8 Ciri-Ciri iPhone Asli yang Penting untuk Diketahui Sebelum Membeli

AndroidGaul.id – Ponsel iPhone merupakan idaman hampir setiap orang. Memiliki ponsel pintar ini akan menaikkan gengsi si pemakai. Di samping harganya yang tidak murah, desainnya juga sangat elegan.

Kesan premium yang ditonjolkan ponsel ini membuatnya banyak dilirik masyarakat menengah ke atas.

Walaupun tergolong ponsel dengan harga yang fantastis, tetapi pamornya membuat orang rela mengeluarkan sebagian besar isi kantong mereka untuk membeli iPhone keluaran terbaru.

Melihat animo masyarakat yang sangat besar terhadap ponsel jenis ini membuat segelintir orang memanfaatkan momen tersebut.

Banyak iPhone palsu beredar di pasaran, baik di toko online maupun offline.

Ciri-Ciri iPhone yang Asli

Supaya Anda tidak terkecoh saat membeli, sebaiknya Anda perhatikan ciri-ciri iPhone asli berikut ini:

  1. Material yang kuat
  2. Retina Display
  3. Terkoneksi dengan iTunes
  4. Terdapat App Store
  5. Kombinasi tombol screenshot
  6. Harga yang wajar
  7. Garansi resmi
  8. Nomor IMEI

Untuk lebih jelasnya, kami akan jelaskan satu persatu dibawah ini.

1. Material

cara membedakan iphone asli dan palsu secara fisik

Ponsel iPhone terbuat dari bahan-bahan premium seperti kaca dan logam yang memiliki kualitas tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika harga ponsel ini dibandrol dengan harga mulai dari belasan juta rupiah hingga puluhan juta.

Kualitas material seperti yang disebutkan diatas membuatnya sukar ditiru oleh iPhone tiruan atau palsu. Ketika digenggam, iPhone asli terasa sangat kokoh dan kuat.

Berbeda dengan iPhone palsu yang cenderung lebih ringan dan terkesan jelek. Ini merupakan salah satu trik cara membedakan iphone asli dan palsu secara fisik yang paling mudah.

2. Retina Display

cara membedakan iphone 6 asli dan palsu warna gold

Vendor selain Apple Inc. tidak bisa menyisipkan teknologi Retina Display pada produknya karena merupakan bagian dari salah satu produk Apple Inc.

Teknologi tersebut membuat ponsel iPhone memiliki resolusi layar yang tinggi.

Sementara itu, ponsel iPhone tiruan cenderung menggunakan resolusi rendah sehingga jika Anda jeli maka matriks-matriks pada piksel akan terlihat cukup jelas.

3. iTunes

cara membedakan iphone 7 asli dan palsu

Ciri-ciri iPhone asli lain adalah terkoneksi dengan iTunes. iTunes merupakan aplikasi pada komputer yang wajib dimiliki oleh pengguna ponsel iPhone.

Aplikasi ini berfungsi untuk memasukkan file seperti musik, video, dan lain-lain. Hanya dengan iTunes anda bisa memindahkan lagu dan foto dari laptop ke iPhone dan sebaliknya.

Jika ponsel yang akan Anda beli dapat terhubung dengan baik pada iTunes, maka sudah bisa dipastikan jika iPhone tersebut asli. iPhone replika tidak akan bisa terkoneksi dengan aplikasi eksklusif milik Apple Inc. tersebut.

4. App Store

perbedaan kamera iphone asli dan replika

Cara mudah untuk mengetahui jika iPhone yang ingin Anda miliki tersebut asli adalah dengan mengecek dan menggunakan aplikasi App Store.

Aplikasi ini merupakan merk dagang Apple Inc. yang dipakai oleh pengguna ponsel iPhone untuk mengunduh aplikasi tambahan untuk meningkatkan performa ponsel tersebut.

Jika ternyata di dalam ponsel tersebut tidak memiliki App Store atau malah mempunya aplikasi Google Play Store atau Windows Phone Store, maka sudah bisa dipastikan jika ponsel tersebut adalah iPhone palsu.

5. Screenshoot

logo iphone asli dan palsu

Dengan menekan tombol “Home” dan “Lock” secara bersamaan, maka tampilan pada ponsel Anda akan ter-screenshoot dengan mudah.

Jika iPhone yang Anda akan beli tidak bisa melakukan screenshoot dengan cara tersebut, ponsel tersebut merupakan tiruan alias palsu.

Salah satu dari ciri-ciri iPhone asli ini gampang sekali Anda untuk mengeceknya.

6. Harga

Jika Anda mendapat tawaran harga ponsel iPhone sebesar tiga juta rupiah atau di bawahnya, Anda berhak curiga jika ponsel tersebut adalah palsu.

Ponsel iPhone termurah pada umumnya dibandrol dengan harga sekitar tujuh juta rupiah.

Baik untuk iPhone 6, 6s atau 7 asli masih dipatok dengan harga yang cukup mahal meskipun barang bekas.

7. Garansi

Untuk mengecek iPhone tersebut asli atau palsu, Anda bisa memeriksanya di lawan web resmi Apple atau bisa langsung melalui ponsel tersebut.

Beberapa hari yang lalu kami juga sudah membagikan artikel cara cek garansi iPhone apakah resmi atau distributor. Mengingat ponsel tersebut tidak sembarang orang yang bisa menjualnya.

8. IMEI

Nomor IMEI biasa terdapat di tiga tempat; sistem, fisik, dan dus ponsel tersebut. Anda bisa memperhatikan ketiga nomor IMEI tersebut.

Jika nomornya berbeda, iPhone yang akan Anda beli sudah pasti palsu. Agar lebih mudah, Anda bisa mengecek nomor IMEI menggunakan iTune.

Mengingat sekarang haruslah ponsel dengan nomor IMEI resmi saja yang bisa melakukan komunikasi, sebaiknya anda juga sudah cek kode imei ponsel anda di situs kemenperin.

Demikian ciri-ciri iPhone asli yang bisa Anda lihat secara manual. Pastikan Anda membeli produk asli jika ingin mendapatkan kualitas premium serta aplikasi-aplikasi eksklusif ponsel tersebut.

Tinggalkan komentar