Kenapa Telegram Lemot? Begini Cara Mengatasinya

0
11
Kenapa Telegram Lemot

Kenapa Telegram lemot? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh banyak pengguna Telegram. Sayangnya belum ada tanggapan resmi dari Telegram mengenai permasalahan ini. Masalah ini tidak hanya terjadi pada pengguna yang menggunakan via HP saja, namun juga oleh pengguna web browser.

Secara umum lemot pada Telegram terjadi ketika pengguna akan mendownload file yang berukuran besar. Telegram sendiri memang sebuah platform pesan instan yang memperbolehkan penggunanya untuk mengirim file-file yang berukuran besar.

4 Penyebab Kenapa Telegram Lemot

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika hingga saat ini Telegram belum memberikan keterangan resmi mengenai lemot yang terjadi apabila mendownload sebuah file. Namun umumnya hal ini juga bisa terjadi karena faktor non-teknis seperti berikut ini:

  • Terlalu banyak masuk pada grup chat.
  • Belum update Telegram versi terbaru.
  • Jaringan provider internet Anda sedang bermasalah.
  • Banyak data atau cache yang sudah menumpuk pada aplikasi Telegram.

Beberapa forum besar di dunia maya sebenarnya juga banyak yang membahas masalah ini seperti di Reddit misalnya. Kesimpulan dari diskusi dalam forum tersebut disebabkan oleh masalah teknis yakni Telegram memiliki batas speed download tertentu. Seperti layaknya Fair Usage Policy provider internet.

Namun hingga saat ini, hal tersebut belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Telegram sehingga informasinya belum benar-benar valid.

Baca juga: Cara Mengatasi Kenapa Download Video di Telegram Lama

Cara Mengatasi Speed Download yang Lemot di Aplikasi Telegram

Meskipun hingga saat ini belum ada kepastian mengenai penyebab Telegram lemot ketika download file, namun tetap ada cara yang bisa Anda coba. Langkah dari tutorial ini antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Bot

Bot adalah sebuah robot dengan serangkaian kode yang bisa menjalankan perintah sesuai ketika program dibuat. Bot pada Telegram memang lebih banyak dikenal sebagai sarana untuk melakukan random chat dengan orang asing.

Namun sebenarnya bot juga memiliki fungsi yang lebih luas. Ada sebuah bot yang digunakan untuk mengumpulkan data e-commerce hingga mendownload file di Telegram. Cara ini bisa menjadi solusi apabila ketika download file melalui Telegram speed download Anda berjalan dengan lambat.

Berikut cara-caranya:

  1. Masuk ke aplikasi Telegram.
  2. Pada menu pencarian ketikan getpubliclink_bot.
  3. Klik Start untuk mulai mengaktivasi bot tersebut.
  4. Forward file yang akan Anda download pada halaman chat getpubliclink_bot.
  5. Klik tombol Instant Download untuk mengunduh file yang Anda inginkan.

2. Menggunakan VPN

Tidak ada jaminan sebenarnya apakah cara kedua ini bekerja dengan baik atau tidak. Namun dari beberapa pengalaman pengguna Telegram cara ini diklaim terbukti bisa mempercepat speed download file dari chat personal atau group chat Telegram.

Alasan dari penggunaan VPN ini adalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu Telegram membatasi ukuran file yang bisa didownload penggunanya dalam rentang waktu tertentu. Dengan menggunakan VPN maka secara otomatis IP Address Anda akan berganti.

3. Kurangi Grup yang Anda Ikuti

Lambatnya kecepatan download dari Telegram juga bisa disebabkan oleh bergabung dengan banyak grup atau channel yang Anda ikuti. Apalagi jika dalam grup tersebut sering membagikan file-file dengan ukuran yang besar.

Solusi satu-satunya adalah dengan meninggalkan atau leave group yang Anda ikuti. Anda bisa memilih grup yang masih penting bagi Anda.

4. Download Telegram Versi Paling Baru

Terkadang Telegram juga membuat sebuah pembaharuan baik itu fitur dan hal-hal lain yang bersifat teknis. Biasanya speed download Telegram yang lemot disebabkan karena Anda belum update versi terbaru. Apalagi jika Anda mematikan fitur auto update aplikasi pada ponsel Anda.

Baca juga: Kenapa Telegram Tidak Bisa Memutar Video

Untuk menjawab kenapa Telegram lemot, sangat penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengidentifikasi penyebabnya. Jika berhasil mengetahui penyebabnya, kemudian Anda bisa mencoba solusi seperti yang sudah dibahas seperti di atas.