaku pada outlet resmi Apple di negara tempat Anda membelinya.

Garansi Distributor

Garansi Distributor

Garansi distributor merupakan jenis garansi tidak resmi. Dimana pihak distributor tersebutlah yang akan memberikan garansi, sebab ia memasukkan produk iPhone secara tidak resmi.

Terutama di Indonesia, garansi distributor hanya bisa Anda klaim padanya saja, bukan ke centerI atau gerai resmi dari pihak Apple.

Biasanya, harga ponsel yang ditawarkan juga lebih murah karena tidak dibeli pada pusat penjualan iPhone secara resmi. Anda harus memperhatikan ponsel tersebut dengan seksama jika hendak membeli di distributor serta cek garansi iPhone tersebut, sebab banyak ditemui beberapa ponsel iPhone yang merupakan rekondisi atau selundupan.

Garansi Penjual

Garansi Penjual

Penjual bisa saja memberikan garansi pada ponsel iPhone milik Anda. Namun, kemungkinan garansi yang akan Anda dapatkan maksimal hanya satu bulan saja.

Selain itu, ada pula kemungkinan bahwa ponsel yang Anda gunakan bukan iPhone yang resmi, bisa saja KW, supercopy ataupun selundupan.

Untuk garansi ini hanya terjadi berdasarkan kesepakatan dan kepercayaan antara kedua belah pihak, yakni si penjual dan pembeli.

Harga iPhone yang Anda beli di penjual ini tentunya lebih murah daripada iPhone biasanya yang dijual secara resmi di outlet Apple.

Setelah mengetahui beberapa jenis garansi tersebut, kini Anda bisa melakukan cek garansi iPhone sendiri.

Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka beberapa menu di ponsel iPhone milik Anda. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone
  1. Pertama, bukalah menu Setting pada ponsel yang Anda gunakan, kemudian temukan menu General.
  2. Jika sudah, gulirkan dan temukan sub menu About. Pada bagian tersebut, terdapat serial number yang akan tampil di layar.
  3. Kemudian selanjutnya adalah mengunjungi situs resmi milik Apple yakni checkcoverage.apple.com/id/in/ dan ketikkan serial number Anda sebelumnya.
  4. Apabila telah selesai, silahkan masukkan negara tempat Anda membeli ponsel tersebut.
  5. Selanjutnya adalah memilih menu See Your Service and Support Coverage pda sub menu Service and Repair pada halaman tersebut.
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul detail mengenai status garansi pada iPhone yang Anda miliki tersebut.

Pada informasi tersebut Anda akan mendapatkan berbagai macam data mengenai ponsel yang Anda gunakan, mulai dari tanggal pembelian hingga ketentuan garansi yang bisa Anda klaim.

Tips Membeli iPhone

Tips Membeli iPhone

Untuk menghindari pembelian iPhone palsu, berikut merupakan langkah-langkah preventif yang bisa Anda lakukan. Ikuti cara maupun tips berikut untuk mendapatkan iPhone yang asli dan memiliki garansi yang sesuai dengan prosedur.

Periksa Garansi iPhone

Langkah mudah untuk melakukan tes pada ponsel iPhone yang asli adalah dengan melakukan pengecekan garansi seperti langkah diatas. Jika serial number pada ponsel yang Anda miliki tidak terdaftar, atau masa garansi yang tersedia habis padahal Anda baru saja membelinya, perlu di khawatirkan bahwa iPhone yang Anda gunakan merupakan barang palsu.

Beli Secara Offline di Gerai Resmi

Cara termudah untuk melakukan cek garansi iPhone dan keasliannya adalah dengan membelinya secara offline di gerai resmi milik Apple.

Anda bisa mendatangi gerai maupun outlet tersebut untuk melakukan pembelian, baik ponsel ataupun perangkatnya disana. Dengan demikian, keaslian iPhone yang hendak Anda beli benar-benar terjamin.

Beli di Toko Virtual Resmi

Jika Anda menilai mendatangi toko atau gerai resmi Apple kurang efisien, Anda bisa membelinya secara online di website ataupun situs yang menyediakan layanan pembelian iPhone.

Cara ini juga berlaku ketika Anda hendak membeli iPhone di luar negeri dengan mengikuti pre-order. Langkah paling mudah dan cepat adalah dengan membelinya secara online.

Bukalah Dusbook di Tempat Anda Membeli

Guna menghindari penipuan, Anda bisa melakukan membuka dusbook ponsel iPhone Anda di tempat Anda membelinya langsung. Langkah ini efektif untuk dilakukan, sebab Anda bisa segera mengetahui apakah ponsel yang Anda gunakan benar-benar asli. Jika belum ahli melakukannya, Anda bisa meminta tolong petugas toko dan melakukan pengecekan bersama-sama.

Cek Kartu Garansi dalam Dusbook

Tips selanjutnya untuk memeriksa keaslian dan cek garansi iPhone adalah dengan memperhatikan kartu garansi yang ada di dalam dusbook. Kartu garansi yang terlampir di dalam dusbook tersebut merupakan kartu resmi dari Apple, sehingga bisa menjadi penentu keaslian iPhone yang Anda beli.

Cocokkan IMEI dengan Dusbook iPhone

Langkah terakhir adalah melakukan pencocokan nomor IMEI pada sistem iPhone yang hendak Anda beli, dengan nomor IMEI yang terletak dalam dustbook.

Jika nomornya sesuai, maka iPhone yang Anda beli benar-benar asli. Sedangkan jika berbeda, besar kemungkinan iPhone tersebut merupakan ponsel selundupan, KW ataupun supercopy.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai garansi iPhone dan cara melakukan cek garansi iPhone dengan mudah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, ataupun melakukannya di gerai resmi milik Apple.

Seperti yang telah diketahui oleh umum, harga ponsel besutan Apple ini memang mahal, sehingga jika ada yang menawarkannya dengan harga yang terlalu murah, sebaiknya Anda berhati-hati sebab besar kemungkinan ponsel tersebut palsu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan komentar