Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Tanpa ke Tukang Servis

AndroidGaul.id – Headset sering kali digunakan dalam keseharian, contohnya: menonton film memakai laptop, mendengarkan lagu, menonton youtube, streaming acara tertentu, atau saat bepergian. Saat bepergian headset adalah salah satu barang yang jarang tertinggal. Headset biasanya digunakan saat ingin tidur tapi ingin tenang bersama musik.

Anda bisa menggunakan headset agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain saat bepergian. Karena headset adalah alat penting yang menemani kegiatan sehari-hari, Anda pastinya sedih saat headset Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara yang tak semestinya, mati sebelah.

Apa Anda pernah mengalami masalah headset mati sebelah?

Jika iya, Anda tak perlu khawatir karena Anda tak sendirian. Anda tak perlu buru-buru membuang headset itu atau membeli headset baru, Anda dapat mencoba memperbaiki headset tersebut terlebih dahulu.

Apakah headset mati sebelah bisa diperbaiki? Bisa berfungsi kembali dengan semestinya? Pertanyaan ini tak jarang Anda pertanyakan bukan?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bisa dan akan berfungsi seperti awal saat Anda membeli.

Penyebab Headset Mati Sebelah

Berikut ini beberapa penyebab headset mati sebelah:

  • Kabel putus
  • Speaker headset mati
  • Port Headset Rusak

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki headset mati sebelah:

Kerusakan Kabel

Kerusakan Kabel

Penyebab headset mati sebelah pertama biasanya ada pada kabel. Kerusakan pada kabel yang berada didalam headset, rusak pada kabel stereo, kabel yang tetekuk, tertarik, jatuh dari ketinggian yang akan membuat kabel putus.

Untuk menyelesaikan masalah headset rusak karena kerusakan kabel Anda harus mencari bagian kabel yang rusak terlebih dahulu dan memperbaikinya.

Berikut cara memperbaiki kerusakan kabel pada headset yang mati sebelah:

  • Pakailah headset Anda dengan benar dan putar lagu yang ada dalam smartphone Anda. Saat Anda memutar lagu gerakan headset Anda dan menekuk kabel.
  • Jika Anda menemukan suara tak jelas Anda sudah menemukan sumber masalahnya. Setelah itu tandai bagian yang rusak itu lalu kupas kulit kabel yang rusak tadi memakai gunting atau alat lainnya.
  • Potong kabel menjadi dua pada setiap sisinya
  • Masukan kabel ciut yang berwarna hitam lalu kencangkan
  • Sambungkan kawat sesuai dengan warna isolator
  • Tutup dengan isolasi.

Baca juga : 5 Ciri Headset Samsung Original

Kerusakan Pada Colokan Stereo (Earphone Jack)

Kerusakan Pada Colokan Stereo (Earphone Jack)

Kerusakan selanjutnya adalah kerusakan pada colokan stereo, langkah yang harus Anda jalankan adalah mempersiapkan colokan stereo baru dengan ukuran kurang lebih 2-3 cm setelah kabel untuk colokan stereo yang ukurannya sama dengan colokan sebelumnya terpotong, kupas kabel tersebut memakai gunting, tang atau alat lainnya.

  • Saat kabel sudah terkupas, masukan penutup kabel, pegas, serta selang ciut ke dalam kabel. Stereo adalah dua pin yang biasanya terletak pada ujung colokan, jika hanya terdapat satu colokan maka disebut colokan mono.
  • Tahap selanjutnya adalah memisahkan kawat pada kabel untuk menghubungkan, hubungkan kawat logam telanjang yang paling panjang ke terminal utama, namun jika tak ada kabel langsung hubungkan kawat kabel dengan isolator.
  • Hubungkan kedua kabel sisa pada pin yang bentuknya mirip cincin. Anda harus memastikan kalau Anda benar memasang semuanya karena jika salah akan mempengaruhi suara headset.
  • Saat kawat sudah terhubung dengan pin maka jepitlah kawat tersebut agar tidak saling bersentuhan lalu amplas ujung kawat sebelum disolder, Anda harus memastikan sudah menyololder pin sampai timah meleleh.
  • Langkah terakhir pasang tutup steker dan coba gunakan headset Anda.
  • Jika suara yang terdengar sudah seperti sedia kala bearti langkah Anda seempurna.
  • Namun, jika headset mati sebelah berarti ada langkah yang harus Anda perbaiki, biasanya kesalahan itu terdapat pada tahap terakhir, yaitu memasang tutup steker.
  • Anda harus memasang tutup steker ulang dengan cara membuka tutup steker dan merapihkan kawatnya.

Baca juga : 10 Earphone Bluetooth Terbaik Harga Diatas 1 Juta

Kerusakan lainnya biasanya disebabkan karena speaker headset yang putus (gulungan didalamnya) hal ini biasanya disebabkan karena jatuh atau pernah tertimpa benda berat. Jika sudah parah, sebaiknya jangan diperbaiki lagi dan silahkan anda membeli yang baru saja.

Tinggalkan komentar