Cara Menggunakan Folder Aman di HP Samsung Semua Tipe

AndroidGaul.id – Secure Folder merupakan salah satu dari fitur aplikasi yang telah disediakan oleh Samsung yang ada di dalam smartphone-nya. Secure folder ataupun folder aman merupakan suatu cara untuk bisa mengamankan sebuah file rahasia Anda. Untuk bisa membuka akan aplikasi ini sangat diperlukan sebuah sandi supaya Anda bisa masuk.

Folder aman tersebut pastinya akan sangat sering Anda temui di smartphone dengan merk samsung khususnya untuk Samsung Galaxy A Series. Khususnya bagi pengguna HP samsung dengan tipe galaxy A20 dan A50.

Folder aman Samsung

Namun bagi pengguna tipe lain Anda tidak perlu khawatir, sebab aplikasi scure folder sudah bisa di unduh secara gratis melalui Play Store. Jadi siapa saja bisa menggunakan fitur aman yang satu ini.

  1. Pertama Anda masuk ke dalam Pengaturan atau Settings.
  2. Kemudian pilih Biometrik serta keamanan.
  3. Selanjutnya klik Folder Aman lalu Setuju. Kemudian lanjutkan sampai tampilan folder aman Anda telah selesai dibuat.
  4. Setelah itu pilih Jenis kunci untuk bisa melindungi folder aman Anda setelah Anda klik lanjut.
  5. Kemudian buat kunci baru serta folder aman Anda sudah bisa untuk Anda gunakan. Setiap icon yang ada di folder aman akan mempunyai gambar kunci yang ada di pojok kanan pada bawah icon.
  6. Selesai.

Berikut ini beberapa pengaturan dalam cara menggunakan Folder Aman Samsung, yaitu :

Setelah semua hal tersebut sudah siap, maka sebaiknya Anda atur lagi akan aplikasi folder amannya. Sangat disarankan antara sebuah kunci folder aman serta kunci HP Anda dibedakan. Hal ini supaya yang sudah mengetahui dengan HP Anda, maka tidak bisa untuk membuka folder aman tersebut.

Keterangan:

1. Tipe Kunci: Anda bisa memilih berbagai jenis kunci yang akan Anda gunakan seperti halnya pola, pin, ataupun dengan menambah sidik jari.

2. Buat Pola Terlihat: Yaitu dengan membuat sebuah pola yang bisa terlihat ataupun tidak.

3. Kunci Otomatis untuk Folder Aman: Yaitu pada bagian yang ini Anda bisa untuk memilihmau mengunci secara otomatis sebuah folder aman dengan cara memilih beberapa dari pilihan yang ada diantaranya :

  • Selalu kunci ketika keluar dari aplikasi.
  • Jika layar mati.
  • Setelah 5 menit.
  • Setelah 10 menit.
  • Setelah 30 menit.
  • Sampai Hp sudah di restart.

4. Notifikasi dan Data: Yaitu sebuah Pengaturan notifikasi seperti halnya menampilkan sebuah konten. Hal ini jika ada sebuah notifikasi dari suatu aplikasi yang biasa ada di secure folder.

5. Tampilkan Folder Aman: Yaitu sebuah aplikasi folder aman yang ditampilkan dalam homescreen aplikasi, jika memilih tidak ditampilkan aplikasi ini akan menutup sendiri dan bisa mengaktifkannya lagi sesuai yang sudah dijelaskan diatas.

Dan masih ada beberapa menu dimana terdapat beberapa fungsi yang cukup berguna untuk pengguna.

Untuk bisa menyembunyikan sebuah aplikasi folder yang aman dari tampilan menu home screen, maka Anda bisa untuk memanfaatkan pengaturan seperti diatas. Dengan cara mematikan sebuah tampilan folder aman ataupun bisa juga dengan cara memilih berbagai menu yang ada di panel notifikasi.

Baca juga:

Silahkan Anda cari folder aman yang ada pada panel tersebut atau bisa juga secure folder jika Anda menggunakan bahasa inggris. Manfaatkan berbagai fitur tersebut dengan semaksimal mungkin atau jika Anda merasa sudah tidak bisa membutuhkannya lagi.

Maka Anda bisa untuk menghapus folder aman tersebut dengan cara memilih sebuah pengaturan yang lainnya serta uninstall.

Inilah seputar tutorial atau cara menggunakan folder aman Samsung yang ada pada smartphone Anda. Cara yang cukup mudah sederhana jika Anda ingin mencobanya.